Accounting for Non Accountant – HALF CONFIRMED
ACARA
27 – 29 April 2020 | Rp 6.500.000/ peserta di Jakarta – HALF CONFIRMED
18 – 20 Mei 2020 | Rp 6.500.000/ peserta di Jakarta
15 – 17 Juni 2020 | Rp 6.500.000/ peserta di Jakarta
Jadwal Training 2020 Selanjutnya …
ACCOUNTING FOR NON ACCOUNTANT TRAINING OVERVIEW
ACCOUNTING FOR NON ACCOUNTANT merupakan pelatihan yang memiliki isi yang sangat jelas dan mudah dipahami. Pelatihan ini menggabungkan penggunaan bahasa yang mudah dipahami dan pemberian contoh yang nyata sehingga memudahkan bagi para peserta non accounting background dan para peserta yang memiliki pengetahuan yang masih sedikit tentang akuntansi
Dalam pelatihan ini akan dibahas tentang esensi pembukuan dan aturan akuntansi dalam gaya non-teknis dan memfasilitasi para peserta agar memiliki ketrampilan untuk menunjang karir mereka.
Pelatihan ini dirancang khusus untuk para peserta tanpa latar belakang akuntansi tetapi yang ingin memahami bagaimana transaksi bisnis dicatat, diringkas, dan diinterpretasikan untuk tujuan pengambilan keputusan komersial. Melalui serangkaian latihan, para peserta akan mendapatkan hands-on experience mengenai penerapan praktis mulai dari teori dan konsep dalam “siklus akuntansi,” dari transaksi sampai dengan penyusunan laporan keuangan, dan melakukan analisa laporan keuangan.
ACCOUNTING FOR NON ACCOUNTANT TRAINING OBJECTIVES
Setelah menghadiri pelatihan ini, para peserta diharapakan akan :
- Memperoleh gambaran lebih detil mengenai the fundamental principles dan concepts yang mendasari penilaian sumber daya dan penentuan pendapatan dalam bisnis;
- Mampu menjelaskan proses akuntansi, entry struktur akuntansi, dan mengenali penyimpangan dasar dalam pencatatan transaksi dan pelaporan keuangan
- Menghargai isi, tujuan, penggunaan, dan keterbatasan laporan keuangan, yaitu neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas untuk tujuan pengambilan keputusan
- Mampu melakukan pengendalian internal dasar untuk menjaga aset dan menjaga integritas akuntansi dan proses pelaporan keuangan.
ACCOUNTING FOR NON ACCOUNTANT TRAINING OUTLINE
HARI ke 1
- AKUNTANSI DALAM PERUSAHAAN
- Akuntansi sebagai infrastruktur
- Meluruskan opini awam atas peranan akuntansi
- Laporan keuangan tujuan internal dan Laporan keuangan berlaku umum
- Laporan keuangan bagi pengambil keputusan berlatar belakang non akuntansi
- LAPORAN KEUANGAN UTAMA
- Laporan keuangan berlaku umum
- Laporan Neraca
- Laporan Laba/Rugi
- Hubungan Neraca dan Laba/Rugi
- Permasalahan Neraca
HARI ke 2
- KOMPONEN LAPORAN KEUANGAN
- Aset
- Aset Lancar
- Aset Tidak Lancar
- Utang (Liabilitas)
- Utang Jangka Pendek
- Utang Jangka Panjang
- Modal/Kekayaan Pemegang Saham
- Model Saham
- Laba Ditahan (Retain Earnings)
- Pendapatan komprehensif lainnya
- Pendapatan
- Pendapatan Operasi
- Pendapatan Non Operasi
- Beban
- Pengertian Beban
- Klasifikasi Beban
- Aset
- PROSES AKUNTANSI
- Pengertian Book Keeping
- Transaksi Akuntansi
- Rekening dan Kode Rekening
- Teknik Pencatatan Debet Kredit
- Pencatatan Transaksi dengan Kode Rekening
- Saldo Rekening Riil dan Rekening Nominal
- Neraca Saldo
- Koreksi dan Penyesuaian
HARI ke 3
- LAPORAN KEUANGAN DAN ANALISIS
- Penyajian Laporan Keuangan berdasarkan SAK
- Kertas Kerja Laporan Keuangan
- Laporan Laba/Rugi
- Neraca
- Deviden Perusahaan
- Closing (Tutup Buku)
- Analisis Laporan Keuangan
- Kelancaran Operasi Perusahaan
- Solvabillitas Perusahaan
- Pengembalian Investasi Perusahaan
- Rasio-Rasio keuangan lainnya
- LAPORAN ARUS KAS ( CASH FLOW STATEMENT)
- Pengertian Laporan Arus Kas
- Arus Kas dan Aktifitas Perusahaan
- Penyajian Laporan Arus Kas
- Arus Kas Aktifitas Operasi
- Arus Kas Aktifitas Investasi
- Arus Kas Aktifiatas Pendanaan
- CATATAN ATAS LAPORAN KEUANGAN
- Pengertian Catatan Atas Laporan Keuangan
- Catatan Umum Perusahaan
- Catatan Mengenai Kebijakan Akuntansi Perusahaan
- Catatan Rinci Laporan Keuangan
INSTRUCTOR ACCOUNTING FOR NON ACCOUNTANT:
Ir. Muhammad Tavip, MPM, Cert.HR (US-Based).
