ISO 26000 : Awareness of CSR based on ISO 26000
Acara
20 – 21 November 2013 | Rp. 3.500.000,-/orang di Bandung
13 – 14 Desember 2013 | Rp. 3.500.000,-/orang di Bandung
Deskripsi Awareness of CSR based on ISO 26000 :
ISO (International Standards Organisation) telah meluncurkan standard pertama di dunia di bidang tanggung jawab social pada awal November 2010. Standard ISO 26000:2010 Guidance on Social Responsibility ini menjadi rujukan bagi perusahaan-perusahaan di dalam menjalankan kegiatan bisnisnya secara bertanggung jawab. Standard ini akan menjadi rujukan praktek terbaik di bidang tanggung jawab sosial bagi perusahaan di sektor swasta maupun publik dengan mempertimbangkan aspek sosial, lingkungan, legal, budaya, politik, dan keragaman organisasi termasuk tentunya pertimbangan aspek ekonomis.
ISO 26000 merupakan standard rujukan dari the International Organisation for Standardization (ISO) yang secara khusus berfokus pada tanggung jawab sosial. ISO 26000 ini dipersiapkan secara khusus sebagai standard global yang berlaku secara internasional sebagai referensi dan patokan bagi perusahaan-perusahaan yang mempunyai komitmen untuk membentuk masa depan bisnis yang bertanggung jawab. Standard ISO 26000 ini akan menjadi landasan perspektif tentang konsep dan aplikasi dari Social Responsibility (SR), berbagai isu yang perlu dikaji dalam rangka operasionalisasi bisnis yang bertanggung jawab dan berbagai best practices dalam rangka penerapan standard Social Responsibility ini.
Standard rujukan ISO 26000 bertujuan untuk menyediakan dukungan praktis yang terkait dengan operasionalisasi tanggung jawab sosial, identifikasi dan pelibatan stakeholders dalam program-program komunitas, dan upaya meningkatkan kredibilitas serta citra atas laporan dan klaim dari aktivitas perusahaan yang berorientasi kepada tanggung jawab sosial. Standard rujukan ISO 26000 ini akan menjadi barometer sejauh mana tingkat keterlibatan perusahaan dalam aktivitas tanggung jawab sosial dapat terukur. Dengan mencermati perilaku perusahaan, standard ini akan mengevaluasi sejauhmana perilaku perusahaan memberi kontribusi kepada upaya-upaya pembangunan berkelanjutan, khususnya aspek kesehatan dan kesejahteraan sosial; mempertimbangkan kebutuhan dan ekspektasi dari stakeholders; memenuhi persyaratan legal dan norma internasional lain yang relevan dan terintegrasi serta diimplementasikan di dalam organisasi.
Pelatihan ini merupakan landasan awal bagi siapa saja yang akan terlibat dalam proses pengembangan, penerapan dan pengelolaan sistem tanggung jawab sosial berbasis pada ISO 26000.
Tujuan Awareness of CSR based on ISO 26000 :
- Memahami prinsip dasar tanggung jawab sosial
- Memahami arti penting tanggung jawab sosial dan pelibatan stakeholders, core subjects dan isu-isu yang yang terkait dengan tanggung jawab sosial
- Memahami berbagai isu potensial yang akan dihadapi oleh organisasi dan keterkaitannya dengan berbagai konevensi, spesifikasi industri/teknikal, kode perilaku dan inisiatif lainnya.
- Memahami tujuan fundamental dari ISO 26000 dan keterkaitan tujuan, isi dan relevansinya dengan berbagai framework/standard industri maupun berbagai praktek industrial lainnya.
- Memahami metoda untuk mengintegrasikan perilaku tanggung jawab sosial di dalam organisasi
- Memahami hasil dan perbaikan kinerja organisasi di bidang tanggung jawab sosial.
Materi Awareness of CSR based on ISO 26000 :
- The social responsibility of the organization
- Principles of social responsibility
- Scope and rationale of ISO 26000
- Stakeholder engagement
- Guidance on core social responsibility issues
- Integrating CSR into organizational sytsem
- CSR Initiatives based on ISO 26000 and Organizational performance in Social responsibility
Jadwal:
- Bandung, 20-21 November 2013
- Bandung, 13-14 Desember 2013
Fasilitas:
- Hotel Bintang 3/Bintang 4
- Sertifikat Training
- Training Kit
- Modul (Hardcopy + Softcopy)
- 2 x lunch dan 4 x coffee break
Waktu:
2 Hari
Metode Training
- Presentasi, Tanya Jawab, Studi Kasus, Latihan, Brainstorming, Diskusi, Games
Investasi:
Rp. 3.500.000,-/orang (Non-residensial)