ADVANCED TRAINING NEED ANALYSIS (TNA)
Acara
24 – 26 September 2019 | IDR 6.750.000 per peserta di Yogyakarta
08 – 10 Oktober 2019 | IDR 6.750.000 per peserta di Yogyakarta
22 – 24 Oktober 2019 | IDR 6.750.000 per peserta di Yogyakarta
Jadwal Training 2019 Selanjutnya …
MATERI TRAINING NEED ANALYSIS (TNA)
1. THE FOUNDATION & BIG PICTURE
A. New Approach In People Development: Human Capital, Competency Management, And Talent Management
- Memahami perbedaan antara Traditional Based HRM, Competency Based HRM vs Talent Based HRM.
- Pemahaman tentang competency dictionary dan profiency level, sebagai dasar penyusunan modul
- pelatihan (meningkatkan kompetensi target peserta).
- Contoh Requirement untuk level pimpinan, bawahan, specialist.
- Big Picture Training & Development Division dalam konteks ini.
- Studi Kasus dan Diskusi kelompok.
B. Training Management: The Big Picture
Gambaran Besar Metodologi manajemen pelatihan / training Management sebagai panduan Peran dan kompetensi yang harus dimiliki training specialist :
- Step By Step TNA: Analisa kebutuhan pelatihan, tahapan kerja dan hasil yang diharapkan, termasuk membedakan Analisis kebutuhan pelatihan baru, lama (refreshment) dan perbaikannya.
- Bagaimana mendefinisikan program pelatihan: menentukan tujuan pelatihan, memilih metode pelatihan, dan pembuatan matrix pelatihan.
- Membuat Proposal training: tujuan, metode, target hasil, kompetensi yang disasar, lama waktu, pendekatan pelatihan, siapa peserta dan pelaksananya.
- Evaluasi pelatihan dan Training scorecard: ketika dan setelah pelatihan sesuai model
- level dari evaluasi pelatihan.
- Pembuatan modul: tahapan kerja dan hasil yang diharapkan.
- Tahapan Penyelenggaraan Pelatihan: sebelum masuk ruangan, lay out ruangan, penyediaan fasilitas (flip chart, infocus, sound system).
- Intervensi pasca pelatihan dan peran training & development division.
C. Understanding TNA In Business Context
- Memahami 2 mazhab dalam TNA: Performance Management vs User Requirement (current problem vs future problem).
- Pendekatan BADDIE dan lainnya dalam TNA.
- Macro TNA berdasarkan 7 S (disederhanakan)
- 7S Mc Kinsey: Kerangka Pijak analisa macro TNA (Organization, Key Success Factors & KPI)
- Penggunaan Teknik 7S Mckinsey dalam Pelaksanaan TNA.
D. Practice: Analyzing your Organization’s Improvement Areas, Key Success Factors, And Gap Analysis
- SHARING mengenai beragam kasus Macro TNA dan approach yang pernah dilakukan:
- Bank – Sales
- Bank – Collection
- Learning Center – Telekomunikasi, Bank (penyusunan modul collection – TNA dimana peserta yang di tugaskan dengan design training terjadi kesalah-pahaman)
- Perusahaan Keramik/Kaset.
- Latihan dan presentasi kelompok berdasarkan kasus yang dibuat.
- Diskusi kelas, Presentasi kelompok & Review dari fasilitator
2. CONDUCTING MICRO TNA & HOW TO DESIGN TRAINING PROGRAM
A. Micro T NA: How to Conduct Performance Diagnosis: Understanding Reasons Of Poor People Performance And How To Improve It
- Paradigma baru dalam performance management.
- Tahapan pelaksanaan manajemen kinerja: Problem Analyses & Performance, Cause of Problems and its
- Solutions, Training vs. Non Training Solutions.
- Competency based Training Design: metode dan aplikasinya.
- Manajemen manusia dan permasalahannya: Techniques on solving Skills Problems, Knowledge Problems,
- Motivation Problems and Habit Problems.
- Memahami Prinsip dasar Mentoring, Coaching & counceling.
- Latihan melakukan Performance Diagnosis.
- Latihan membuat Performance Improvement Plan.
B. Practice: Analyzing Performance Problem and Individual
- Tehnik mengidentifikasi permasalahan kinerja dan solusinya (training vs non training).
- On-the-job development program.
- Penentuan area pengukuran kompetensi: Knowledge, Skill, Attitude, Habit
- Latihan membuat pengukuran kompetensi.
- Latihan membuat dan menurunkan kompetensi yang dibutuhkan dari suatu pekerjaan/posisi.
- Latihan menentukan jenis content yang tepat untuk setiap level jabatan.
C. Interviewing Skills In Conducting TNA
- Berhubungan dengan Key User:
- Bagaimana menanyakan permasalahan dilapangan. How to drill it down.
- Bagaimana menanyakan ekspektasi seseorang: apa yang harus dikejar, bagaimana bertanyanya, dan tehnik pendalamannya.
