EXCELLENT SUPERVISORY
ACARA
27 – 30 April 2020 | Rp 8.500.000/ peserta di Bandung
12 – 15 Mei 2020 | Rp 8.500.000/ peserta di Bandung
15 – 18 Juni 2020 | Rp 8.500.000/ peserta di Bandung
Jadwal Training 2020 Selanjutnya …
PENGANTAR
Posisi supervisor (penyelia atau pengawas) menempati peran yang sangat penting di dalam suatu perusahaan. Di satu sisi, supervisor merupakan wakil manajemen yang terdekat dengan karyawan. Oleh karenanya, ia memiliki fungsi yang vital karena harus mampu menerjemahkan visi dan misi perusahaan ke dalam program-program kerja serta mampu menggerakkan karyawan untuk mencapai sasaran perusahaan. Di sisi lain, supervisor mengemban amanah untuk mampu menyerap dan mengkomunikasikan aspirasi karyawan sebagai masukan bagi perusahaan untuk menjaga situasi dan kondisi yang kondusif bagi terpeliharanya produktivitas yang maksimal dan kinerja yang optimal. Jabatan supervisor juga merupakan jabatan kritis bagi karir seseorang karena keberhasilannya menjadi supervisor akan menentukan karirnya di kemudian hari. Oleh karena itu, seorang supervisor perlu memiliki serangkaian pengetahuan dan keahlian tertentu agar mampu menjalankan fungsi dan perannya dengan baik. Pelatihan ini merupakan peta penunjuk jalan menuju supervisor yang excellent di suatu perusahaan
MATERI TRAINING EXCELLENT SUPERVISORY
1. Peran dan fungsi supervisor dalam manajemen perusahaan
Materi ini membahas tentang pentingnya manajemen dalam suatu perusahaan, fungsi-fungsi manajemen (planning, organizing, actuating, dan controlling), level manajemen dan manajerial, peran dan fungsi supervisor dalam hubungannya dengan manajemen perusahaan maupun kelompok kerja; serta kompetensi yang harus dimiliki supervisor agar dapat melaksanakan perannya dengan baik.
2. Proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian yang efektif
Materi ini membahas tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam proses perencanaan (outcome setting, penetapan key performance indicator, serta internal dan eksternal analysis dalam menyusun program kerja), pengorganisasian (struktur organisasi, span of control, dan job analysis), pelaksanaan, dan pengendalian (monitoring dan evaluasi); penyusunan proposal program kerja, penyusunan Standar Operating Procedure, dan penyusunan laporan hasil pelaksanaan program kerja.
3. Mengatur diri dan manajemen waktu
Materi ini membahas tentang pentingnya pengelolaan waktu yang efektif bagi seorang supervisor, teknik-teknik pengelolaan waktu yang efektif, pengaturan diri agar mampu mengelola waktu secara efektif, pengelolaan rapat yang efektif, serta teknik pengelolaan stress yang baik.
4. Seni berkomunikasi secara efektif baik secara persuasif maupun asertif
Materi ini membahas tentang pengertian komunikasi yang efektif, pentingnya supervisor memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif, teknik-teknik komunikasi yang efektif, tips agar mampu menjadi pendengar yang baik, pengertian dan teknik komunikasi persuasif, pengertian dan teknik komunikasi asertif, serta teknik presentasi yang efektif.
5. Kepemimpinan, teknik mempengaruhi, dan memberikan perintah yang efektif
Materi ini membahas tentang pengertian kepemimpinan, ukuran efektivitas kepemimpinan, gaya-gaya kepemimpinan yang efektif untuk situasi tertentu, serta jenis-jenis pengaruh yang bisa diterapkan oleh seorang pemimpin untuk membangun komitmen dan loyalitas karyawan.
6. Teknik memotivasi : membuat karyawan bergerak dan mendapatkan hasil
Materi ini membahas tentang pengertian motivasi, faktor-faktor yang bisa mempengaruhi motivasi karyawan, serta teknik-teknik memotivasi yang efektif guna mendapatkan kinerja karyawan yang unggul.
7. Menjaga perdamaian : menyelesaikan konflik dan menangani masalah
Materi ini membahas tentang pengertian konflik, faktor-faktor penyebab konflik, teknik penyelesaian konflik, identifikasi masalah, serta langkah-langkah dalam memecahkan masalah (termasuk penggunaan problem solving tools).
8. Meningkatkan kemampuan karyawan : empowering (pemberdayaan), coaching (bimbingan), and counceling (konsultasi)
Materi ini membahas tentang pengembangan karyawan melalui pendelegasian yang efektif, training, dan replacement (rotasi atau promosi), sistem umpan balik atau feedback yang efektif, penilaian kinerja yang baik, serta teknik menangani karyawan yang sulit.
9. Menciptakan kepuasan pelanggan eksternal dan internal
Materi ini membahas tentang jenis pelanggan perusahaan, pentingnya supervisor memiliki sikap “customer oriented”, hal-hal yang harus dilakukan guna mencapai tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi, serta cara mengukur kepuasan pelanggan.
MANFAAT YANG DIPEROLEH
Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan :
- Mengerti dan menyadari fungsi dan peran supervisor dalam hubungan dengan manajemen perusahaan maupun kelompok kerja.
