CSR: PLANNING AND IMPLEMENTATION
ACARA
28 – 30 Januari 2020 | Rp 6.000.000 per peserta di Yogyakarta
25 – 27 Februari 2020 | Rp 6.000.000 per peserta di Yogyakarta
03 – 05 Maret 2020 | Rp 6.000.000 per peserta di Yogyakarta
Jadwal Training 2020 Selanjutnya …
DESKRIPSI TRAINING CSR: PLANNING AND IMPLEMENTATION
Program Corporate Social Responsibility (CSR) saat ini merupakan suatu program yang penting bagi perusahaan, yang merupakan investasi jangka panjang yang berguna untuk meminimalisir risiko sosial, serta berfungsi sebagai sarana meningkatkan citra perusahaan di mata publik. Wacana CSR bukanlah suatu yang bersifat baru. Klausul CSR dalam World Business Coucil for Sustainable Deelopment Forum tahun 1998 hingga munculnya ISO 26000 tahun 2006 oleh The UN Global Compact Office dengan international Organization for Standardization memberikan makna yang kuat bahwa penerapan CSR bagi perusahaan adalah suatu keharusan yang harus dilakukan apabila perusahaan ingin memenuhi standar internasional.
Di Indonesia, penerapan CSR sudah cukup baik, terlihat dengan makin banyaknya perusahaan yang menunjukkan kepeduliannya tehadap masyarakat sekitar. Akan tetapi, masih ada juga perusahaan yang memandang CSR sebagai suatu beban operasional yang harus ditanggung perusahaan. Perusahaan selalu dituntut untuk memenuhi keinginan dari masyarakat setempat, dan disaat yang sama, para penggiat CSR di perusahaan selalu dituntut hasil maksimal oleh perusahaan. Untuk itu program CSR perlu direncanakan agar dapat menunjukan progress kemajuan dan hasil secara berkala. Pada tingkat perencanaan, sesungguhnya posisi perusahaan akan ditentukan, kemana perusahaan akan bergerak dan bagaimana mencapai tujuan yang diinginkan. Melalui sistem perencanaan yang tepat dan terintegritas, program CSR akan dapat memberikan hasil yang maksimal dan terukur, terutama jika dikaitkan dengan isu sosial, ekonomi, dan lingkungan sekitar perusahaan serta terhadap aspek berkelanjutan bisnis perusahaan.
Dalam pelatihan satu hari ini, para peserta akan dibekali konsep dasar penerapan CSR, strategi penerapan hingga contoh-contoh dan diskusi kasus. Di akhir sesi, akan dilatih cara membuat action plan untuk penerapan program CSR bagi tiap-tiap perusahaan peserta. Selain itu juga akan dibahas tentang mekasnisme pemantauan, indikator keberhasilan dan log frame dalam merancang program CSR dan CD yang berkelanjutan. Desain program yang efektif dan optimal akan menjadi bagian dari investasi perusahaan dan memudahkan perusahaan dalam persiapan untuk audit program.
TUJUAN TRAINING CSR: PLANNING AND IMPLEMENTATION
- Meningkatkan pemahaman mengenai CSR setta ukuran keberhasilan serta berbagai metode perencanaan program.
- Meningkatkan keterampilan dalam perencanaan/desain program termasuk dalam mengidentifikasi isu/masalah beserta kebutuhan implementasi program
- Sharing, baik antar peserta maupun dengan narasumber mengenai metode perencanaan program CSR beserta persiapan sosial dalam kerangka implementasi program.
