Business Process Improvements
ACARA
14 April 2020 | Rp 4.095.000 di Amaris Hotel/ Neo Hotel/ Santika Hotel, Jakarta
18 Agustus 2020 | Rp 4.095.000 di Amaris Hotel/ Neo Hotel/ Santika Hotel, Jakarta
Pemborosan sebesar rata-rata 20% yang ada pada setiap organisasi dikontribusikan dari kegiatan-kegiatan yang tidak bernilai tambah” –Prof. Michael Hammer
Latar belakang Business Process Improvements
Organisasi anda adalah kumpulan proses, dan proses-proses ini adalah kegiatan alami bisnis yang dilakukan setiap hari untuk mengasilkan nilai, melayani pelanggan dan menghasilkan uang. Namun disayangkan bahwa masih banyak organisasi (barangkali juga anda), yang tidak megelola proses dengan semestinya tetapi sebatas menangani task.
Proses dan manfaat Business Process Improvements
Proses yang adalah kegiatan yang merubah masukan menjadi keluaran seringkali tidak tergambar dengan baik (BPM) di organisasi (perusahaan), sehingga pekerja (professionals) kurang memahami keseluruhan proses yang ada pada organisasi (perusahaan). Padahal dengan memahami keseluruhan proses dapat meningkatan rasa memiliki proses-proses tersebut. Manfaat lain dengan memahami keseluruhan proses adalah mempermudah melakukan perbaikan melalui process-based corrective and preventive actions.
Organisasi yang telah memiliki Peta Proses rinci dapat menggunakanya sebagai acuan dalam.
- Mencari akar masalah
- Meningkatkan mutu produk/jasa
- Menetapkan Key Peroformance Indicator
- Menulis SOP
- Membuat Job Profile dan masih banyak yang lain
Pelatihan ini memperlengkapi peserta dengan ketrampilan dan pemahaman akan proses, manfaat proses, process management, business process management (systems), memperbaiki proses dan merekasaya ulang proses yang tidak efektif.
Materi Training Business Process Improvements
- Definition and concepts
- Systems, Process, Procedures
- Process Analysis
- Process parameters
- Process design and reengineering
- Developing process parameters
- Component and Structure of processes
- Process-based SOP, Process-based Job Desc and Process-based OrganiCharts
Balance Scorecards for Process Standards - Key skills, role and responsibility in implementing BPM
- Process implementation and reviews
Tambahan pembahasan (bila diperlukan)
- Filosofi dan difinisi proses bisnis, prosedur dan instruksi kerja
SOP dan hubungannya dengan fundamental business systems ISO 9000 - Teknik penulisan efektif dan format dan elemen SOP
- Tingkat perincian SOP (Who Does What)
- Proses dan Flowchartng
- Latihan membuat urutan aktivitas dalam flowchart
- Peran SOP Dalam Perbaikan Proses Bisnis, Standarisasi Aktivitas Kerja & Kesuksesan Inisiatif Strategis Organisasi.
- Beragam inisiatif perbaikan proses bisnis (six sigma, kaizen, business process engineering, dan toyota way) dan implikasinya bagi SOP developer.
- Uraian tahapan kerja penerapan SOP dan bagaimana membuat rencana kerja. Dimulai dengan memahami beragam jenis proses bisnis, mulai dari high level hingga turunannya, guna membedakan proses utama (core process) dan proses pendukung (support process), selanjutnya mengidentifikasi critical business process, sebagai dasar pembuatan KPI, SLA dan SLG, serta monitoring toolsnya (menggunakan control chart dan monitoring model ala GE).
- Tehnik change management guna mendapat dukungan seluruh tim, didasarkan pada studi kasus penerapan six sigma.
- Latihan dan Contoh Kasus Dalam Pengembangan dan Pembuatan SOP (SOP IT)
- Service Level Guarantee atau kontrak antar department/ bagian untuk menjamin kualitas critical process dengan segala konsekuensinya.
- Kiat Mempercepat Implementasi SOP Baru: Mekanisme Sosialisasi, Pembudayaan Pengukuran dan Manajemen Visual.
- Metode change management yang umum digunakan, serta beragam studi kasus dalam implementasinya, meliputi mekanisme sosialisasi, pembudayaan pengukuran ala siklus PDCA, dan beragam contoh manajemen visual serta video yang relevan, untuk memahami cara-cara yang lebih efektif agar penerapan SOP diperusahaan lebih maksimal.
Referensi:
- Pelatihan ini menggunakan beberapa referensi antara lain:
- Pengalaman Fasilitator ketika terlibat dalam Pembentukan BPM dan SOP di PT Star Motors Indonesia (Distributor Mercedes Benz)
- Pengalaman Fasilitator ketika menyususun SOP di Siemens Lightings
- Pengalaman mengajar SOP di Indosat, Berca Hardayaperkasa, Telesindo, Bank UOB Indonesia, TEAC Indonesia, Energizer Indonesia, KPK, BPK, LAPAN, Bridgestone Engineeering dan beberapa perusahaan menengah.
- Pengalaman mengajar untuk Tempo Komunitas (Jakarta dan Denpasar)
Buku:
- Managing Business Process Flows, Ravi Anupindi dan Rekan
- Business Process Mapping (Guidebook) oleh J. Mike Jacka
- Business Process Mapping (Workbook) olhe J. Mike Jacka
Fasilitator (Workshop leader) Business Process Improvements
Ady A Subagya
Fasilitator adalah seorang konsultan dan trainer yang berpengalaman dalam membantu organisasi menulis ulang business process-nya, membuat standard operating procedure, instruksi kerja/metode kerja, menerapkan ISO 9000, 14000, SMK3, OHSAS 18001. Sebelum independen, ia bekerja pada kelompok Siemens dan Daimler Benz. Perusahaan yang telah didampingi antara lain: Energizer Indonesia, TEAC Indonesia, Berca Hardaya Perkasa, Badan Pemeriksa Keuangan, Bank Artha Graha, Indosat, LAPAN, Yamaha Indonesia, Tobu Indonesia, Kiriu Indonesia, Subur, dan beberapa perusahaan lainnya
Lokasi Training Business Process Improvements
Amaris Hotel La Codefin / Neo Hotel – Kebayoran / Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk, Jakarta (Tentative)
Biaya Training Business Process Improvements
- Rp 3.050.000 – (Registration 3 person/more; payment 1 week before training)
- Rp 3.350.000 – (Reg 2 weeks before training ; payment 1 week before training)
- Rp 3.850.000 – (On The Spot; payment at the last of training )
- Rp 4.095.000 – (Full Fare)
Business Process Improvements