EFFECTIVE COMMUNICATION SKILL
ACARA
05 – 06 April 2020 | Rp 4.000.000,- di Hotel Fave Melawai/ Amos Cozy, Jakarta
03 – 04 Mei 2020 | Rp 4.000.000,- di Hotel Fave Melawai/ Amos Cozy, Jakarta
03 – 04 Juni 2020 | Rp 4.000.000,- di Hotel Fave Melawai/ Amos Cozy, Jakarta
Jadwal Training 2020 Selanjutya …
LATAR BELAKANG
Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari memegang peranan yang sangat penting, hal ini dikarenakan komunikasi memiliki fungsi untuk menghubungkan keinginan seseorang kepada orang lain. Secara spesifik komunikasi menjalankan empat fungsi : fungsi kendali (control, pengawasan), motivasi, pengungkapan emosional dan informasi. Komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku anggota dengan beberapa cara. Setiap organisasi mempunyai hierarki wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan.
Komunikasi menghubungkan satu dengan lainnya, dan kita pahami bahwa satu organisasi didalamnya terlibat karyawan yang memiliki karakteristik dan sifat yang berbeda-beda sehingga besar sekali peluangnya untuk terjadi kesalahan informasi yang disampaikan dalam komunikasi.
Terdapat dua jenis komunikasi yaitu komunikasi formal dan informal, kedua jenis komunikasi ini selalu hadir dalam setiap aktivitas manusia. Selain hal tersebut, dalam komunikasi dikenal juga bentuk komunikasi verbal dan komunikasi non verbal, kedua bentuk ini juga selalu hadir dalam setiap aktivitas manusia.
Beberapa litelatur menjelaskan bahwa salah satu penyebab utama timbulnya konflik disfungsional atau konflik yang menghambat produktivitas kerja organisasi adalah kesalahan dalam komunikasi atau miss communication. Komunikasi yang efektif perlu dibangun dalam suatu organisasi untuk menghasilkan nilai maximm, sehingga akan terjadi akselerasi nilai positif bagi setiap karyawan. Kemampuan komunikasi masing-masing orang adalah berbeda, dan sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Oleh sebab itu, untuk mencapai efektifitas komunikasi setiap karyawan harus mampu memahami unsur-unsur komunikasi, bagaimana berkomunikasi secara efektif, dan bagaimana membangun emosi cerdas untuk komunikasi efektif.
MAKSUD DAN TUJUAN TRAINING EFFECTIVE COMMUNICATION SKILL
· Meningkatkan kemampuan SDM untuk memahami bagaimana komunikasi dibangun dalam suatu organisasi bisnis sehingga akan berdampak pada kelancaran organisasi.
· Meningkatkan pemahaman peserta pelatihan akan kemampuan untuk membangun komunikasi melalui komunikasi verbal dan non verbal.
· Bagaimana mengelola emosi secara positif untuk membangun komunikasi efektif antar anggota organisasi.
Siapa harus hadir
Manajer dan staf dari semua fungsi dalam manajemen (Pemasaran, Produksi, Keuangan dan Sumber Daya Manusia)
MATERI TRAINING EFFECTIVE COMMUNICATION SKILL
1. Konsep komunikasi dan perananya dalam suatu organisasi bisnis.
Pada bagian ini akan disampaikan hal-hal yang berhubungan dengan : konsep komunikasi, tujuan komunikasi, memahami jenis-jenis komunikasi dalam organisasi bisnis,
2. keterampilan komunikasi antar pribadi ( Interpersonal),
Pada bagian ini akan disampaikan hal-hal yang berhubungan dengan kemampuan komunikasi atau interpersonal communication, yang berhubungan dengan self conceps, tipe dan hambatan komunikasi, faktor kredibilitas, konsep diri, faktor emosi, status, peran, skill, prasangka/sikap, sikap komunikator ( empathy, kewajaran, respek, membuka diri), jaringan komunikasi, komunikasi formal dan in formal, bagaimana berkomunikasi pada jaringan formal, komunikasi efektif pada jaringan non formal, etika dan etiket komunikasi
3. Komunikasi arsetif
Pada bagian ini akan disampaikan hal-hal yang berhubungan dengan membangun komunikasi arsetif, permissive, arsetif, agresif, asseritiveness,tip untuk arsetiv,
4. Komunikasi Non Verbal
Pada bagian ini akan disampaikan hal-hal yang berhubungan dengan komunikasi non verbal, konsep, effektifitas, bahasa tubuh positif dan bahasa tubuh negatif, faktor budaya pada komunikasi non verbal, etiket dan etika komunikasi.
5. Emosi Cerdas untuk komunikasi efektif
Hal-hal yang akan disampaikan adalah bagaimana membangun emosi secara cerdas sehingga akan melahirkan komunikasi secara efektif : etika sosial, agama dan hukum dalam komunikasi, memahami kebutuhan dasar emosi manusia dalam komunikasi, membangun kemampuan empathy, emosi dari sudut pandang psikologi, prinsip dasar emosi, problematika emosi dalam komunikasi, emosi reaktif dan emosi proaktif dalam komunikasi, praktek menumbuhkan emosi cerdas dalam komunikasi,
METODOLOGI PELATIHAN
Fokus pada pelatihan aktif, presentasi, interaktif, diskusi kelompok, brainstorming, bermain peran, berpikir kreatif, simulasi, belajar dalam kompetisi permainan, studi kasus, latihan, bimbingan, diskusi, perenungan, experiential learning, icebreaker.
Instructor
Lisa Nuryanti
Trainer, Business & Sales Coach, Counselor dengan pengalaman 20 tahun Spesialisasi di bidang : Communication , , Motivational, Leadership, , Negosiasi, Coaching & Counseling
Certified dalam berbagai kompetensi dari lembaga local maupun Internasional:
- Certified of Six Thinking Hats (Creative Thinking )
- Certified of Sales Coach
- Certified Behavior Analyst (CBA)
- Certified of Hypnotherapy (CHt) dari Indonesia Board of Hypnosis (IBH)
Certified Coach Practitioner (CCP)
TEMPAT TRAINING
Fave Melawai/ Amos Cosy Hotel Melawai – Jakarta Selatan
- 05 – 06 April 2020
- 03 – 04 Mei 2020
- 03 – 04 Juni 2020
- 01 – 02 Juli 2020
- 03 – 04 Agustus 2020
- 01 – 02 September 2020
- 01 – 02 Oktober 2020
- 02 – 03 November 2020
- 01 – 02 Desember 2020
INVESTASI TRAINING
- Rp 4.000.000,- / Peserta Non-Residential.
- Sudah termasuk Meeting Package, Training Kits, Snack, Foto 10R, Modul Pelatihan dan Sertifikat.