- Dapat mengimplementasikan perencanaan yang sudah dibuat dalamn perusahaan
MATERI TRAINING CSR: PLANNING AND IMPLEMENTATION
- Introduction:
- Pengertian Corporate Social Responsibility (CSR)
- Konsep Dasar penerapan CSR
- Alasan perlunya menerapkan CSR
- Manfaat CSR
- Hubungan CSR dengan Good Corporate Governance
- Bentuk-bentuk program CSR
- Bidang sosial
- Bidang ekonomi
- Bidang lingkungan
- Pelaksanaan program CSR
- Prinsip-prinsip dan landasan program CSR
- Tahapan pelaksanaan program:
- Perencanaan: Design program efektif & optimal
- Mekasnisme pemantauan, indikator keberhasilan dan log frame dalam merancang program CSR yang berkelanjutan
- Implementasi
- Evaluasi
- pelaporan
- Strategi pelaksanaan:
- menentukan target khalayak
- bekerjasama dengan media
- event management
- Antisipasi dan solusi hambatan pelaksanaan program CSR
- Diskusi kasus dan pembahasan
- Action plan program CSR: penerapan program CSR bagi tiap-tiap perusahaan
PESERTA TRAINING CSR: PLANNING AND IMPLEMENTATION
Pelatihan ini disarankan untuk diikuti oleh:
- Manajer dan Staf Public Relations (PR), Corporate Secretary, Corporate Communications
- Unit kerja perusahaan yang terkait dengan CSR, Community Development atau Community Relations
METODE TRAINING CSR: PLANNING AND IMPLEMENTATION
- Lecture
- Brainstroming
- Interactive discussion and sharing experience
- Case Study
- Simulation / Workshop
INSTRUKTUR TRAINING CSR: PLANNING AND IMPLEMENTATION
- Riyanti Wiji Lestari, M.Si
- Apriyanto Giri W, MM.
Instruktur adalah praktisi di bidang CSR, berpengalaman mengerjakan berbagai project CSR di perusahaan Multinational, Goverment, dll. Disini Instruktur akan berbagai pengalamannya yang sangat praktis di bidang CSR kepada peserta training.
- Batch 1 : 28 – 30 Januari 2020
- Batch 2 : 25 – 27 Februari 2020
- Batch 3 : 03 – 05 Maret 2020
- Batch 4 : 06 – 08 April 2020
- Batch 5 : 12 – 14 Mei 2020
- Batch 6 : 16 – 18 Juni 2020
- Batch 7 : 07 – 09 Juli 2020
- Batch 8 : 11 – 13 Agustus 2020
- Batch 9 : 15 – 17 September 2020
- Batch 10 : 13 – 15 Oktober 2020
- Batch 11 : 24 – 26 November 2020
- Batch 12 : 15 – 17 Desember 2020
- 08.00 – 16.00 WIB
Yogyakarta: Cavinton Hotel Yogyakarta; Neo + Awana Hotel Yogyakarta; Pesonna Malioboro Hotel Yogyakarta
Surabaya: Hotel Neo Gubeng Surabaya; Hotel Santika Pandegiling Surabaya
Malang: Ibis Styles Malang Hotel
Jakarta: Yello Hotel Manggarai Jakarta; Dreamtel Jakarta Hotel
Bandung: Serela Cihampelas Hotel Bandung; Grand Setiabudi Hotel Bandung; Grand Tebu Hotel Bandung
Bali: Ibis Bali Kuta Hotel; Hotel Neo + Kuta Legian Bali
In House Training : Depend on request
TUITION FEE TRAINING
Yogyakarta:
- Publish Rate : Rp 6.000.000,- / participant
- Special Rate : Rp 5.600.000,- / participant (min 4 participants from the same company)
Bandung/ Jakarta/ Surabaya/ Malang:
- Publish Rate : Rp 7.000.000,- / participant
Bali:
- Publish Rate : Rp 8.000.000,- / participant
FASILITAS TRAINING
INCLUDE:
- Meeting Room at hotel, Coffe Break, Lunch
- Module (hard & soft copy/flashdish)
- Training Kit, Souvenir, Sertifikat
- Airport pick up services
- Transportation during training
EXCLUDE:
- Penginapan peserta training
- Pajak (Ppn 10 %)
EFFECTIVE CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR): PLANNING AND IMPLEMENTATION