Human Capital Design and Management
Acara
3 – 5 September 2013 | 08.30-16.00 WIB | IDR 6.500.000,- di Yogyakarta
1 – 3 Oktober 2013 | 08.30-16.00 WIB | IDR 6.500.000,- di Yogyakarta
6 – 8 November 2013 | 08.30-16.00 WIB | IDR 6.500.000,- di Yogyakarta
3 – 5 Desember 2013 | 08.30-16.00 WIB | IDR 6.500.000,- di Yogyakarta
Deskripsi
Praktek dan paradigma manajemen terkini di bidang SDM telah menempatkan keberadaan faktor manusia di dalam organisasi sebagai Human Capital. Perubahan paradigma ini tentunya tidak hanya sebatas perubahan istilah semata yang pada prakteknya tidak mengubah paradigma manajemen untuk mengelola faktor manusia sebagai aset paling vital sebagaimana konsepsi tentang Human Capital. Konsekuensinya, perusahaan perlu secara strategis dan sistemis untuk mengelola Human Capital-nya untuk membangun keunggulan bersaingnya secara berkelanjutan.
Konteks Human Capital menempatkan 4 peran utama yang harus dilakoni oleh fungsi SDM di dalam organisasi, yaitu sebagai ahli dalam proses administrasi (management of firm infrastructure), ahli pada wilayah kontribusi (management of the employee contribution), menjadi agen perubahan (management of transformation and change) dan terakhir sebagai mitra dalam penentuan strategi perusahaan (management of strategic human resources).
Upaya organisasi untuk mengelola Human Capital pada situasi tingkat kompetisi yang sangat ketat dan dinamika perubahan yang sangat intens dahsyat sudah tidak dapat ditunda lagi. Organisasi harus mengkondisikan Human capital yang dimilikinya pada level peran yang lebih update dan menantang, yaitu mitra strategis perusahaan, pengawal perubahan, dan pelaku transformasi organisasi. Tanpa peran cerdas ini, maka organisasi harus bersiap untuk mundur lantaran tidak mampu bersaing karena faktor Human Capital-nya yang tidak mampu bersaing.
Tak dapat dipungkiri, pengelolaan Human Capital perlu cepat untuk dibenahi seiring dengan situasi dunia yang tengah menghadapi perubahan ekonomi dan tekanan akibat krisis global. Para profesional SDM dituntut kreatif dalam menciptakan strategi dan terobosan-terobosan baru sehingga peranan Unit SDM bisa semakin memberikan nilai tambah bagi perusahaan dan para Stakeholder-nya. Karyawan yang siap bersaing dan tangguh dalam menghadapi perubahan-perubahan baik eksternal maupun internal yang sedemikian cepatnya menjadi harga mati. Bagaimana mewujudkannya? Temukan jawabannya dalam pelatihan ini yang akan mengupas tuntas bagaimana mendesain dan mengelola strategi human capital di perusahaan yang mampu memberikan nilai tambah bagi para stakeholder-nya.
Materi Pelatihan Human Capital
- Konsep Transformasi HR Function
- Konsep Human Capital & Human Capital Management
- Proses Desain Human Capital Mangement
- Data dan Pengukuran Human Capital
- Implementasi dan Pelaporan Human Capital Management
- Peran HR Function dalam Human Capital Management
- Integrasi Human Capital Management dengan Strategi Bisnis
- Toolkits & Mekanisme Teknis Impelementasi Human Capital Management
Peserta Pelatihan
- Manager, Manager Lini, atau Staf bagian Personalia/SDM.
- Manager dan Staf bagian lain yang memerlukan pengetahuan tentang Human Capital dan Manajemen SDM tingkat lanjut.
- Semua pimpinan yang bertanggung jawab secara langsung dan tidak langsung atas aspek Human Capital di dalam perusahaan.
METODE
- Presentation;
- Discussion;
- Case Study;
- Evaluation;
- Pre test & Post Test
JADWAL
- 1-3 Oktober 2013
- 6-8 November 2013
- 3-5 Desember 2013
LOKASI
Yogyakarta
WAKTU
08.30-16.00 WIB
BIAYA
IDR 6.500.000,- (Non-Residential) | Minimal kuota 3 peserta
FASILITAS
- Hotel Berbintang;
- Sertifikat Training;
- Training Kit;
- Modul (Hard Copy + Soft Copy);
- 1x Lunch dan 2x Coffe Break;
- Souvenir;
- Transportasi Antar Jemput (minimal 2 orang dari perusahaan yang sama)
Sistem Pendesainan dan Pengelolaan Human Capital di Dalam Organisasi