ACCOUNT PAYABLE – Available Online
JADWAL TRAINING ONLINE
01 – 02 Februari 2021 | Rp 2.500.000,- Online Training
22 – 23 Maret 2021 | Rp 2.500.000,- Online Training
05 – 06 April 2021 | Rp 2.500.000,- Online Training
Jadwal Online Training Selanjutnya …
DESKRIPSI TRAINING ACCOUNT PAYABLE
Account Payable merupakan kewajiban perusahaan terhadap pihak lain yang harus dipenuhi dalam jangka waktu singkat. Account payable ini muncul akibat adanya pembelian secara kredit. Kebutuhan akan barang dan keterbatasan cash flow yang dimiliki oleh perusahaan merupakan masalah yang dialami oleh pelaksana Account Payable. Di satu sisi perusahaan dituntut untuk terus berproduksi memenuhi kebutuhan customer, namun di sisi lain perusahaan tidak selalu memiliki kecukupan dana untuk membayar semua aktivitas pembelian. Akibatnya sering salah satu dari hal tesebut dikorbankan dan mengorbankan salah dari keduanya tentu saja memiliki resiko. Menunda pembelian barang akan berdampak pada penurunan sales, atau bahkan hilangnya keberlanjutan order. Tapi jika menunda pembayaran, supplier akan menolak untuk mengirimkan barang berikutnya. Akibatnya perusahaan akan gagal berproduksi dan gagal pula untuk delivery barang dan jasa.
Oleh karena itu dibutuhkan strategi yang tepat agar problem payable ini dapat diatasi. Pengelolaan Accounts Payable sebenarnya tidak kalah pentingnya dibanding pengelolaan Account Receivable karena sama-sama memberi dampak terhadap cash flow secara keseluruhan. Fungsi Account Payable saat ini tidak lagi sebagai fungsi yang sekedar melakukan kegiatan administrasi, namun telah beranjak menjadi fungsi strategis yang mendukung perusahaan dalam mencapai profit yang tinggi dan keberlangsungan aktivitasnya. Peningkatan fungsi ini mengandung konsekuensi bahwa karyawan bagian Account payable harus personil yang handal dan berkompeten, memahami bisnis proses, serta dapat memberikan input dan informasi yang berguna dalam pengelolaan cash flow perusahaan dan pengambilan keputusan oleh manajemen, serta terlibat aktif dalam aktivitas penurunan biaya.
Pelatihan ini akan memberikan pengetahuan kepada peserta yang ingin mendalami berbagai aspek yang berpengaruh dalam pengelolaan hutang, baik yang bersifat strategis maupun best practices. Peserta akan diberikan pemahaman lebih lanjut mengenai Account Payable, permasalahan Account payable, serta solusi dalam menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan Account Payable tersebut.
TUJUAN TRAINING ACCOUNT PAYABLE
Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta dapat:
- Memahami Account Payable dan praktek manajemennya;
- Mampu melakukan administrasi yang efektif terhadap proses account payable;
- Mengelola Account Payable secara efektif serta cash flow secara efisien;
- Berperan aktif dalam pengelolaan cash flow yang efisien, dan eliminasi kemungkinan terjadinya kecurangan dalam proses payable;
- Memberikan informasi yang akurat mengenai Account Payable dalam pengambilan keputusan oleh manajemen;
- Meningkatkan apresiasi dan tanggung-jawab peserta terhadap peningkatan kinerja dan keberhasilan perusahaan secara umum
MATERI TRAINING ACCOUNT PAYABLE
- Pengantar: Pengertian Account Payable dan ruang lingkupnya
- Pengaruh Account Payable terhadap cash flow
- SOP dalam aktivitas account payable
- Perubahan paradigma dalam proses payable, dari fungsi administratif menjadi strategis
- Pengelolaan administasi Account payable : Master vendor, pengelolaan dokumen, dan control internal
- Keputusan dalam Accounts Payable
- Accrue Expenses dan Accounts Payable
- Mendesain laporan Account Payable dan hubungannya dengan keputusan manajemen
- Analisis Account Payable
- Pendekatan strategi procurement dalam mengelola payables
- Aspek-aspek perpajakan dalam aktivitas account payable
- Penilaiaan supplier: Klasifikasi dan pengaruhnya bagi aktivitas perusahaan
- Penyusunan report dalam account payable, dan pengaruhnya dalam keputusan manajemen
- Pemahaman potensi account payable
- Memahami kecurangan/ fraud dalam Account Payable serta upaya antisipasinya
- Key performance indicator (KPI) dan pengukuran kinerja dalam Account Payable
- Best practice dalam mengelola payables
PESERTA TRAINING
Pelatihan ini sesuai untuk diikuti oleh:
- Manajer Keuangan
- Staf Keuangan/ Accounting Staff, Staf Perbendaharaan
- Semua pihak yang ingin meningkatkan pengetahuan seputar Account Payable
METODE TRAINING
- Lecturing
- Diskusi Interactive
- Simulasi
- Studi Kasus
- Evaluation
INSTRUKTUR TRAINING
Drs. Achmad Tjahjono, MM, Ak & Team
Aktif menjadi instruktur di berbagai pelatihan/seminar/workshop di bidang Finance, Accounting, dan Tax di berbagai perusahaan dan institusi.
JADWAL TRAINING ONLINE 2021
JADWAL TRAINING ONLINE
- Batch 1 : 25 – 26 Januari 2021
- Batch 2 : 01 – 02 Februari 2021
- Batch 3 : 22 – 23 Maret 2021
- Batch 4 : 05 – 06 April 2021
- Batch 5 : 20 – 21 Mei 2021
- Batch 6 : 01 – 02 Juni 2021
- Batch 7 : 14 – 15 Juli 2021
- Batch 8 : 02 – 03 Agustus 2021
- Batch 9 : 20 – 21 September 2021
- Batch 10 : 04 – 05 Oktober 2021
- Batch 11 : 17 – 18 November 2021
- Batch 12 : 01 – 02 Desember 2021
PENYELENGGARAAN DIBAGI 2 SESI PER HARI
- SESI 1: Pukul 09.00 – 11.30 WIB
- SESI 2: Pukul 13.00 – 15.30 WIB
VIA APLIKASI ZOOM
- Peserta diwajibkan menginstall aplikasi zoom di laptop
- Peserta akan mendapatkan softfile modul format pdf
BIAYA DAN FASILITAS TRAINING ONLINE
BIAYA:
Publish Rate: Rp.2.500.000,-/ participant
INCLUDE:
- Qualified Instructor
- Softfile modul/materi format pdf
- Sertifikat (dikirimkan via jasa pengiriman)
EXCLUDE:
- Pajak (VAT/PPN)
ACCOUNT PAYABLE