ASSERTIVE SKILLS
Acara
02 – 03 November 2015 | Rp 3.500.000 di Jakarta
PENDAHULUAN TRAINING ASSERTIVE SKILLS
Dunia bisnis semakin lama semakin berkembang kearah globalisasi dan kearah yang lebih kompleks. Semakin terbukanya dunia usaha terhadap dunia luar , semakin tinggi tuntutan untuk memenangkan hubungan interpersonal dengan orang-orang yang ada disekitar kita. Kita dituntut untuk selalu sukses terutama ketika berhubungan atau berinteraksi dengan orang lain.
Kualitas komunikasi diyakini menjadi suatu target yang harus dicapai oleh tiap individu demi mencapai kinerja maksimal di lingkungan pekerjaan. Seringkali orang menyikapi komunikasi dengan pendekatan yang destruktif, misalnya bersifat menyerang atau menekan rekan kerjanya / partner ataupun sebaliknya pendekatan yang dilakukan adalah dengan bersifat pasif, diam , tidak mampu mengutarakan ide, pendapat atau mungkin perasaannya (NON ASSERTIVE) ; ini sama buruknya dengan pendekatan AGGRESSIVE . Oleh karena itu pendekatan interaktif yang konstruktif dan dinamis yang disebut dengan nama ASSERTIVE lah yang sangat kita butuhkan dalam situasi ini.
MANFAAT BAGI PESERTA
- Membangun rasa percaya diri ketika menghadapi situasi yang sulit ketika mengadakan interaksi dengan orang lain
- Memahami dan mengenal karakteristik pola perilaku kepribadian
- Meningkatkan komunikasi yang proaktif
- Menghindari perilaku komunikasi yang destruktif
- Mengembangkan ketrampilan pendekatan komunikasi yang asertif
- Meningkatkan “Positive Attitude” kita dalam kehidupan sehari-hari
- Dapat mengatakan “TIDAK” pada situasi yang sulit
- Meningkatkan empati dalam berkomunikasi dengan orang lain
Participant
- Manager
- Supervisor
- Leader
- Staff atau anda yang ingin menjadi pribadi yang asertif
TOPIK PEMBAHASAN TRAINING ASSERTIVE SKILLS
HARI I
- Mengenal karakteristik perilaku kepribadian
- Pola Sosial ( Social Style) dan elemen elemen pola perilaku
- Komponen menjadikan perilaku yang asertif
- Ketrampilan ketrampilan interpersonal
- Komunikasi yang proaktif
- Berempati dalam komunikasi
HARI II
- Broken Record
- Fooging – ketrampilan menerima dan menghadapi kritik secara tenang
- Memberi kritik dan teguran
- Memberi pujian
- Menyatakan ketidak sepakatan pada orang lain
- Menyampaikan kabar buruk (bad news)
Metoda Pelatihan
- Pemberian konsep
- Diskusi
- Latihan
Trainer :
DR. Rini Soepangat, MSc.
Beliau dikenal sebagai Trainer handal dengan pengalaman lebih dari 30 tahun mengadakan pelatihan / konsultan training Di berbagai perusahaan Swasta maupun lembaga pemerintahan dengan pengalaman karir terakhir sebagai Konsultan Senior Kementerian Luar Negeri. Trainer handal ini merupakan Lulusan Doktor Di Bidang Psikologi Dari Florida State University –USA pada tahun 1986. Beliau mendapatkan gelar Pertamanya Dra Psikologi di Universitas Indonesia tahun 1978 dan gelar Master dari The Florida State University – USA. Beliau selalu membangun motivasi Terhadap karyawan karyawan di berbagai perusahaan besar di Indonesia. Telah memiliki pengalaman mengajar dibidang soft skills, terutama untuk materi Personality Development, Human Capacity Building, Customer Care, Service excellence, Coaching and counseling, Merekrut, dan Memilih Karyawan, dan beberapa masalah lainnya, Beliau Juga Telah belasan tahun, mewakili dari berbagai lembaga pelatihan seperti John Robert Powers (sekolah Pengembangan Kepribadian), Cemantec, Persona Power Plus, Spectra centre (Specialist training Centre), HR Konsultan DPD Golkar DKI Jaya, dan masih banyak lembaga pelatihan lainnya.
Investasi :
Rp 3.500.000,- termasuk ( Souvenir, Flash disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat )
Tempat :
Hotel Harris Tebet, Jl. Dr. Sahardjo No. 191 – Jakarta Selatan
ASSERTIVE SKILLS