Grievance Mechanism
ACARA
08 – 09 April 2020 | Rp 5.525.000 di Amaris La Codefin/ Santika Hayam Wuruk, Jakarta
11 – 12 Juni 2020 | Rp 5.525.000 di Amaris La Codefin/ Santika Hayam Wuruk, Jakarta
04 – 05 Agustus 2020 | Rp 5.525.000 di Amaris La Codefin/ Santika Hayam Wuruk, Jakarta
Jadwal Training 2020 Selanjutnya . . .
Membangun Grievance Mechanism Sebagai Langkah Mitigasi Konflik Sosial Antara Perusahaan dan Masyarakat
Konflik sosial kerap kali terjadi antara perusahaan dan masyarakat sekitar, bahkan sering kali menimbulkan gangguan pada operasional perusahaan atau bisa menimbulkan kerusakan. Berbagai faktor menjadi akar masalah terjadinya konflik sosial, yang salah satunya tidak tersalurkannya aspirasi dan permasalahan yang ada di masyarakat hingga bereksalasi menjadi konflik social.
Grievance Mechanism adalah metode efektif untuk menampuh keluhan dan masukan dari masyarakat. Hal ini menjadi penting adalah bagaimana membuat mekanisme tersebut bisa berfungsi dan diterima oleh masyarakat dengan baik.
Setelah mengikuti pelatihan ini maka peserta akan mendapatkan :
- Mampu menganalisa kerentanan, potensi dan sumber konflik antara masyarakat-perusahaan
- Mampu mengidetifikasikan dan menyusun model komunikasi sosial yang tepat antara masyarakat dan perusahaan
- Mampu membuat model – model Grievance Mechanisme yang sesuai dengan kondisi sosial masyarakat
- Membuat frame analisis grievance dan membangun strategi untuk respon pada masyarakat
Materi Pelatihan Grievance Mechanism
Meteri pelatihan adalah sebagai berikut :
Analisis Resiko Sosial (Social risk)
- Paradigma perubahan mendasar sistem keamanan perusahaan pasca reformasi
- Pengenalan sistem sosial dan pendekatan ke masyarakat
- Mengidentifikasikan kerentanan – kerentanan di masyarakat
- Pemetaan potensi konflik pada tiap tahapan operasional perusahaan
- Pengenalan konsep – konsep Grievance Mechanisme
Membangun model Grievance Mechanisme
- Teknik PRA (Participatory Rural Appraisal) membangun grievance mechanisme
- Teknik RRA (Rural Rapid Appraisal) membangun grievance mechanisme
- Model – model grievance non konvensional
Monitoring Grievance Mechanisme
- Management data dan teknis analisis data
- Penyusunan pelaporan dan koordinasi lintas sektor
- Membuat perencanaan respon hasil Grievance Mechanisme
- Best practice : Issues monitoring – SMART monitoring tools
Praktek/Bedah Kasus Grievance Mechanisme
- Praktek membuat dan melakukan bedah kasus dari Grievance Mechanisme yang akan atau sudah dilakukan oleh peserta pelatihan
- Membagi best practices antar peserta
- Rangkuman dan penyimpulan
Lama pelatihan dan jumlah peserta
Pelatihan dilaksanakan selama dua hari efektif , dimana satu hari untuk pendekatan teori dan study kasus, hari kedua adalah untuk praktek secara langsung
Workshop Leader Grievance Mechanism :
I Putu Widhiantara Sri Bangun
Putu Widhiantara; berpengalaman lebih dari 16 tahun dalam bidang pembangunan sosial dan pemberdayaan masyarakat, komunikasi perubahan prilaku dan mitigasi konflik di tingkat regional dan nasional. Pengalaman kerja dengan banyak lembaga internasional seperti : USAID, FAO, UNICEF, UNDP – CPRU (Conflict Prevention and Recovery Unit), ILO, IOM, SAFE-USAID, AED, VSO (program regional : Indonesia,Philipine dan Thailand). Saat ini bekerja sebagai social reseacher pada dua program Bank Dunia dan juga sebagai konsultan integrated risk management di beberapa perusahan ekstratif industri.
- 08 – 09 April 2020
- 11 – 12 Juni 2020
- 04 – 05 Agustus 2020
- 13 – 14 Oktober 2020
- 03 – 04 Desember 2020
Lokasi Training
Amaris Hotel La Codefin / Neo Hotel – Kebayoran / Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk, Jakarta (Tentative)
FEE TRAINING
- Rp. 4.450.000 ,- (REG for 3 person/more; payment 1 week before training)
- Rp. 4.650.000 ,- (REG 2 weeks before; payment 1 week before training)
- Rp. 5.150.000 ,- (On The Spot; payment at the latest training)
- Rp. 5.525.000 ,- (Full fare)
Grievance Mechanism