Accounting For Non Accounting Executive
ACARA
18 – 19 Mei 2020 | Rp 5.225.000 di Amaris La Codefin/ Santika Hayam Wuruk, Jakarta
Informasi akuntansi bagi seorang eksekutif sama pentingnya dengan informasi cuaca bagi seorang penerbang atau pelaut. Informasi ’cuaca’ yang akan dihadapi sangat membantu seorang eksekutif membuat keputusan strategis agar perusahaan mampu melewati gelombang dan badai sehingga berhasil mencapai pelabuhan tujuan.
Workshop ini bertujuan memberikan pemahaman akuntansi kepada para eksekutif yang berlatarbelakang non akuntansi mengenai pentingnya dan proses pembuatan informasi akuntansi sehingga dapat menjadikan setiap peristiwa akuntansi sebagai alat navigasi dalam mengendalikan perusahaan.
Materi Training Accounting For Non Accounting Executive
Sesi I: Peranan Akuntansi Dalam Bisnis
Informasi akuntansi adalah kebutuhan sehari-hari bagi setiap individu dan organisasi termasuk organisasi nirlaba. Sesi ini akan membahas jenis-jenis informasi akuntansi, kerangka dasar akuntansi keuangan, tujuan pelaporan keuangan dan fungsi manajemen dalam pembuatan informasi akuntansi.
Sesi II: Konsep Dasar Akuntansi : Neraca, Rugi Laba, dan Arus Kas
Laporan keuangan yang lengkap terdiri atas neraca, laba-rugi, dan arus kas yang masing masing memiliki fungsi yang berbeda. Pemahaman integral atas ketiga informasi akuntansi tersebut sangat
mutlak bagi seorang eksekutif dalam membuat keputusan bisnis baik rutin maupun strategis.
Sesi III: Proses Akuntansi
Proses akuntansi adalah adalah sebuah siklus yang berkelanjutan selama perusahaan beroperasi. Sesi ini membuat peserta dapat memahami dan menganalisa proses akuntansi sejak terjadinya peristiwa akuntansi sampai selesainya penyusunan laporan keuangan.
Sesi IV: Pengakuan Pendapatan, Harga Pokok Penjualan, dan Penilaian Persediaan
Pengakuan pendapatan, perhitungan biaya barang terjual dan nilai persediaan adalah hal yang penting dalam mengukur kinerja eksekutif. Sesi ini akan memberikan pemahaman mengenai perbedaan perhitungan dengan metode periodik dan perpetual (FIFO, LIFO, dan rata-rata) serta pengaruh pemilihan metode yang digunakan terhadap laporan keuangan
Sesi V: Aset Tetap dan Penyusutannya
Sesi ini akan memberikan pemahaman mengenai klasifikasi aktiva tetap dan metode amortisasi yang
lazim digunakan sehingga eksekutif dapat mengklasifikasikan aktiva tetap yang dimiliki dan melakukan
amortisasi yang sesuai dengan lingkungan bisnis.
Sesi VI: Sifat Dasar Akuntansi Manajemen
Berbeda dengan akuntansi keuangan yang dibuat dengan standar yang sama sehingga dapat digunakan oleh seluruh stake holders, akuntansi manajemen memiliki karakteristik dan kegunaan yang spesifik sesuai kebutuhan eksekutif. Sesi ini memberikan pemahaman mengenai perbedaan dan persamaan antara akuntansi keuangan dan manajemen, tips pembuatan, tujuan, dan penggunaan informasi akuntansi manajemen.
Sesi VII: Perilaku Biaya dan Antisipasinya
Sesi ini membahas mengenai klasifikasi dan karakteristik biaya (tetap, variabel, dan semi variabel). Hal ini sangat penting dalam menganalisa hubungan biaya total dengan volume produksi, biaya per unit dengan total volume produksi, analisa titik impas dan menentukan target keuntungan yang hendak
dicapai.
Sesi VIII: Penggunaan Informasi Akuntansi untuk Pembuatan Keputusan
Sesi penutup ini membahas langkah-langkah dalam menganalisa laporan keuangan dan
menggunakannya dalam membuat keputusan manajerial seperti : membeli atau membuat sendiri, ekspansi, pemilihan barang modal, peluncuran produk baru, nilai waktu atas uang dan imbal hasil atas investasi.
Facilitator
Natar Adri
Natar Adri berpengalaman di bidang Corporate Planning, Finance, Accounting, serta Office & Warehouse Management sejak karir pertamanya selama 7 tahun di Djajanti Group dengan posisi terakhir sebagai Accounting Manager, keterlibatan Adri juga sebagai Financial Restrukturing saat Djajanti Group masuk ke dalam BPPN, kemudian melanjutkan karirnya di perbankan selama 2 tahun di HSBC sebagai Business Banking Officer Corporate Specialist. Adri juga terlibat sebagai Financial Specialist dalam pembuatan Master Plan dan Bisnis Plan untuk BPKS (Badan Pengusahaan Kawasan Sabang), serta menguasai model implementasi 5S System dan Production Management. Adri memperoleh pasca sarjananya di bidang Manajemen dari Universitas Gadjah Mada. Beliau pernah turut serta mengembangkan sumber daya manusia dan membangun Departement Marketing Support & Training di Prudential BancBali. Natar Adri juga ikut membuat Master Plan & Business Plan, serta melakukan project promosi pariwisata untuk kawasan Sabang. Sebagai seorang konsultan, ia telah terlibat dalam berbagai proyek pengembangan keahlian SDM, antara lain pada topik-topik Accounting & Business Banking, Handling Customer & Complaints, Office & Filing Management, serta Financial Management & Retirement Planning. Adri juga menulis buku dengan judul ”Solusi Cerdas Mengatasi Hutang dan Kredit” , “Investasi Mudah dan Murah” dan “80 Bisnis Sampingan Modal < 5Juta”
Fee Training
- Rp 4.150.000 REG for 3 person/more
- Rp 4.650.000 REG before 4 May 2020
- Rp 4.950.000 On The Spot; payment at the latest 18 May 2020
- Rp 5.225.000 Full fare
Accounting For Non Accounting Executive