Butuh Training?

Silakan ketik kebutuhan training Anda di sini. Ada lebih 14.000 topik dan 250.000 event sepanjang tahun 2024

HIMU: AHLI HIGIENE INDUSTRI MUDA – BNSP

Sertifikasi HIMU

TRAINING DAN SERTIFIKASI BNSP

SKEMA AHLI HIGIENE INDUSTRI MUDA

Available

Training Online | Training Offline | Sertifikasi Online

*Jadwal assessment menyesuaikan kesepakatan, setelah kuota terpenuhi

Klik di sini untuk Jadwal Tahunan 2024

DESKRIPSI

Sertifikasi profesi merupakan upaya untuk memberikan pengakuan atas kompetensi yang dikuasai seseorang sesuai dengan Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), standar internasional atau standar khusus. Standar Kompetensi adalah pernyataan yang menguraikan keterampilan, pengetahuan dan sikap yang harus dilakukan saat bekerja serta penerapannya, sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh tempat kerja (industri). Higiene Industri merupakan suatu bidang ilmu yang mempelajari, mengidentifikasi, mengevaluasi dan mengendalikan bahaya yang timbul ditempat kerja yang dapat berdampak terhadap kesehatan. Perkembang ilmu pengetahuan dan tekonologi dibidang industrial hygiene sangat pesat, hal ini disebabkan oleh tingginya tuntutan terhadap perlindungan kesehatan terhadap pekerja. Pekerja merupakan asset perusahaan yang paling berharga dan oleh karenanya kesehatan mereka harus dilindungi agar produktifitas perusahaan dapat terus ditingkatkan. Tanpa pengetahuan yang baik tentang industrial hygiene ditempat kerja maka akan sulit untuk melindungi pekerja dari paparan bahaya ditempat kerja. Program ini berisi training 2 hari dan ujian kompetensi 1 hari guna mendapatkan Sertifikasi BNSP untuk jabatan Ahli Higiene Industri Muda sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 209 Tahun 2008.

TUJUAN

  1. Memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk memahami dan menerapkan konsep industrial hygiene, peraturan atau standar yang berkaitan dengan industrial hygiene perusahaan.

  2. Melakukan analisis bahaya dan risiko kesehatan pada pekerja.

  3. Mengembangkan program pengendalian dan perbaikan industrial hygiene di perusahaan.

  4. Membuat program higiene industri

  5. Membuat program promosi kesehatan kerja

  6. Memastikan kompetensi kerja pada jabatan / pekerjaan Ahli Higiene Industri Muda atau setingkat Operator pada pekerjaan Higiene Industri

MATERI/UNIT KOMPETENSI

  1. Melakukan pekerjaan higiene industri secara professional yang sesuai dengan kode etik profesi

  2. Melaksanakan peraturan dan perundangan Negara Republik Indonesia di bidang K3 yang berkaitan dengan bidang higiene industry

  3. Melaksanakan program higiene industry

  4. Mengantisipasi dan mengenal risiko kesehatan kerja pada saat fase operasi, maintenance dan gawat darurat

  5. Melakukan promosi kesehatan tentang pengetahuan bahaya risiko kesehatan di industry

  6. Melakukan aplikasi sistim informasi higiene industry

  7. Melakukan pengukuran risiko kesehatan kerja di tempat kerja dengan teknik pengumpulan sampel yang benar

  8. Mengikuti perubahan dan kemajuan di bidang profesi higiene industri untuk meningkatkan kemampuannya.

PERSYARATAN PEMOHON SERTIFIKASI

  1. Sarjana S1/D4 teknik, Sarjana K3, minimal pengalaman kerja 6 bulan serta telah mengikuti pelatihan berbasis kompetensi atau pembelajaran lain yang setara terkait dengan skema yang akan diases, atau

  2. Sarjana S1/D4 non teknik, minimal pengalaman kerja 1 tahun dan telah mengikuti pelatihan berbasis kompetensi atau pembelajaran lain yang setara terkait dengan skema yang akan diases, atau

