Effective Communication at Work
Acara
02 – 03 Mei 2016 | Rp. 3.245.000 di Hotel/ Executive Club*, Jakarta
11 – 12 Juli 2016 | Rp. 3.245.000 di Hotel/ Executive Club*, Jakarta
01 – 02 September 2016 | Rp. 3.245.000 di Hotel/ Executive Club*, Jakarta
24 – 25 November 2016 | Rp. 3.245.000 di Hotel/ Executive Club*, Jakarta
Pengantar
Sukses seorang professional tidak bisa lepas dari kepiawaiannya dalam berkomunikasi. Kemampuan seseorang untuk menyampaikan buah pikiran, bantahan ataupun dukungan kepada para stakeholders menjadi penentu keberhasilan dalam karirnya. Keahlian dalam bidang tertentu wajib diikuti oleh kemampuan berkomunikasi (communication skill) yang baik dan memadai agar keahlian individu tadi dapat dirasakan dimanfaatkan orang lain dan perusahaan tempatnya bekerja.
Tidak peduli seberapa berbakatnya seseorang, betapapun unggulnya sebuah produk, atau seberapa kuatnya sebuah kasus hukum, kesuksesan tidak akan pernah diperoleh tanpa penguasaan ketrampilan komunikasi yang efektif. Apakah anda sedang mempersiapkan presentasi, negosiasi bisnis, melatih tim bola basket, membangun sebuah teamwork, bahkan menghadapi ujian akhir gelar kesarjanaan, maka efektifitas komunikasi atau effective communication akan menentukan kesuksesan anda dalam kegiatan-kegiatan tersebut. Kemampuan anda dalam mengirimkan pesan atau informasi dengan baik, kemampuan menjadi pendengar yang baik, kemampuan atau ketrampilan menggunakan berbagai media atau alat audio visual merupakan bagian penting dalam melaksanakan komunikasi yang efektif.
Sebaliknya, kegagalan sebuah interaksi banyak dipengaruhi oleh ketidak mampuan pihak-pihak yang terkait. Solusi yang produktif baru akan tercapai bila pihak-pihak yang terlibat menggunakan kiat-kiat berkomunikasi efektif sehingga pembicaraan bermakna, ‘nyambung’ dan akurat. Keterampilan dalam komunikasi verbal mau pun non verbal; lisan maupun tulisan akan sangat meningkatkan efektivitas dan dapat diharapkan berdampak positif terhadap kinerja seseorang, sekelompok bahkan sebuah organisasi. Diperlukan ketrampilan khusus agar seseorang terbiasa melakukan komunikasi efektif pada saat yang tepat. Untuk ini pula dibutuhkan kemampuan menyimak/ mendengar aktif dan memahami ‘bahasa tubuh’ mitra komunikasi
Melalui pelatihan ini kita dapat: Melihat adanya korelasi sikap mental kita dengan kemampuan berkomunikasi, memahami tentang berbagai tipe kepribadian, serta bagaimana menyesuaikan diri dengan mereka. Pelatihan ini juga akan memberikan pemahaman tentang assertiveness dan bagaimana cara memberikan umpan balik secara asertif serta dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara tertulis.
Melalui metoda pelatihan yang atraktif sekaligus interaktif peserta akan belajar bagaimana cara meningkatkan kemampuan presentasi bisnis yang efektif, memahami pentingnya kerja sama dan membina hubungan kerja yang positif, serta tata cara berkomunikasi efektif di tempat kerja.
Manfaat Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan ini peserta akan:
- Memiliki sikap mental positif kepada diri dan orang lain sebagai modal berkomunikasi efektif
- Memahami perbedaan kepribadian yang mempengaruhi gaya komunikasi setiap orang
- Merasa lebih fleksibel dalam berkomunikasi dan menghilangkan kendala psikologis yang ada
- Memahami pentingnya aspek non-verbal dalam komunikasi dan cara memperbaiki gaya berkomunikasi
- Mempelajari pentingnya sikap asertif agar dapat mengutarakan sikap yang tepat
- Memahami cara memberikan feedback kepada orang lain dengan pola yang asertif
- Memahami bagaimana pola komunikasi yang tepat dalam sebuah tim kerja
- Memahami pentingnya membina hubungan kerja yang sehat dan kondusif
- Memahami dasar-dasar dalam komunikasi tertulis di dunia kerja (mis: membuat laporan)
- Memahami tata cara menyajikan presentasi yang efektif
- Mampu melakukan presentasi sederhana di depan teman kerja
- Memiliki keinginan untuk selalu meningkatkan diri untuk meraih kinerja terbaik
Outline Pelatihan Effective Communication at Work
- Positive Mental Attitude
- Personality and Communication Style
- Enlarging Our Comfort Zone
- Improving Non-Verbal Communication
- Assertiveness, Balance in Communication
- Giving Feedback Successfully
- Building Clear Communication in Team
- Human Relations Aspect
- Writing Your Report Effectively
- Presenting Your Oral Report
Siapa yang Perlu Mengikuti Pelatihan ini?
Manager, Supervisor, atau Group Leader
Metoda Pelatihan
Practice, Exercise, Presentation, Studi kasus, Diskusi Kelompok, Role Play, Multimedia, & games,
Fasilitator
Surjo Sulaksono telah memiliki pengalaman kerja di bidang SDM selama 17 tahun dan telah memimpin lebih dari 550 angkatan untuk Program Pengembangan Sumber Daya Manusia, spesialisasi pada Soft Skill Training pada perusahaan Nasional dan International seperti Bank Indonesia, Bank Rakyat Indonesia, Bank Negara Indonesia, PT. Bank Mandiri, PT. PLN, Asuransi Wahana Tata, Terumo Coorporation, PT. Mekhtan Babakan Tujuh Utama, Asuransi Lippo Life, Lippo Bank, PT. Danareksa (Persero), Yayasan Jantung Indonesia, PT. Pos Indonesia, Indosat, Indomarco Group, Kondur Petroleum S.A, Universitas Trisakti, Metro Dept. Store. PT. Eisai Indonesia, PT. Matahari Putra Prima Tbk, PT. Tri Polyta Indonesia Tbk, PT. Perusahaan Gas Negara, Pertamina, Intraco, Hero Supermarket, RAPP, Astra Credit Company, Federal International Finance, Eka Life, Wahana Tata, WOM Finance, ING-Aetna Life, dll
Karir di bidang Human Resources dimulai sebagai seorang Licensed Instructor dan HRD Consultant Dale Carnagie Int. USA (1993 – 1994). Dan Konsultan HR dan CS di PQM Consultant (2001-2003). Instruktur Senior dan Direktur Pemasaran di Multi Training Center ( 2003-2007)
Pengalaman praktis diperoleh sebagai Training & Information Manager di PT. Wicaksana Overseas International Group (1994 – 1996) dan Training Manager di Modern Group (1996 – 1998).
INVESTASI
- Rp. 3.245.000 (Bayar penuh)
TEMPAT
Training Communication at Work akan dilaksanakan di Hotel di Jakarta yang akan kami konfirmasikan di dalam confirmation letter.
- Hotel Manhattan, Jakarta
- Hotel Harris, Tebet, Jakarta Selatan
- Apartment Batavia, Jakarta
- Estubizi Business Center
Effective Communication at Work