Document Filing System
Acara
30 September – 2 Oktober 2013 | Rp. 6.500.000 di Golden Flower Hotel, Bandung
DESKRIPSI
Pengelolan arsip atau dokumen (Document Filing System) secara sistematis dan terintegrasi sangat diperlukan dalam mendukung kegiatan operasional perusahaan sehari hari. Pemahaman tentang bagaimana mengarsip,mengelola dan mengontrol dokumen sangat vital dalam penyediaan informasi yang up to date dan tepat bagi perusahaan. Pemanfaatan system informasi dan teknologi filing system merupakan kebutuhan yang tidak terelakkan lagi dalam memanage data dan dokumen yang riil time. Training ini akan membahas tentang bagaimana melakukan pengarsipan dan pengelolan dokumen kantor sehingga dokumen selalu dalam keadaan siap diperlukan, up to date dan dalam keadaan terkontrol.
TUJUAN
Peserta memahami dan dapat mengimplementasikan pola penyimpanan arsip atau document control yang efektif, cepat dan tepat serta efisien serta mampu memanfaatkan sistem informasi filing system.
POKOK BAHASAN DOCUMENT FILING SYSTEM
1. Ruang lingkup dokumen control dan filing system
2. Dokumentasi dan Pengarsipan
- Pengertian arsip dan pengelolaan arsip
- Jenis arsip
- Tujuan Pengelolaan Arsip
- Penggandaan dan pendistribusian arsip
- Penataan arsip (klasifikasi dan pengkodean arsip)
- Pemeliharaan dan penyimpanan arsip vital
- Peminjaman arsip
- Penyusutan arsip
- Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengelolaan arsip
3. Sistem Pemberkasan Dokumen
- Pengawasan berkas terpusat dan tersebar berbasis analisis bisnis, Prinsip klasifikasi,
- Klasifikasi abjad: sistem kamus, sitem ensiklopedia dan sistem geografis, dan klasifikasi angka, sistem pemberkasan desimal, sistem pemberkasan kronologis, dan klasifikasi alfanumerik,
- Pengindeksan dan Kualitas indeks,
- Pengindeksan kata penting (KWIC and KWOC),
- Pengindeksan alfabetikal,
- Prosedur pemeliharaan berkas,
- Pengawasan berkas,
- Pengelompokan berkas,
- Disposisi,
- Pengelolaan ruang berkas, dan
- Masalah umum pemberkasan.
4. Manajemen Dokumen Elektronik
- Perencanaan
- Survei dokumen dan informasi,
- Penilaian dokumen
- Meta data dan kebijakan
- Strategi kontekstual
- Keamanan dan kualitas, dan preservasi informasi
PESERTA
Pimpinan (manajer/supervisor/head section) atau support personnel (staf Administrasi/Sekretaris) yang terlibat dalam kegiatan administrasi kantor atau pengarsipan dokumen perusahaan
METODE TRAINING
- Presentation
- Diccussion
- Case Study
- Evaluation
Instructor by
Budi Sutedjo Dharma Oetomo
BIAYA PELATIHAN
Rp. 6.500.000,- / Participant / NON Residential
(Quota min. 3 Participants)
WAKTU & TEMPAT
30 September – 2 Oktober 2013
Golden Flower Hotel, Bandung
FASILITAS
- Training Kit
- Handout
- Certificate
- Lunch + 2 X Coffee Break
- Souvenir