  3. Sarjana D3 teknik, minimal pengalaman kerja 1 tahun dan telah mendapatkan pelatihan berbasis kompetensi serta telah mengikuti pelatihan berbasis kompetensi atau pembelajaran lain yang setara terkait dengan skema yang akan diases, atau

  4. Sarjana D3 non teknik, minimal pengalaman kerja 1 tahun dan telah mendapatkan pelatihan berbasis kompetensi atau pembelajaran lain yang setara terkait dengan skema yang akan diases, atau

  5. SLTA, minimal pengalaman kerja 3 tahun dan telah mendapatkan pelatihan berbasis kompetensi atau pembelajaran lain yang setara terkait dengan skema yang akan diases.

  6. Mempunyai bukti-bukti kompetensi terkait pelaksanaan bidang K3 baik melalui pendidikan berbasis kompetensi atau dari pengalaman di lapangan, seperti :

  1. Bukti pembuatan program kerja aspek Higiene Industr

  2. Bukti praktek penggunaan peralatan Higiene Industri spt Sound level meter, gas test untuk bahan berbahaya, lux meter dll. Disertai hasil pengukurannya.

  3. Bukti contoh identifikasi bahaya kesehatan dan dampaknya terhadap kesehatan di area tempat kerja tahap operasi dan pemeliharaan yang dituangkan dalam form dan tabel khusus.

  4. Bukti pembuatan pelaporan kegiatan HI dengan format standard.

  5. Bukti praktek inspeksi aspek ergonomis ditempat kerja dengan penggunaan tabel Inspeksi.

  6. Bukti pembuatan laporan tertulis hasil inspeksi Kesehatan kerja dan rencana tindak lanjut, prioritas, target waktu dan PIC.

DOKUMEN PERSYARATAN SERTIFIKASI

  1. Pas foto 3×4 (3 lembar).

  2. Copy/scan KTP.

  3. Copy/scan ijazah terakhir.

  4. Copy/scan sertifikat yang relevan.

  5. Curriculum vitae

  6. CV pengalaman kerja/surat keterangan yang relevan.

  7. Portofolio yang relevan.

ALAT UJI

  1. Gas Tester

  2. Sound Level Mater

  3. Lux Meter

  4. Alat Pelindung Diri

METODE TRAINING

Metode pelatihan dapat dilakukan dengan dua metode dimana Peserta dapat memilih metode yang sesuai. Metode tersebut adalah :

  1. Metode Offline Training (Classroom) yaitu:

  1. Instruktur mengajar secara tatap muka dengan durasi 8 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal.

  2. Teknik yang digunakan : presentasi, diskusi, tanya jawab, studi kasus, brainstorming.

  1. Metode Live Online Training (Sinkron) yaitu :

  1. Instruktur mengajar secara LIVE dengan durasi 4 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal.

  2. Media Live training dapat menggunakan Google Meet, atau Zoom.

  1. Ketentuan Online Training :

  1. Persiapan Peserta

  1. Dianjurkan menggunakan laptop, bukan smartphone.

  2. Koneksi internet yang stabil.

  3. Buku dan alat tulis.

  4. Peserta menginstall aplikasi sesuai yang akan digunakan, sebelum jadwal training berlangsung. Untuk yang mempunyai kesulitan, bisa menghubungi staff kami sebelum jadwal training berlangsung.

  1. Platform yang digunakan

  1. Beberapa alternative platform Zoom, atau Google Meet untuk conference live training.

  2. Google Classroom untuk memuat materi, tugas dan dokumen lain yang dapat diakses peserta dengan link dan kode kelas yang akan diberikan oleh penyelenggara sebelum pelaksanaan training.

