Creative Thinking & Innovative at Work
Acara
11 – 12 Oktober 2013 | Rp. 3.500.000,-/orang di Jakarta
21 – 22 November 2013 | Rp. 3.500.000,-/orang di Bogor
11 – 12 Desember 2013 | Rp. 3.500.000,-/orang di Jakarta
Deskripsi:
Berpikir kreatif dan inovatif (Creative Thinking & Innovative) merupakan proses pengembangan ide-ide baru dan bernilai di berbagai lingkup atau domain kehidupan kita. Ini merupakan proses kognitif yang melibatkan proses stimulasi otak untuk membuat asosiasi dan koneksi dalam rangka untuk menciptakan pikiran original, yang merupakan proses awal terciptanya ide kreatif.
Dinamika perubahan yang terjadi begitu cepat dan massif di berbagai bidang kehidupan, mengkondisikan berbagai ketidakpastian dan kerumitan masalah yang semakin kompleks dan pada muaranya kita semua dituntut untuk menyesuaikan diri dan eksis di tengah fenomena tersebut. Berpikir kreatif dan inovatif (Creative Thinking & Innovative) akhirnya menjadi salah satu solusi agar kita semua dapat eksis dan kompetitif di lingkungan kehidupan yang semakin tidak pasti dan penuh kerumitan ini. John Naisbitt, pengarang Megatrends and Megatrends 2000 menyatakan: ‘… in the new information-rich, decentralized, global society, creativity will be increasingly valued in business. Creativity is the corporation’s competitive edge’.
Pelatihan ini didesain untuk mengajarkan kepada peserta tentang proses berpikir kreatif dan inovatif (Creative Thinking & Innovative) dengan menggunakan teknik dan pendekatan kreatifitas yang praktis dan mudah diterapkan di lingkungan kerjanya. Peserta akan dibekali perspektif bagaimana memadukan gaya berpikir kreatifnya dengan pilihan teknik yang ada guna memaksimalkan kreativitas personal peserta. Fokus dari pelatihan ini adalah memampukan peserta untuk dapat mengakselerasi kecakapan kreatifitasnya di dalam lingkungan kerjanya sehari-hari. Pada akhirnya, sekembali di tempat kerjanya, para peserta akan mampu secara mandiri untuk mengoptimalkan kecakapan kreatifnya dalam rangka menghadapi tututan pekerjaannya yang semakin kompleks dan dinamis.
Tujuan Training:
- Memahami cara-cara berpikir baru dan kreatif di lingkungan kerjanya sehingga memampukan dirinya untuk menciptakan ide-ide yang original dan segar.
- Memahami teknik berpikir kreatif dan inovatif (creative thinking & innovative) dalam rangka untuk mengembangkan, mengevaluasi dan memilih ide-ide kreatif yang bernilai.
- Memahami pentingnya kreativitas dalam menemukan solusi atas berbagai bentuk masalah
- Mengetahui mengapa individu dan kelompok tidak kreatif
- Mengetahui berbagai teknik dalam menghasilkan berbagai gagasan
- Mengetahui tingkat kreativitas diri sendiri
- Mengetahui upaya manajemen apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kreativitas di dalam organisasi.
Materi Training Creative Thinking & Innovative :
- Mengenali potensi diri dan breaking your limits
- Mengenali proses kreatif, gaya berpikir kreatif dan hambatan kreatifitas
- Mengenali berbagai tools yang populer dalam proses berpikir efektif dan kreatif
- Mengenali proses pengembangan ide baru dan original, proses evaluasi ide serta pemilihan solusi dan ide yang optimal
- Mengenali teknik kreatif berbasis individual dan kelompok
- Mengenali aplikasi berpikir kreatif (creative thinking ) di lingkungan kerja:
Metodologi Training:
- Presentasi topik dan konsep-konsep pokok
- Diskusi interaktif untuk sharing ide, pemikiran dan pengalaman
- Tantangan berpikir praktis dan kreatif
- Sesi brainstorming individu dan kelompok
Waktu:
2 Hari
Metode Training
- Presentasi, Tanya Jawab, Studi Kasus, Latihan, Brainstorming, Diskusi, Games
Jadwal:
- Jakarta, 11-12 Oktober 2013
- Bogor, 21-22 November 2013
- Jakarta, 11-12 Desember 2013
Fasilitas:
- Hotel Bintang 3/Bintang 4
- Sertifikat Training
- Training Kit
- Modul (Hardcopy + Softcopy)
- 2 x lunch dan 4 x coffee break
Investasi:
Rp. 3.500.000,-/orang (Non-residensial)