Back Office
ACARA
03 – 04 April 2019 | Rp 4.000.000,- di Hotel Fave Melawai, Jakarta
02 – 03 Mei 2019 | Rp 4.000.000,- di Hotel Fave Melawai, Jakarta
01 – 02 Juni 2019 | Rp 4.000.000,- di Hotel Fave Melawai, Jakarta
03 – 04 Juli 2019 | Rp3.500.000,- di Hotel Fave Melawai, Jakarta
Jadwal Training 2019 Selanjutnya …
DESKRIPSI
Back Office adalah bagian terpenting dari perusahaan atau organisasi di mana tugas-tugas didedikasikan untuk menjalankan proses operasional, akuntansi, finansial, administrasi, teknologi, audit, pengolaan data, pajak, legal, pembelian, keamanan, dan kegiatan personalia tanpa interaksi dengan pelanggan. Diperlukan kompetensi dan kebiasaan kerja dalam rutinitas, yang diperkuat dengan integritas pribadi yang unggul. Termasuk, budaya kerja yang cerdas bertindak dengan kerja sama dalam kolaborasi dan sinergi dengan semua pihak terkait, agar fungsi dan peran Back Office untuk mendukung fungsi Front Line dapat dioptimalkan.
Back Office sebagai tulang punggung perusahaan harus selalu secara proaktif dalam disiplin yang tinggi mensuport kepentingan strategi perusahaan dengan tetap menjaga internal kontrol yang berkualitas, mampu berkolaborasi dengan Front Line dan semua pihak di Back Office, mampu membangun budaya trust yang etis, dan cerdas mengeksekusi setiap rencana dengan cara-cara yang terkalkulasi risikonya. Sistem dan etos kerja Back Office yang kolaboratif dalam internal kontrol yang solid akan menjadi pertahanan yang kuat untuk menjaga reputasi dan kredibilitas perusahaan.
Pelatihan selama 2 hari ini akan fokus kepada peningkatan kinerja karyawan Back Office, khususnya melalui sub topik, yaitu: kekuatan back office dalam manajemen operasional perusahaan; back office dalam layananmanajemen operasi; aktivitas back office dalam budaya kolaborasi dan trust ; etika, integritas dan internal control untuk memperkuat back office. Semua sub topik tersebut terfokus untuk meningkatkan semangat kerja karyawan Back Office dalam rutinitas, serta mampu untuk menjalankan peran dan fungsi back office dengan efektif, dan berkemampuan untuk berkontribusi dan memberikan pelayanan secara konsisten dalam membantu aktivitas Front Line perusahaan.
KONSEP DASAR PELATIHAN BACK OFFICE
Mengoptimalkan fungsi dari Back Office untuk dapat mensuport kepentingan strategi perusahaan, menjaga internal kontrol, memberikan pelayanan sempurna kepada fungsi Front Line, bekerja dengan budaya trust yang etis, serta cerdas mengeksekusi setiap rencana dengan cara-cara yang terkalkulasi risiko.
METODOLOGI PELATIHAN BACK OFFICE
Pelatihan Aktif, Presentasi, Interaktif, Diskusi Kelompok, Brainstorming, Bermain Peran, Berpikir Kreatif, Simulasi, Belajar Dalam Kompetisi Permainan, Studi Kasus, Latihan, Bimbingan, Diskusi, Perenungan, Experiential Learning, Icebreaker.
TUJUAN UMUM PELATIHAN BACK OFFICE
- Memahami dan mampu menjalankan peran, fungsi, dan tanggung jawab Back Office sebagai pendukung Front Line yang unggul.
- Mampu menyatu dalam manajemen operasi perusahaan.
- Mampu memimpin dan me-manaje diri sendiri untuk memberikan kepemimpinan dan kerja sama yang kuat.
- Mampu mengoptimalkan peran Back Office dalam menciptakan tata kelola perusahaan yang sehat dan unggul.
- Menguasai keterampilan kolaborasi dan internal kontrol untuk menciptakan pertahanan organisasi yang kuat.
- Mampu memberikan bantuan pelayanan unggul yang cepat dan terkendali kepada Front Line.
- Menguasai pengetahuan politik kantor, cara mengatasi konflik, kecerdasan emosional, etika, dan budaya kolaborasi.
- Mampu memiliki kepribadian yang unggul untuk menjaga dan merawat reputasi perusahaan.
- Mampu bekerja melalui prinsip kehati-hatian dan yang memperkuat pengendalian internal perusahaan.
TUJUAN KHUSUS PELATIHAN BACK OFFICE
Peserta akan memahami praktik-praktik terbaik dari kepemimpinan diri sendiri, kerja sama, internal kontrol, politik kantor, konflik, trust, dan budaya kerja positif; dalam memberdayakan semua fungsi dan peran pekerjaan mereka sebagai Back Office, serta terlibat secara proaktif untuk membatu kebutuhan Front Line perusahaan.