- Memahami teknik merencanakan, mengorganisasikan, mengimplementasikan rencana-rencana operasionalisasi tugas harian secara efektif dan efisien berdasarkan skala prioritas.
- Memahami teknik mempengaruhi, mengarahkan, meyakinkan dan memotivasi karyawan untuk menjalankan fungsi kerjanya, serta memahami prinsip-prinsip masalah supervisi staf secara individual.
- Memahami cara-cara untuk membangun tim kerja yang solid, menciptakan saling pengertian dan mengembangkan kerja sama untuk mencapai tujuan perusahaan.
- Memahami cara-cara untuk mengembangkan staf sehingga dapat berprestasi lebih baik.
- Memahami cara-cara untuk menciptakan kepuasan pelanggan eksternal dan internal yang tinggi dalam melakukan pekerjaan.
SIAPA YANG SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI
Supervisor/head section/kepala regu/kepala unit, serta staf di bagian administrasi, kesekretariatan, atau di lapangan yang akan dipromosikan menduduki jabatan supervisor/head section/kepala regu/kepala unit
INSTRUKTUR
Ir. Hendang Setyo Rukmi, MT dan Ir. Lukmanulhakim Almamalik, MT
Ir. Hendang Setyo Rukmi, MT. is a professional instructor in business and management, especially regarding Industrial Psychology, Organizational Behaviour, and Human Resources Management (topics : self development, motivation, leadership/supervisory, teamwork, stress and time management, problem solving and decision making, assertif behaviour, conflict management, negotiation, etc.); Communication (topics : bussiness letter writing, report writing and presentation skill, effective communicaton skill, etc.); Logistic Management (topics : procurement/purchasing, inventory control, warehousing, distribution, and supply chain management); Quality Management (topics : service quality management, costumer service and complaint handling, etc.); Project Management, Contract Management, Engineering Economic, Cost Accounting and Financial Management (topics : budgetting, cost control, etc); Office Management and Filling System. She is undergraduate and master’s from Industrial Management and Engineering ITB and has international and nationally training experience. She is also lecturer in several university in Bandung (Institut Teknologi Nasional, Universitas Winaya Mukti, STIA LAN, etc.) and consultant for several companies and government institutional. In addition, he also has research experience at LAPI ITB.
Ir. Lukmanulhakim Almamalik, MT is a professional instructor in business and management, especially regarding Management Information System, Information Technology, System Thinking and System Modelling, Industrial Psychology, Human Resources Management, Communication, Filling System and Office Management, Quality Management, Accounting and Financial Management. He is undergraduate and master’s from ITB (Industrial Management and Engineering) and has international and nationally training experience. He is also lecturer in several university in Bandung (STIA LAN, IPDN, Politeknik Piksi Ganesha, etc.) and consultant for several companies and government institutional. In addition, he also has professional experience at various companies such as PT. Trans-Pacific Petrochemical Indotama, PT. Swadharma Duta Data, PT Media Nusa Komunika, and PT. Talenta Cipta Sarana.
Their clients : PT. Timah Tbk. PT Arun LNG, PT. Batu Bara Bukit Kendi, PT. Chevron Pacific Indonesia, PT. Freeport Indonesia, PT. Medco E&P, PT. Semen Gresik (persero) Tbk., PT. Freefort, PT. Petrochina International, PT. Vico Indonesia, PT. Pertamina, Cnooc Ses Ltd., PT. British Petroleum, PT. Pupuk Kaltim, PT. Badak NGL, PT. Kaltim Pacific Amoniak, PT. Bogasari, PT. Lekomaras, PT. Kaltim Prima Coal (KPC), PT. Star Energi, PT. Siemens, PT. Transportasi Gas Indonesia, PT. Alumina, PT. Aneka Tambang, PT. Mina Mas, PT. Bank Mutiara, PT. Bank Mandiri, PT. Pikiran Rakyat, Departemen Perindustrian RI, Pemda TK II Kota Bandung, Departemen Perhubungan, Kementerian Negara Koperasi dan UKM, Depdagri, etc.
TEMPAT TRAINING
Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll
TRAINING DURATION :
4 days
- 27 Apr 2020-30 Apr 2020
- 12 Mei 2020-15 Mei 2020
- 15 Jun 2020-18 Jun 2020
- 27 Jul 2020-30 Jul 2020
- 18 Agust 2020-21 Agust 2020
- 28 Sep 2020-01 Okt 2020
- 19 Okt 2020-22 Okt 2020
- 16 Nop 2020-19 Nop 2020
- 28 Des 2020-31 Des 2020
HARGA INVESTASI/PESERTA
- 8.500.000/peserta (bayar penuh) atau
- 8.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
- 7.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)
FASILITAS UNTUK PESERTA
- Modul Training
- Flash Disk berisi materi training
- Sertifikat
- ATK: NoteBook dan Ballpoint
- T-Shirt
- Tas
- Foto Training
- Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
- Makan siang dan 2 kali coffeebreak
- Instruktur yang Qualified
- Transportasi untuk peserta dari hotel penginapan ke hotel tempat training – PP (jika peserta minimal dari satu perusahaan ada 4 peserta)
EXCELLENT SUPERVISORY