BACK OFFICE
ACARA
05 – 06 Maret 2020 | Rp 4.500.000/ peserta di Jakarta
13 – 14 April 2020 | Rp 4.500.000/ peserta di Jakarta
11 – 12 Mei 2020 | Rp 4.500.000/ peserta di Jakarta
Jadwal Training 2020 Selanjutnya …
PENDAHULUAN
Back Office adalah bagian terpenting dari perusahaan atau organisasi di mana tugas-tugas didedikasikan untuk menjalankan proses operasional, akuntansi, finansial, administrasi, teknologi, audit, pengolaan data, pajak, legal, pembelian, keamanan, dan kegiatan personalia tanpa interaksi dengan pelanggan. Diperlukan kompetensi dan kebiasaan kerja dalam rutinitas, yang diperkuat dengan integritas pribadi yang unggul. Termasuk, budaya kerja yang cerdas bertindak dengan kerja sama dalam kolaborasi dan sinergi dengan semua pihak terkait, agar fungsi dan peran Back Office untuk mendukung fungsi Front Line dapat dioptimalkan.
Back Office sebagai tulang punggung perusahaan harus selalu secara proaktif dalam disiplin yang tinggi mensuport kepentingan strategi perusahaan dengan tetap menjaga internal kontrol yang berkualitas, mampu berkolaborasi dengan Front Line dan semua pihak di Back Office, mampu membangun budaya trust yang etis, dan cerdas mengeksekusi setiap rencana dengan cara-cara yang terkalkulasi risikonya. Sistem dan etos kerja Back Office yang kolaboratif dalam internal kontrol yang solid akan menjadi pertahanan yang kuat untuk menjaga reputasi dan kredibilitas perusahaan.
Pelatihan selama 1 hari 8 jam ini akan fokus kepada peningkatan kinerja karyawan Back Office, khususnya melalui sub topik, yaitu: kekuatan back office dalam manajemen operasional perusahaan; back office dalam layananmanajemen operasi; aktivitas back office dalam budaya kolaborasi dan trust ; etika, integritas dan internal control untuk memperkuat back office. Semua sub topik tersebut terfokus untuk meningkatkan semangat kerja karyawan Back Office dalam rutinitas, serta mampu untuk menjalankan peran dan fungsi back office dengan efektif, dan berkemampuan untuk berkontribusi dan memberikan pelayanan secara konsisten dalam membantu aktivitas Front Line perusahaan.
TUJUAN TRAINING
TUJUAN UMUM PELATIHAN
- Memahami dan mampu menjalankan peran, fungsi, dan tanggung jawab Back Office sebagai pendukung Front Line yang unggul.
- Mampu menyatu dalam manajemen operasi perusahaan.
- Mampu memimpin dan me-manaje diri sendiri untuk memberikan kepemimpinan dan kerja sama yang kuat.
- Mampu mengoptimalkan peran Back Office dalam menciptakan tata kelola perusahaan yang sehat dan unggul.
- Menguasai keterampilan kolaborasi dan internal kontrol untuk menciptakan pertahanan organisasi yang kuat.
- Mampu memberikan bantuan pelayanan unggul yang cepat dan terkendali kepada Front Line.
- Menguasai pengetahuan politik kantor, cara mengatasi konflik, kecerdasan emosional, etika, dan budaya kolaborasi.
- Mampu memiliki kepribadian yang unggul untuk menjaga dan merawat reputasi perusahaan.
- Mampu bekerja melalui prinsip kehati-hatian dan yang memperkuat pengendalian internal perusahaan.
TUJUAN KHUSUS PELATIHAN
Peserta akan memahami praktik-praktik terbaik dari kepemimpinan diri sendiri, kerja sama, internal kontrol, politik kantor, konflik, trust, dan budaya kerja positif; dalam memberdayakan semua fungsi dan peran pekerjaan mereka sebagai Back Office, serta terlibat secara proaktif untuk membatu kebutuhan Front Line perusahaan.
