5S DI TEMPAT KERJA
Acara
26 – 28 Mei 2014 | IDR 8.000.000 di Bali
26 – 28 Mei 2014 | IDR 6.500.000 di Bandung
26 – 28 Mei 2014 | IDR 5.800.000 di Yogyakarta
02 – 04 Juni 2014 | IDR 8.000.000 di Bali
DESKRIPSI
5S adalah singkatan dari kata-kata Jepang: Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke, yang masing-masing berarti: kerapian, keteraturan, sistematis kebersihan, standar, mempertahankan kedisiplinan. Pada dasarnya 5S ini difokuskan pada kegiatan-kegiatan pengorganisasian tempat kerja. 5S dianggap sebagai dasar-dasar kualitas dan program peningkatan produktivitas. 5S adalah sebuah metode untuk mendidik karyawan disiplin kerja untuk membuat yang nyaman, aman, dan bebas dari limbah kerja. Dengan cara ini, tempat kerja akan berfungsi seperti sebuah “show room”. Pada gilirannya ini akan secara langsung berkontribusi pada produktivitas, kualitas dan peningkatan keselamatan.
TUJUAN
- Mempromosikan kesadaran akan pentingnya kerja / Gemba
- Memahami kaizen sebagai filsafat dasar 5S
- Memahami konsep dan benefit dari 5S
- Memahami langkah-langkah implementasi 5S di tempat kerja
MATERI TRAINING 5S DI TEMPAT KERJA
- Arti Pentingnya Kerja
- Filosofi dasar 5 S
- Arti dan tujuan 5S
a. Seiri
– teknologi pemilahan
– identifikasi barang
– menangani penyebab
– merealisasikan rencana tindakan
b. Seiton
-mempromosikan penataan
-memahami dan menganalisa status barang
-menentukan bagaimana menyimpan
c. Seiso
– tema pembersihan
– bagaimana metode membersihkan tempat kerja dan peralatan
– menghilangkan cacat
– melakukan pembersihan
d. Seiketsu
– pemantapan pemeliharaan dan pengendalian 5S
– menampilkan kontrol visual
– metode kontrol visual
– manajemen visual 5S
e. Shitsuke
– pembiasaan cara mengubah kebiasaan
– pembentukan kebiasaan
– daftar pemeriksaan
– melakukan tanpa kesalahan
– kampanye ketaatan - Langkah-langkah Pelaksanaan 5S
- Organisasi 5S
- Tools 5 S
- Kunci Sukses Implementasi 5S
- Implementasi 5S di tempat Kerja
- Keunggulan yang dihasilkan 5S
a. Manajemen berkesinambungan menciptakan tempat kerja terbaik
b. 5S merupakan berometer manajemen
c. 5S sebagai ilmu perilaku
d. 5S sebagai sasaran utama produktivitas
INSTRUKTUR
Harwati, ST MT and team
PESERTA TRAINING
Senior Staff, Manajer, Supervisor
METODE
Lecturing, diskusi interactive, roleplay, sharing and studi kasus.
Jadwal Training 2014
- 26-28 Mei / 2-4 Juni / 17-19 Juni / 25-27 Juni / 1-3 Juli / 15-17 Juli / 23-25 Juli / 4-6 Agustus / 19-21 Agustus / 27-29 Agustus / 1-3 September / 17-19 September / 23-25 September / 1-3 Oktober / 15-17 Oktober / 29-31 Oktober / 3-5 November / 12-14 November / 18-20 November / 25-27 November / 1-3 Desember / 9-11 Desember / 16-18 Desember / 29-31 Desember 2014
- Hotel Ibis Styles Dagen – Yogyakarta
TRAINING FEE
- IDR 5.800.000 per participant (Non-Residential) Minimal participants : 2 persons (Yogyakarta)
- Bali, Ibis Styles Kuta, Ibis Legian Hotel, Hard Rock Café Hotel | Rp. 8.000.000 Per Peserta | Kuota Min. Peserta: 5 orang
- Bandung, De Batara Hotel, Banana Inn Hotel, Golden Flower hotel | Rp. 6.500.000 Per Peserta | Kuota Min. Peserta: 5 orang
FASILITAS TRAINING
- Training Module
- Flashdisk containing materials
- ATK
- Backpack bag
- Exclusive T-Shirt atau Jacket
- Coffee break 2x dan Lunch 1x selama training
- Certificate of Completion
- Training Photo
- Transportasi bagi peserta dari luar kota: Airport/Stasiun KA atau bus ke hotel tempat menginap. (Minimal 2 peserta dari perusahaan yang sama)
IMPLEMENTASI 5-S DI TEMPAT KERJA