Dasar-dasar Manajemen Pembelian
Acara
20 s.d 22 Agustus 2013 | Rp. 6.000.000,-/participant di Hotel Ibis Styles, Yogyakarta
27 s.d 29 Agustus 2013 | Rp. 6.000.000,-/participant di Hotel Ibis Styles, Yogyakarta
3 s.d 5 September 2013 | Rp. 6.000.000,-/participant di Hotel Ibis Styles, Yogyakarta
10 s.d 12 September 2013 | Rp. 6.000.000,-/participant di Hotel Ibis Styles, Yogyakarta
DESKRIPSI MANAJEMEN PEMBELIAN
Departemen atau bagian purchasing/pembelian merupakan bagian penting pada perusahaanmanufacturing yang bertanggung jawab terhadap pengadaan dan pengelolaan material. Umumnya pada perusahaan manufacturing antara 50 –70% adalah berupa biaya produksi. Jika laba terletak dalam biaya-biaya, maka peran purchasing sangat besar dalam kegiatan usaha perusahaan. Isi pelatihan Manajemen Pembelian mencakup strategi pengadaan dan pengelolaan material, penanganan dan pengendalian supplier, dan pengendalian material.
Kegiatan pembelian adalah proses penting dalam pencapaian tujuan perusahaan, sehingga diperlukan pelatihan manajemen pembelian untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan perusahaan secara efisien.
TUJUAN TRAINING MANAJEMEN PEMBELIAN
Setelah mengikuti pelatihan manajemen pembelian, peserta pelatihan manajemen pembelian diharapkan mampu:
- Memahami kontribusi departemen atau bagian purchasing terhadap management.
- Merencanakan pengadaan material.
- Mengenali metode-metode pemesanan.
- Mengendalikan supplier dan material.
- Memahami strategi dan cara negosiasi pembelian, mulai dari keputusan pembelian, pemilihan suplier, dan negosiasinya
- Memahami pelaksanaan pembelian hingga ke administrasi dan evaluasinya
MATERI TRAINING MANAJEMEN PEMBELIAN
TAHAP I : NEGOSIASI DAN STRATEGI PEMBELIAN
Deskripsi secara umum tentang fungsi pembelian, organisasi departemen pembelian, hubungan departemen pembelian dengan departemen lain serta etika pembelian.
- Prinsip-prinsip dalam menetapkan sasaran pembelian.
- Pertimbangan membeli atau bikin sendiri.
- Strategi pembelian dengan metode Bidang Hasil Pokok (Key Result Areas) dan analisis SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, Threats) yang dilengkapi dengan beberapa taktik pembelian sehingga tercapai penghematan bagi perusahaan.
- Perencanaan dan pengendalian sediaan dengan pendekatan Pareto, sistem pemesanan ReOrder Point system (ROP system) untuk produksi rutin dan Material Requirement Planing system (MRP system) untuk produksi yang tidak rutin yang dilengkapi pula dengan sistem sediaan pengaman untuk menghindari habis sediaan (stock out) serta perhitungan Economic Order Quantity untuk mencapai biaya penyimpanan yang minimum.
- Negosiasi pembelian.
Meliputi pembahasan tentang persyaratan negosiator yang baik, lima langkah dasar penyiapan negosiasi, strategi dan taktik perundingan, aspek hukum pembuatan kontrak pembelian serta arbitrasi bila terjadi pelanggaran terhadap isi kontrak.
- Operasi pembelian.
Meliputi pembahasan tentang survai pembelian, beberapa formulir yang diperlukan dalam pembelian barang, pemilihan pemasok yang baik serta gambaran prosedur pembelian yang biasanya dilakukan.
TAHAP II : Metode Pemesanan :
- Jadwal waktu pemesanan
- Metode perhitungan jumlah pesanan
- Daftar material
TAHAP III : PROSES PEMBELIAN
- Proses pemindahan barang.
Meliputi pembahasan tentang jenis alat angkut yang bisa dipakai serta berbagai syarat penyerahan barang yang dibeli.
- Penilaian prestasi.
Meliputi pembahasan tentang tujuan penilaian prestasi pembelian, landasan penilaian, metode penilaian baik terhadap departemen pembelian perusahaan yang bersangkutan ataupun pemasok untuk menjamin tercapainya sasaran pembelian.
- Analisis Nilai (Value Analysis) meliputi peran analisis nilai, Teori Nilai, metode analisis nilai dan langkah analisis nilai untuk melakukan program penghematan serta meningkatkan kualitas produk perusahaan.
- Studi kasus sebagai contoh penerapan prinsip-prinsip manajemen pembelian yang efektif.
INSTRUKTUR TRAINING MANAJEMEN PEMBELIAN
Josef Hernawan Nudu, S.T., M.T
PESERTA TRAINING MANAJEMEN PEMBELIAN
Karyawan, supervisor atau staf dibagian pemesanan/pembelian, penerimaan, dan penyimpanan material.
METODE TRAINING MANAJEMEN PEMBELIAN
- Presentation
- Discussion
- Case Study
- Evaluation
- Pre-Test & Post-Test
- Games
Jadwal 2013
Training Dasar-dasar Manajemen Pembelian
- 20 s.d 22 Agustus 2013
- 27 s.d 29 Agustus 2013
- 3 s.d 5 September 2013
- 10 s.d 12 September 2013
- 24 s.d 26 September 2013
- 1 s.d 3 Oktober 2013
- 16 s.d 18 Oktober 2013
- 22 s.d 24 Oktober 2013
- 6 s.d 8 November 2013
- 12 s.d 14 November 2013
- 19 s.d 21 November 2013
- 26 s.d 28 November 2013
- 3 s.d 5 Desember 2013
- 10 s.d 12 Desember 2013
- 26 s.d 28 Desember 2013
- Hotel Ibis Styles Dagen Malioboro Yogyakarta
- Pukul 08.00 – 16.00 WIB
(In House Training Depend on request)
Semarang, Solo, Bandung, Jakarta, Balikpapan, Surabaya, Bali, Lombok and Batam
INVESTASI TRAINING MANAJEMEN PEMBELIAN
- Fee course : Rp. 6.000.000,-/participant (non residential) Minimal 2 peserta
- Rp. 5.000.000,-/participant ( non residential ) Minimal 3 peserta
- Rp. 4.000.000,-/ participant ( non residential) min. 4 peserta
FASILITAS TRAINING MANAJEMEN PEMBELIAN
- Training Module
- Free High Quality Electronic Books
- Certificate
- Jacket or Batik
- Qualified Bag
- Training Photo
- Training room with full AC facilities and multimedia
- Once lunch and twice coffee break every day of training
- Qualified Instructor
Fundamentals of Purchasing Management