MATERI PELATIHAN BACK OFFICE
ENERGIZER
Sub Bahasan
- Ice Breaking
- Motivation
- Yel-Yel
SESI 1: KEKUATAN BACK OFFICE DALAM MANAJEMEN OPERASIONAL PERUSAHAAN
Sub Bahasan
- Fungsi dan peran karyawan back office
- Karyawan back office dalam kekuatan manajemen operasional
- Konsep dari manajemen operasional
- Aktivitas back office untuk mendukung operasional perusahaan
- Hubungan interfungsional antara fungsi operasi dan fungsi pendukung inti lainnya
- Cara kerja dan tujuanKompetitif yang harus dimiliki karyawan back office
- Strategi back office dalam mendukung strategi operasi perusahaan
- Tahap-tahap kontribusi back office dalam operasi perusahaan
. SESI 2: BACK OFFICE DALAM LAYANANMANAJEMEN OPERASI
Sub Bahasan
- Pelayanan back office dengan efisiensi, efektivitas, kualitas, produktivitas, dan
biaya yang terkendali - Menghadapi tantangan dalam layanan manajemen operasi
- Dimensi kualitas pelayanan back office
- Mengelola pengalaman layanan dan terus berkontribusi
- Melayani dengan hati dan pengabdian
- Menjalankan hubungan kerja antar front-office dan back-office
- Mengembangkan budaya kualitas layanan di masing-masing unit kerja
- Service recovery di internal perusahaan
- Waiting time management di internal perusahaan
- 12.00 s.d. 13.00 WIB. ISTIRAHAT/MAKAN SIANG
SESI 3:AKTIVITAS BACK OFFICE DALAM BUDAYA KOLABORASI DAN TRUST
Sub Bahasan
- Kolaborasimenyatukan totalitas energi sukses di dalam organisasi
- Kolaborasi untuk memenuhi kebutuhan pelayanan pada semua tingkat di dalam organisasi
- Mengatasi rintangan dalam kolaborasi
- Pola pikirkolaboratif di dalam individu dan kelompok kerja organisasi
- Kolaborasi diantara staf, keputusan, dan sumber daya
- Metode kolaborasi yang efektif
- Praktik terbaik dalam kolaborasi kerja
- Komunikasi dan interaksi untuk kolaborasi terbaik
- Budaya kolaborasi dan building trust di internal organisasi
- Elemen penting dalam kolaborasi kerja
- Pendekatan holistik untuk kolaborasi kerja di back office
- Siklus kolaborasi di back office
- Faktor-faktor yang mempengaruhi kolaborasi
. SESI 4: ETIKA, INTEGRITAS DAN INTERNAL CONTROL UNTUK MEMPERKUAT BACK OFFICE
Sub Bahasan
- Integritas dan etika dalam karakter kerja back office
- Aspek integritas: kejujuran, keterusterangan, tanggung jawab, kedewasaan, kepercayaan, kesetiaan, kerja keras, anti korupsi
- Aspek etika: karakter moral yang jujur, mampu membedakan yang benar dan salah, kehalusan budi, empati, dan kecermatan dalam membuat keputusan
- Aspek Internal control: pemahaman dasar internal kontrol, tanggung jawab dalam internal kontrol, risk management, preventive dan detective, internal kontrol memperkuat back office
Peserta : Seluruh karyawan back office
METODOLOGI PELATIHAN
Fokus pada pelatihan aktif, presentasi, interaktif, diskusi kelompok, brainstorming, bermain peran, berpikir kreatif, simulasi, belajar dalam kompetisi permainan, studi kasus, latihan, bimbingan, diskusi, perenungan, experiential learning, icebreaker.
Onstruktur : Ir. Wilbert Situmeang,CBA,CPHC,CHt and Partners
Trainer, Business & Sales Coach, Counselor dengan pengalaman 20 tahun di bidang Selling dari posisi staff sampai ke level Director
Spesialisasi di bidang : Sales, Motivational, Leadership, Persuasi , Negosiasi, Coaching & Counseling
Certified dalam berbagai kompetensi dari lembaga local maupun Internasional:
- Certified of Six Thinking Hats (Creative Thinking )
- Certified of Sales Coach
- Certified Behavior Analyst (CBA)
- Certified of Hypnotherapy (CHt) dari Indonesia Board of Hypnosis (IBH)
- Certified Coach Practitioner (CCP)
- Certified Art of Transformational Coach ( CATC)
Berpengalaman sebagai trainer dan konsultan +/- 15 tahun, di berbagai perusahaan nasional dan multi nasional: manufaktur, banking, multifinance, telekomunikasi, advertising agency, baik sebagai Specialist maupun Generalist di bidang Motivation of Human Resources
Banyak berkecimpung sebagai Konsultan, Leadership, Bimbingan Karir, Trainer, Motivator, Assessor dan Course Director untuk program Team Building di berbagai perusahaan swasta nasional dan multi nasional.
- 11-12 April 2019
- 2-3 Mei 2019
- 1-2 Juni 2019
- 3-4 Juli 2019
- 1-2 Agustus 2019
- 4-5 September 2019
- 2-3 Oktober 2019
- 1-2 November 2019
- 1-2 Desember 2019
Tempat Training
- Fave Hotel Melawai Blok M, Mercantile Athletic Club, Business Center
- (Konfirmasi tempat pelaksanaan akan kami informasikan 7 hari sebelum pelaksanaan training)
INVESTASI
- Rp. 4.000.000,- / peserta.
- Peserta Non-Residential. Sudah termasuk Meeting Package, Training Kits, Modul Pelatihan dan Sertifikat.
BACK OFFICE TRAINING