- Masalah utama dalam TNA
- Masalah teknis: tahapan kerja – flow of process. POAC / Management skills.
- Masalah manusia: Pengetahuan, Keahlian, Kemauan dan Kebiasaan – Knowledge, attitude, skills & habbit – KASH (Leadership & Soft Skills).
4. Communication Skills On Conducting TNA: Ensuring Right Training Design
- 3 Bahaya utama: Distorsi, Generalisasi dan Delesi sebagai sumber dasar asumsi yang menyesatkan.
- Membaca bahasa tubuh dan sensitivitas klien dalam melakukan interview.
- Tehnik meningkatkan rapport dan membaca kebohongan melalui bahasa tubuh serta intonasi seseorang.
- Membuat trial draft isi pelatihan: tehnik bertanya, menggiring, dan mengkonfirmasi key user dan targeted participant terhadap content materi pelatihan.
- Memahami dan menggiring Ekspektasi dari key user: 4 Level of training Results.
- Studi kasus dan sharing: pengalaman dan form yang digunakan
3. CONDUCTING TRAINING DESIGN & DEVELOPING TRAINING MATERIAL
A. Modern Approach on Holistic Human Change: The Science of Behavior Modification
- Peserta memahami bagaimana pembelajaran wholistic: beragam tehnik modifikasi area/domain pikiran bawah sadar dan pikiran sadar.
- Memahami pikiran dan kesadaran.
- Prinsip pikiran sadar dan bawah sadar & bagaimana pikiran belajar.
- Memahami Citra diri, sabotase diri, dan harapan.
- Memprogram pikiran sadar & pikiran bawah sadar.
- Beragam metode yang terdapat dipasaran dan aplikasinya: Quantum Teaching, Accelerated Learning, Outbond,
- NLP, Logotherapy, dan Organizational Modification.
- Implikasinya kepada training design dan metode evaluasi pelatihan
B. Understanding Training Design & Training Evaluation
- Tahapan dalam mendesain training: Tujuan besar, Kerangka Besar, Metode yang akan digunakan, run down session, training matrix Program.
- Perbedaan metode mendesain training untuk peningkatan keahlian, pengetahuan, sikap, motivasi, pola pikir dan tehnik pengukuran hasilnya.
- Membuat benang merah antara sesi: alur sesi pelatihan vs mind mapping techniques
- Apa yang harus di lakukan di pagi hari, siang hari dan sore hari.
- Tehnik merancang content pelatihan dan bagaimana mencarinya (using training provider, googling, scan to text, Subject Matter Expert, Reading & Translating Competency Manual).
- Tehnik Evaluasi pelatihan berdasarkan metode 4 level.
- Metode evaluasi pelatihan ketika dan pasca pelatihan.
- Merancang tehnik Intervensi pasca pelatihan.
C. Practice: Developing Syllabi for Training
- Beragam jenis training yang saat ini ada dipasar, baik keunggulan maupun kekurangannya.
- Latihan membuat silabus training berdasarkan TNA:
- Senior Management Level
- Middle Management & Supervisor
- Clerical & Officer Level
D. Group Presentation & Class Discussion
- Presentasi kelompok.
- Diskusi dan review bersama.
- Input fasilitator.
- Wrap up & closing.
INSTRUKTUR
Dr. Patisina, ST., M.Eng., CI., HRBP., CT., NLP. And team
PESERTA TRAINING
- Program designers, program facilitators, training managers, internal performance consultants and human resources managers
- Managers responsible for specific types of training
- Training directors responsible for multi-functional strategist.
METODE
Lecturing, diskusi interactive, roleplay, sharing and studi kasus.
- 24 – 26 September 2019
- 8 – 10 Oktober 2019
- 22 – 24 Oktober 2019
- 29 – 31 Oktober 2019
- 5 – 7 November 2019
- 19 – 21 November 2019
- 26 – 28 November 2019
- 3 – 5 Desember 2019
- 10 – 12 Desember 2019
- 17 – 19 Desember 2019
Hotel Ibis Styles Dagen | Yogyakarta
Hotel The 101 Tugu | Yogyakarta
Hotel Novotel | Yogyakarta
TRAINING FEE
- Biaya training IDR 6.750.000 per peserta – Non-residential, belum termasuk pajak. Pelaksanaan di Yogyakarta minimal peserta 2 orang.
- Venue training lain: Bandung, Surabaya, Malang, Bali, Lombok, Batam, dengan minimal peserta 4 orang. Biaya investasi – call
FASILITAS TRAINING
- Training Module
- Flashdisk containing materials
- ATK
- Backpack bag
- Exclusive T-Shirt atau Jacket
- Coffee break 2x dan Lunch 1x selama training
- Certificate of Completion
- Training Photo
- Transportasi bagi peserta dari luar kota: airport/ stasiun ke hotel tempat menginap. (Minimal 2 peserta dari perusahaan yang sama)