  1. Cara masuk ke video conference

  1. Penyelenggara akan memberikan undangan berupa link.

  2. Klik link tersebut, ikuti arahan selanjutnya.

  3. Anda akan dibawa masuk ke dalam video conference.

METODE ASSESSMENT

  • Assesssment dilaksanakan secara online dengan teknik assessment wawancara/ ujian tulis/ praktik/ portfolio, atau gabungan teknik-teknik tersebut.

  • Jadwal assessment menyesuaikan kesepakatan peserta dan Asesor, setelah kuota terpenuhi minimal 2 peserta dan berkas pendaftaran dilengkapi.

INSTRUKTUR

Trio Yonathan Teja Kusuma, ST, MT.

And team.

JADWAL TRAINING 2024

 22-23 Juli 2024 | 24-25 Juli 2024 | 26-27 Juli 2024 | 29-30 Juli 2024 | 30-31 Juli 2024 |1-2 Agustus 2024 | 5-6 Agustus 2024 | 7-8 Agustus 2024 | 9-10 Agustus 2024 | 12-13 Agustus 2024 | 14-15 Agustus 2024 | 19-20 Agustus 2024 | 21-22 Agustus 2024 | 23-24 Agustus 2024 | 26-27 Agustus 2024 | 28-29 Agustus 2024 | 29-30 Agustus 2024 | 2-3 September 2024 | 4-5 September 2024 | 6-7 September 2024 | 9-10 September 2024 | 11-12 September 2024 | 12-13 September 2024 | 16-17 September 2024 | 18-19 September 2024 | 20-21 September 2024 | 23-24 September 2024 | 25-26 September 2024 | 26-27 September 2024 | 1-2 Oktober 2024 | 3-4 Oktober 2024 | 7-8 Oktober 2024 | 9-10 Oktober 2024 | 11-12 Oktober 2024 | 14-15 Oktober 2024 | 16-17 Oktober 2024 | 17-18 Oktober 2024 | 21-22 Oktober 2024 |23-24 Oktober 2024 | 25-26 Oktober 2024 | 28-29 Oktober 2024 | 30-31 Oktober 2024 | 1-2 November 2024 | 4-5 November 2024 | 6-7 November 2024 | 7-8 November 2024 | 11-12 November 2024 | 13-14 November 2024 | 15-16 November 2024 | 19-20 November 2024 | 21-22 November 2024 | 25-26 November 2024 | 28-29 November 2024 |2-3 Desember 2024 | 4-5 Desember 2024 | 5-6 November 2024 | 9-10 Desember 2024 | 11-12 Desember 2024 | 12-13 Desember 2024 | 16-17 Desember 2024 | 18-19 Desember 2024 | 19-20 Desember 2024 | 23-24 Desember 2024 | 26-27 Desember 2024 | 30-31 Desember 2024 |

INVESTASI DAN FASILITAS

Metode Pelaksanaan

Harga & Fasilitas

Opsi 1 –

Pelatihan Online

  • Training Online Rp 3.900.000 per peserta.

  • Minimal kuota 1 peserta dan bisa request tanggal.

  • Pelaksanaan training selama 2 hari half day (08.00 – 12.00 WIB atau 13.00 – 17.00 WIB).

  • Menggunakan aplikasi Zoom/Google Meet

  • Sudah Termasuk : Sertifikat Training Softfile & Hardfile, Pengiriman Sertifikat ke Alamat Peserta, Softfile Materi.

  • Belum termasuk : PPN 11%.

  • Tersedia paket harga khusus jika ada beberapa orang mendaftar untuk training yang sama dan dari perusahaan yang sama.

Opsi 2 –

Pelatihan Offline di Yogyakarta

  • Training Offline Rp 6.900.000 per peserta

  • Minimal kuota 1 peserta dan bisa request tanggal

  • Pelaksanaan training selama 2 hari full day (08.00 – 16.00 WIB)

  • Tempat pelaksanaan :

  • Hotel El Royale, Yogyakarta ATAU

  • Hotel Malyabhara, Yogyakarta

  • Sudah termasuk : Meeting Room, Modul Training, Sertifikat Training, Training Kits, Lunch, Coffee Break, dan Souvenir.