MATERI TRAINING BACK OFFICE
SESI 1: KEKUATAN BACK OFFICE DALAM MANAJEMEN OPERASIONAL PERUSAHAAN
Sub Bahasan
- Fungsi dan peran karyawan back office
- Karyawan back office dalam kekuatan manajemen operasional
- Konsep dari manajemen operasional
- Aktivitas back office untuk mendukung operasional perusahaan
- Hubungan interfungsional antara fungsi operasi dan fungsi pendukung inti lainnya
- Cara kerja dan tujuanKompetitif yang harus dimiliki karyawan back office
- Strategi back office dalam mendukung strategi operasi perusahaan
- Tahap-tahap kontribusi back office dalam operasi perusahaan
SESI 2: BACK OFFICE DALAM LAYANANMANAJEMEN OPERASI
Sub Bahasan
- Pelayanan back office dengan efisiensi, efektivitas, kualitas, produktivitas, dan
biaya yang terkendali - Menghadapi tantangan dalam layanan manajemen operasi
- Dimensi kualitas pelayanan back office
- Mengelola pengalaman layanan dan terus berkontribusi
- Melayani dengan hati dan pengabdian
- Menjalankan hubungan kerja antar front-office dan back-office
- Mengembangkan budaya kualitas layanan di masing-masing unit kerja
- Service recovery di internal perusahaan
- Waiting time management di internal perusahaan
SESI 3:AKTIVITAS BACK OFFICE DALAM BUDAYA KOLABORASI DAN TRUST
Sub Bahasan
- Kolaborasimenyatukan totalitas energi sukses di dalam organisasi
- Kolaborasi untuk memenuhi kebutuhan pelayanan pada semua tingkat di dalam organisasi
- Mengatasi rintangan dalam kolaborasi
- Pola pikirkolaboratif di dalam individu dan kelompok kerja organisasi
- Kolaborasi diantara staf, keputusan, dan sumber daya
- Metode kolaborasi yang efektif
- Praktik terbaik dalam kolaborasi kerja
- Komunikasi dan interaksi untuk kolaborasi terbaik
- Budaya kolaborasi dan building trust di internal organisasi
- Elemen penting dalam kolaborasi kerja
- Pendekatan holistik untuk kolaborasi kerja di back office
- Siklus kolaborasi di back office
- Faktor-faktor yang mempengaruhi kolaborasi
SESI 4: ETIKA, INTEGRITAS DAN INTERNAL CONTROL UNTUK MEMPERKUAT BACK OFFICE
Sub Bahasan
- Integritas dan etika dalam karakter kerja back office
- Aspek integritas: kejujuran, keterusterangan, tanggung jawab, kedewasaan, kepercayaan, kesetiaan, kerja keras, anti korupsi
- Aspek etika: karakter moral yang jujur, mampu membedakan yang benar dan salah, kehalusan budi, empati, dan kecermatan dalam membuat keputusan
- Aspek Internal control: pemahaman dasar internal kontrol, tanggung jawab dalam internal kontrol, risk management, preventive dan detective, internal kontrol memperkuat back office
METODE TRAINING
Fokus pada pelatihan aktif, presentasi, interaktif, diskusi kelompok, brainstorming, bermain peran, berpikir kreatif, simulasi, belajar dalam kompetisi permainan, studi kasus, latihan, bimbingan, diskusi, perenungan, experiential learning, icebreaker.
INSTRUCTOR
Ir. Wilbert,CBA,CPHR,CHt
VENUE
Jakarta (Amos Cozy, Amaroossa Residence, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Setiabudi Building 2, Gd Estubizi Bussiness Center, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)
TRAINING DURATION
2 days
- 05 Mar 2020-06 Mar 2020
- 13 Apr 2020-14 Apr 2020
- 11 Mei 2020-12 Mei 2020
- 02 Jun 2020-03 Jun 2020
- 13 Jul 2020-14 Jul 2020
- 05 Agust 2020-06 Agust 2020
- 14 Sep 2020-15 Sep 2020
- 07 Okt 2020-08 Okt 2020
- 04 Nop 2020-05 Nop 2020
- 14 Des 2020-15 Des 2020
INVESTMENT/ PERSON
- 4.500.000/ person (full fare) or
- 4.250.000/ person (early bird, payment 1 week before training) or
- 3.950.000/ person (if there are 3 persons or more from the same company)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS
- Training Module
- Flash Disk contains training material
- Certificate
- Stationeries: NoteBook and Ballpoint
- T-Shirt
- Backpack
- Training Photo
- Training room with Full AC facilities and multimedia
- Lunch and twice coffeebreak every day of training
- Qualified Instructor
- Transportation for participants from hotel of participants to/from hotel of training – VV (if minimal participants is 4 persons from the same company)
MENGOPTIMALKAN KINERJA KARYAWAN BACK OFFICE