COMMUNITY DEVELOPMENT
ACARA
19 – 20 Mei 2020 | Rp 5.500.000/ peserta di Yogyakarta
24 – 25 Juni 2020 | Rp 5.500.000/ peserta di Yogyakarta
29 – 30 Juni 2020 | Rp 5.500.000/ peserta di Yogyakarta
Jadwal Training 2020 Selanjutnya …
PENDAHULUAN COMMUNITY DEVELOPMENT
Peraturan perundangan mengatur bahwa CSR dan Community Development merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan perusahaan sebagaimana amanat UU No. 40 tahun 2007 bab V pasal 74, maka “expenses” harus dikelola manajemen, sehingga memberikan dampak positif bagi sustainability perusahaan dimasa mendatang. Pola pikir inilah yang membuat CSR dan Community Development menjadi tidak sekedar Charity Program, tetapi harus menjadi “alat” marketing yang powerfull.
Sebagai bagian dari kehidupan sosial, suatu perusahaan juga harus mampu melakukan aktivitas sosial agar bisa terus menjaga citra baik di mata masyarakat. Salah satu media yang digunakan adalah dengan melakukan kegiatan untuk pengembangan masyarakat (community development). Agar kegiatan tersebut berhasil maka dibutuhkan kemampuan dalam hal pendesainan, pemonitoran dan pengevaluasian partisipasi pada kegiatan untuk pengembangan masyarakat (community development) dengan menggunakan persoalan–persoalan yang ada di masyarakat sekitar.
Apabila program community development dapat berjalan dengan baik, maka dengan sendirinya citra perusahaan akan semakin baik dimata masyarakat. Secara umum pemberdayaan masyarakat bertujuan untuk menjadikan masyarakat mandiri, yaitu memiliki kemampuan untuk memilih, mempersiapkan, memutuskan dan melaksanakan sesuatu yang dianggapnya diperlukan dalam kehidupan. Untuk mencapai tujuan tersebut, penting bagi perusahaan agar mengelola community development dengan baik.
TUJUAN TRAINING COMMUNITY DEVELOPMENT
Pelatihan ini akan membahas mengenai Community Development. Melalui pelatihan ini peserta pelatihan diharapkan mampu mengelola program-program pengembangan masyarakat, mengetahui prinsip-prinsip pengembangan masyarakat dan mampu mengelola konflik, baik itu konflik di dalam internal perusahaan, maupun konflik perusahaan dengan lingkungan eksternal. Disamping itu, peserta pelatihan akan memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam menguasai teknik-teknik community development yang baik dan praktis serta bisa dilakukan sesuai dengan tujuan dan latar belakang masing-masing peserta.
MANFAAT TRAINING COMMUNITY DEVELOPMENT
- Dapat meningkatkan pemahamam tentang konsep community development
- Dapat memahami perbedaan CSR & Comdev
- Dapat membuat analisis kebutuhan pengembangan yang relevan di masyarakat yang sesuai dengan visi misi perusahaan
- Dapat membuat laporan Program community development
- Mampu mengelola konflik dengan pihak eksternal perusahaan
SASARAN PESERTA COMMUNITY DEVELOPMENT
- Mahasiswa tingkat akhir yang ingin berkarir sebagai CSR atau Comdev
- CSR Staff, CSR Supervisor, Comdev Staff, Comdev Supervisor, CSR Superintendent, Chief Security, dan CSR Manager
- Personel CSR Departemen
- Public Relation, Humas, General Affair, HRGA Superintendent, HRPGA Section Head, HRGA Dept. Head, HRGA Manager
- Manager Non CSR yang berminat mempelajari Community Development
- Executive atau Praktisi Bisnis yang ingin tahu mengenai Community Development
- Professional atau Individu yang berkaitan dengan pengelolaan Community Development
MATERI TRAINING COMMUNITY DEVELOPMENT
- Konsep dasar community development
- Karakteristik dan prinsip pendampingan
- Pengenalan konsep pengembangan masyarakat (community development)
- Teknik perancangan kegiatan yang tepat sasaran
- Analisis kebutuhan pengembangan yang relevan di masyarakat
- Analisis budaya lokal dan struktur sosial masyarakat
- Mengorganisir masyarakat untuk pemberdayaan
- Mendesain program pengembangan masyarakat
- Merancang, menerapkan dan mengevaluasi model program pengembangan masyarakat
- Implementasi program pengembangan masyarakat
- Teknik Monitoring & Evaluasi program pengembangan masyarakat
- Konsep dasar manajemen konflik
- Strategi mengelola konflik dengan pihak internal perusahaan (pimpinan, rekan dan bawahan)
- Strategi mengelola konflik dengan pihak eksternal perusahaan
- Teknik komunikasi dalam pengelolaan konflik
METODE TRAINING COMMUNITY DEVELOPMENT
- Presentasi
- Diskusi Konsultatif
- Sharing Pengalaman
- Studi Kasus
- Praktek Penyusunan Program Comdev
INSTRUCTOR
Sudibyo Aji Narendra Buwana, SE.,M.Si.,CPHRM
VENUE
Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)
TRAINING DURATION COMMUNITY DEVELOPMENT
2 days
- 19 Mei 2020-20 Mei 2020
- 24 Jun 2020-25 Jun 2020
- 29 Jun 2020-30 Jun 2020
- 26 Agust 2020-27 Agust 2020
- 31 Agust 2020-01 Sep 2020
- 28 Okt 2020-29 Okt 2020
- 25 Nop 2020-26 Nop 2020
- 30 Nop 2020-01 Des 2020
INVESTATION PRICE/PERSON
- Rp. 5.500.000/person (full fare) or
- Rp. 5.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
- Rp. 4.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS
- Training Module
- Flash Disk contains training material
- Certificate
- Stationeries: Blocknote and Ballpoint
- T-Shirt
- Backpack
- Training Photo
- Training room with Full AC facilities and multimedia
- Lunch and twice coffeebreak every day of training
- Qualified Instructor
- Transportation for participants from hotel of participants to/from hotel of training – VV (if minimal participants is 4 persons from the same company)