  • Belum termasuk : Penginapan & Transportasi Peserta Pelatihan, dan PPN 11%.

  • Tersedia paket harga khusus jika ada beberapa orang mendaftar untuk training yang sama dan dari perusahaan yang sama.

Opsi 3 –

Pelatihan Offline di Solo, atau Semarang

  • Training Offline Rp 6.900.000 per peserta.

  • Minimal kuota 2 peserta dan bisa request tanggal.

  • Pelaksanaan training selama 2 hari full day (08.00 – 16.00 WIB).

  • Pilihan Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Ibis, Solo

  • Hotel Ibis Simpang Lima, Semarang

  • Dll.

  • Sudah termasuk : Meeting Room, Modul Training, Sertifikat Training, Training Kits, Lunch, Coffee Break, dan Souvenir.

  • Belum termasuk : Penginapan & Transportasi Peserta Pelatihan, dan PPN 11%.

  • Tersedia paket harga khusus jika ada beberapa orang mendaftar untuk training yang sama dan dari perusahaan yang sama.

Opsi 4 –

Pelatihan Offline di Jakarta, Bandung atau Surabaya

  • Training Offline Rp 7.900.000 per peserta.

  • Minimal kuota 2 peserta dan bisa request tanggal.

  • Pelaksanaan training selama 2 hari full day (08.00 – 16.00 WIB).

  • Pilihan Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Kimaya Braga, Bandung

  • Hotel Midtown, Surabaya

  • Hotel Asyana Kemayoran, Jakarta

  • Hotel Amaris Kemang, Jakarta

  • Dll.

  • Sudah termasuk : Meeting Room, Modul Training, Sertifikat Training, Training Kits, Lunch, Coffee Break, dan Souvenir.

  • Belum termasuk : Penginapan & Transportasi Peserta Pelatihan, dan PPN 11%.

  • Tersedia paket harga khusus jika ada beberapa orang mendaftar untuk training yang sama dan dari perusahaan yang sama.

Opsi 5 –

Pelatihan Offline Luar Pulau Jawa (Lombok, Bali, Balikpapan, dll)

  • Training Offline Rp 8.900.000 per peserta.

  • Minimal kuota 3 peserta dan bisa request tanggal.

  • Pelaksanaan training selama 2 hari full day (08.00 – 16.00 WIB).

  • Pilihan Tempat pelaksanaan :

  • Hotel Ibis Kuta, Bali

  • Hotel Beverly, Batam

  • Hotel Fave, Balikpapan

  • Hotel Aston, Manado

  • Hotel Lombok Raya, Mataram

  • Dll.

  • Sudah termasuk : Meeting Room, Modul Training, Sertifikat Training, Training Kits, Lunch, Coffee Break, dan Souvenir.

  • Belum termasuk : Penginapan & Transportasi Peserta Pelatihan, dan PPN 11%.

  • Tersedia paket harga khusus jika ada beberapa orang mendaftar untuk training yang sama dan dari perusahaan yang sama.

Assessment Sertifikasi BNSP

  • Biaya Assessment Rp 3.500.000 per peserta.

  • Minimal kuota 2 peserta dan bisa request tanggal.

  • Metode assessment dapat dilaksanakan secara online via Zoom/Google Meet.

  • Pelaksanaan assessment selama 1 hari (08.00 WIB – Selesai).

  • Sertifikat BNSP akan dikirimkan kepada peserta yang dinyatakan Kompeten (K), dalam jangka waktu 1-2 bulan setelah assessment.

  • Belum termasuk :

  • Biaya TUK, transport, serta akomodasi asesor dan peserta, jika assessment dilaksanakan secara offline.

  • PPN 11%.

  • Tersedia paket harga khusus jika ada beberapa orang mendaftar untuk training yang sama dan dari perusahaan yang sama.

Tags:  , , , , , , , , ,