- Muhammad Tavip, Ir., MPM, Cert. HR pemegang sertifikasi internasional Project Management berdasarkan PMBOK – PMI, USA dan Human Resource Management (US-based), Alumni of Institut Teknologi Bandung (1992) dan Post Graduate Diploma dari University of South Australia, Adelaide (1995). Beberapa Sertifikasi Internasional yang dipegangnya adalah: Project Management (PM)/ITPM, Software Business Analysis (SBA), Systems Analysis and Design (SAD), Software Quality Assurance (SQA), Software Testing Professional (STP), IT Infrastructure Library (ITIL ), Disaster Recovery Planning (DRP).
- Memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun di bidang IT, Management and Business. Beliau Mengelola Proyek berskala Nasional dan International. Memberikan jasa konsultansi di bidang Project Management dan IT Project Management, Enterprise Project Management using Project Server 2003/2007/2010, Pelatihan dan Konsultansi Implementasi Balanced Scorecard, dan IT Management consulting. Beliau merupakan salah satu pendesain software Balanced Scorecard MBRIO yang telah digunakan beberapa perusahaan swasta berskala UKM.
- Beliau berpengalaman lebih dari 10 tahun memberikan pelatihan baik public maupun in-house dan Coaching untuk bidang IT Management termasuk: Project Management (PM)/ITPM, Software Business Analysis (SBA), Systems Analysis and Design (SAD), Software Quality Assurance (SQA), Software Testing Professional (STP), IT Infrastructure Library (ITIL V2 and V3 ), Disaster Recovery Planning (DRP), IT Risk Management, Information Security Management based on PBI, , COBIT 5 Foundation, Operation Management ( supply chain management, logistics management, warehouse management, inventory management), project financing.
- Dari tahun 2001 s/d sekarang Beliau telah membimbing lebih dari 5000 para project Manager di Indonesia mempelajari Project Management dan IT Project Management berdasarkan standard defector PMBOK – PMI, USA mulai dari versi 2000, 2004, dan PMBOK 2008.
- Beberapa klien yang pernah mendapatkan bimbingan/ training/coaching/ konsultasi Project Management/ IT Project Management sejak 2001 s/d sekarang diantaranya adalah:
- PEMERINTAHAN & BUMN:
Bank Indonesia, PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Depnakertrans, Departemen Dalam Negri, Departemen PU, Departemen Agama, Departemen Keuangan, PLN, BKPM, BPKP, PT. PUSRI, Sekolah Staff Komando Angkatan Laut (SESKOAL). PT. Telkom, PT. Sigma Cipta Caraka, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), PT. Antam, Tbk, PT. Laras Astra Kartika, dll.
- PERUSAHAAN SWASTA:
- Bank Artha Graha International Tbk, Bank BTN, PT. Bank UOB Buana, Artha Jasa, Kabel Vision, Alcatel, PT. Hindoli (A Cargill Co), Satelindo, Excelcom, Bank Bali, Bank Permata, Tbk, Citra Sari Makmur, PT. Amway Indonesia, PT. Pabrik Kerta Tjiwi Kimia, PT. Astragraphia, Tbk, Metro TV news, PT. Intikom, PT. Bank DKI, Galenium Pharmasia Lab, PT. Unicharm Indonesia, PT. Primacom, PT. Gramedia – Majalah, Swadharma, PT. Data Script, PT. Bank Mega, PT. Astra Oto Parts, Talisman Energy Inc, PT. Berca Hardaya Perkasa, PT. Mandiri Sekuritas, PT. Arutmin, ACC, dll.
- PERUSAHAAN ASING:
Caltex, Unocal, PWC, Chevron, BHP Billiton, Vico Indonesia, PT. Coats Indonesia, PT. Sumiko Leadframe Bintan, PT. Metlife Sejahtera, Santos Asia Pacific Pty Ltd, German Centre, PT. Thames PAM Jaya, PT. AC Nielsen Indonesia, KPC, PT. Freeport Indonesia, PT. Mattel Indonesia, PT. Bank Rabobank International Indonesia, PT. Roche Indonesia, PT. Nestle Indonesia, PT. Arun LNG, PT. Sinar Meadow International Indonesia, PT. Bank HSBC, PT. Oberthur Indonesia, PT. Bank Woori Indonesia, PT. Bank of Tokyo, PT. Atlas Copo, PT. Bank RBS,dll.
- UNIVERSITAS & LSM:
Universitas PETRA, STIE Perbanas, Universitas Trisakti, HIV Foundation, Universitas Maranatha, Universitas Satya Wacana, Universitas Atmajaya World Vision, dll.
VENUE ACCOUNTING FOR NON ACCOUNTANT:
Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)
ACCOUNTING FOR NON ACCOUNTANT TRAINING DURATION
3 days
- 27 Apr 2020-29 Apr 2020
- 18 Mei 2020-20 Mei 2020
- 15 Jun 2020-17 Jun 2020
- 27 Jul 2020-29 Jul 2020
- 18 Agust 2020-20 Agust 2020
- 28 Sep 2020-30 Sep 2020
- 19 Okt 2020-21 Okt 2020
- 16 Nop 2020-18 Nop 2020
- 28 Des 2020-30 Des 2020
INVESTMENT/PERSON
- 6.500.000/person (full fare) or
- 6.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
- 5.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS
- Training Module
- Flash Disk contains training material
- Certificate
- Stationeries: NoteBook and Ballpoint
- T-Shirt
- Backpack
- Training Photo
- Training room with Full AC facilities and multimedia
- Lunch and twice coffeebreak every day of training
- Qualified Instructor
Accounting for Non Accountant