Customer Development Model
ACARA
27 – 28 Januari 2020 | Rp. 4.500.000/ person di Yogyakarta
19 – 20 Februari 2020 | Rp. 4.500.000/ person di Yogyakarta
23 – 24 Maret 2020 | Rp. 4.500.000/ person di Yogyakarta
Jadwal Training 2020 Selanjutnya…
PENDAHULUAN TRAINING CUSTOMER DEVELOPMENT MODEL
Training ini adalah pengembangan dari training Business Plan dan training Business Model Canvas (BMC), yang di tahun 2107 menjadi training yang paling sering dilakukan pada banyak lembaga. Selama ini memang paradigma dalam membangun perusahaan baru selalu dengan membuat Business Plan lalu segera dieksekusi. Ini adalah hal yang keliru. Steve Blank, Professor dari UC Berkeley mengatakan “no business plan survive when first contact with customer”. Hal ini karena Business Plan untuk memulai perusahaan baru hanya berisi asumsi-asumsi yang belum tentu sesuai di lapangan. Pembuat Business Plan berpikir bahwa secara ajaib Business Plan akan terwujud bila dieksekusi, namun kenyataannya perusahaan rintisan dan perusahan kecil menengah (UKM), dan UKM rintisan kebanyakan tidak berhasil. Apa sebabnya? Sebabnya adalah para entrepreneur pemula bahkan entrepreneur yang sudah berjalanpun salah dalam menggunakannya. Pelatihan Business Plan sebenarnya lebih tepat digunakan saat perusahaan UKM memerlukan dana dari investor ketika akan melakukan perluasan pasar atau pengembangan produk, dan untuk menyusun target dan strategi operasional dan finansial dalam periode waktu tertentu atau sering disebut dengan “Training UKM Bankable”. Tetapi untuk pengembangan Kinerja UKM adalah dengan pendekatan bahwa entrepreneur harus “mencari” (business model-nya), bukan “mengeksekusi” (business plan-nya), artinya bagaimana caranya para entrepreneur UKM belajar agar customer (Pelanggan) tetap membeli atau menggunakan produknya, meskipun saat promosi berakhir dan model bisnisnya dapat diluaskan cakupan operasionalnya. Membuat dan menjalankan perusahaan (UKM) itu seperti mengarungi hutan rimba. Untuk memudahkan dalam mengarunginya, seseorang membutuhkan alat bantu seperti kompas, peta, tenda, parang, dan sebagainya. Analogi ini cocok juga untuk seorang entrepreneur UKM dalam membuat dan menjalankan usaha pengembangan perusahaannya. Elemen dan alat-alat bantu entrepreneur ini dapat merubah pola pikir yang tidak percaya dengan rumus klasik “Pokoknya lakukan saja” dan rumus pasti entrepreneur sukses yaitu tekat kuat, panjang akal, waktu tepat, produk hebat, kerja keras, dan kegigihan saja tidak cukup dan tidak serta merta membuahkan keberhasilan. Tetapi juga paham dan termpil menggunakan elemen beserta alat bantunya untuk mendorong agar bisa berhasil dengan cepat. Alat bantunya selain:
- Business Model Design yaitu aktivitas menggali berbagai kemungkinan pola atau revenue model yang unik dari model bisnis;
- Customer Development yaitu serangkaian proses validasi untuk membuktikan atau merubah asumsi menjadi fakta. Proses validasi ini ada validasi asumsi masalah-solusi, validasi customer, hingga pivot (banting setir). Customer Development adalah tentang mempertanyakan asumsi bisnis inti UKM. Customer Development adalah suatu kerangka kerja empat langkah untuk menemukan dan memvalidasi bahwa UKM telah mengidentifikasi pasar untuk produk UKM, membangun fitur produk yang tepat yang memecahkan kebutuhan pelanggan, menguji metode yang benar untuk memperoleh dan mengkonversi pelanggan, dan menggunakan sumber daya yang tepat untuk memperbesar skala bisnis.
MATERI TRAINING CUSTOMER DEVELOPMENT MODEL
- Business Model Design (BMD)
- Customer Development Model (CDM)
INSTRUKTUR TRAINING
Dr. Awan Kostrad Diharto dan tim
TEMPAT TRAINING
Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)
DURASI TRAINING
2 days
- 27 Jan 2020-28 Jan 2020
- 19 Feb 2020-20 Feb 2020
- 23 Mar 2020-24 Mar 2020
- 27 Apr 2020-28 Apr 2020
- 06 Mei 2020-07 Mei 2020
- 17 Jun 2020-18 Jun 2020
- 27 Jul 2020-28 Jul 2020
- 20 Agust 2020-21 Agust 2020
- 01 Okt 2020-02 Okt 2020
- 21 Okt 2020-22 Okt 2020
- 18 Nop 2020-19 Nop 2020
- 28 Des 2020-29 Des 2020
INVESTMENT PRICE/PERSON :
- Rp. 4.500.000/person (full fare) or
- Rp. 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
- Rp. 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
- Training Module
- Flash Disk contains training material
- Certificate
- Stationeries: NoteBook and Ballpoint
- T-Shirt
- Backpack
- Training Photo
- Training room with Full AC facilities and multimedia
- Lunch and twice coffeebreak every day of training
- Qualified Instructor
- Transportation for participants from hotel of participants to/from hotel of training – VV (if minimal participants is 4 persons from the same company)
MEMBUAT MODEL CUSTOMER DEVELOPMENT (MCD) (MODEL PENGEMBANGAN PELANGGAN)