Dasar-Dasar Pengembangan Kapasitas Masyarakat di Lokasi Perusahaan
Acara
21 – 23 May 2015 | IDR 5.800.000 di Dafam fortuna Hotel, Yogyakarta
22 – 24 June 2015 | IDR 5.800.000 di Dafam fortuna Hotel, Yogyakarta
02 – 04 Augustus 2015 | IDR 5.800.000 di Dafam fortuna Hotel, Yogyakarta
05 – 07 November 2015 | IDR 5.800.000 di Dafam fortuna Hotel, Yogyakarta
17 – 18 Desember 2015 | IDR 5.800.000 di Dafam fortuna Hotel, Yogyakarta
DESCRIPTION DASAR – DASAR PENGEMBANGAN KAPASITAS MASYARAKAT
Banyak pihak sekarang ini menyoroti adanya fakta bahwa kapasitas masyarakat, yang mencakup komitmen, sumberdaya, dan keahlian kolektif masyarakat, mulai menunjukkan kecenderungan yang memprihatinkan. Banyak hal yang menyebabkan tingkat kapasitas masyarakat ini berkurang, diantaranya semakin menonjolnya budaya indiviualisme, kemiskinan yang semakin masif, rendahnya inisiatif kepemimpinan lokal, dukungan anggaran yang minim dan memudarnya modal sosial masyarakat.
Dalam situasi masyarakat yang semakin dipenuhi dengan beragam permasalahan, maka perhatian dan upaya strategis untuk lebih memberdayakan kapasitas masyarakat sangatlah diperlukan. Upaya-upaya pengembangan kapasitas masyarakat yang selama ini dimotori oleh kalangan LSM (NGO) atau Ormas sosial lainnya dipandang tidak cukup untuk mendongkrak performa kapasitas masyarakat. Kapasitas masyarakat perlu lebih diberdayakan oleh semua pihak, terutama dari kalangan pemerintahan dan dunia swasta secara sinergis, dengan didukung program kerja dari LSM (NGO) dan Ormas sosial lainnya.
Workshop ini dimaksudkan sebagai bagian dari upaya dan aksi membangun investasi strategis untuk menumbuhkan dan memperkuat kapasitas masyarakat, yang mencakup kelompok-kelompok masyarakat, tokoh-tokoh lokal dan lembaga lokal yang diharapkan dapat menjadi motor penggerak kesejahteraan masyarakat.
WHO SHOULD ATTEND
- Directors / General Manager
- Division Managers / Marketing Managers / Product Managers / Brand Managers / Sales Managers
- Senior Marketing Specialist
- Corporate Planners
- Marketing Supervisor, Senior Staff in Marketing
OBJECTIVE DASAR – DASAR PENGEMBANGAN KAPASITAS MASYARAKAT
- Memahami konsep kapasitas mayarakat dan bagaimana rencana aksi pengembangan dan pemberdayaannya
- Memahami peran strategis yang dapat dijalankan oleh masyarakat untuk meningkatkan kapasitasnya secara sinergis
- Memberi perspetif dan pemahaman atas atribut-atribut dukungan program yang berorientasi pada peningkatan kapasitas masyarakat
- Memahami konsep strategis dan teknis atas berbagai program peningkatan kapasitas masyarakat dan lembaga-lembag lokal
- Memahami konsep aplikatif dari program peningkatan kapasitas masyarakat dan lembaga-lembaga lokal.
SUMMARY OUTLINE DASAR – DASAR PENGEMBANGAN KAPASITAS MASYARAKAT
- Konsep Kapasitas Masyarakat, Kelompok Masyarakat dan Dasar-Dasar Kemasyarakatan
- Program Kepemimpinan Lokal dalam Masyarakat
- Kapasitas Sumberdaya Masyarakat
- Komitmen Organisasi dan Sosial
- Kewirausahaan dan Kepemimpinan di dalam Masyarakat
- Inisiatif-Inisiatif Lokal di dalam Masyarakat
- Diskusi Kasus Aktual
COURSE METHOD
- Presentation
- Discuss
- Case Study
- Evaluation
- Simulation
COURSE SPEAKER
Irfan Riza, SE, MSc, MA (CM)
(Certified Mediator and Senior Consultant in Conflict Transformation, CSR based on ISO 26000, Social Audit, Government Relations, Community Building and Development )
TIME & VENUE
- Dafam fortuna Hotel Jl. Dagen 60 Malioboro, Yogyakarta
- 21 – 23 May 2015
- 22 – 24 June 2015
- 02 – 04 Augustus 2015
- 05 – 07 November 2015
- 17 – 18 Desember 2015
3 days
08 am – 04 pm
In House Training:
Depend on request
FEE
IDR 5.800.000,- Per Participant non residential
FACILITY
- Module / Handout
- Certificate
- Souvenir
- Training Kit