Knowledge Management (Advanced)
ACARA
11 – 12 Februari 2020 | Rp 6.500.000,- di Pomelotel Hotel, Jakarta
19 – 20 Maret 2020 | Rp 6.500.000,- di Pomelotel Hotel, Jakarta
16 – 17 April 2020 | Rp 6.500.000,- di Pomelotel Hotel, Jakarta
Jadwal Training 2020 Selanjutnya …
Background
Knowledge Management (KM) diperlukan bila hal-hal ini terjadi di organisasi Anda:
- Ketika ada banyak “re-inventing the wheel”, yaitu ketika tugas-tugas yang seharusnya bisa cepat diselesaikan mengalami penundaan karena dilakukan dari awal, tanpa ada proses pembelajaran antar team (people) di dalam organisasi tersebut . the learnings of other people from the organization. Dalam hal ini KM diperlukan untuk mengetahui apa yang organisasi tahu. KM is needed to know what the organization knows.
- Ketika pengetahun organisai hanya tersipan pada beberapa individu kunci, maka KM dibutuhkan untuk mengalirkan pengetahuan tersebut sehingga menjadi milik organisasi. Fenomena ini lebih dikenal sebagai “walkout pengetahuan” atau “brain drain”. Pada kasus ini, maka Km dibutuhkan untuk menjaga pengetahuan yang menjadi asset bagi perusahaan . (KM is needed to retain and keep knowledge)
- Ketika organisai stagnan, pasar dan kompetensi karyawan tidak bertumbuh sehingga perusahaan sulit sekali menghadapi persaingan, pada kasus ini KM diperlukan untuk memperkaya pengetahuan organisasi. (KM is needed to enrich the organizations knowledge.)
Inilah diantara alasan mengapa semua organsiasi membutuhkan Knowledge Management, untuk satu tujuan utama yaitu meningkatkan Intagible Asset dari perusahaan termasuk hubungannya dengan HRD yaitu memudahkan dalam mengkader SDM yang ada di dalam perusahaan, karena budaya knowledge sharing yang akan dihidupkan di dalam organisasi. Masih banyak alasan lainnya yang lebih dalam dan lebih visioner dari tiga alasan diatas, seminal untuk inovasi dst.
Tujuan Training Knowledge Management
Training ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, ketrampilan,dan sikap dalam pemanfaatan Knowledge Management (KM) dalam mendukung tugas dan fungsi pada organisasi atau unit masing-masing peserta.
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu mengimplementasikan hasil pelatihan dengan menjalankan tahapan dalam implementasi Knowledge Management yang meliputi :
- Assessment Organisasi
- Menyiapkan People di dalam organisasi untuk mau membudayakan Sharing Knowledge
- Menyiapkan Proses (SOP, dll) dalam Organisasi untuk menjalankan Knowledge Management.
Materi Training Knowledge Management
Day 1 :
Knowledge Management (KM) dalam mencapai tujuan Organisasi
- Visi dan Misi Organisasi, Rencana Organisasi
- Definisi KM berdasarkan visi dan misi Organisasi
- Keterkaitan program KM bagi pencapaian tujuan Organisasi
Analisa proses dalam model Knowledge Management (KM)
- Analisa terhadap budaya organisasi
- Analisa terhadap elemen-elemen Knowledge Management (KM)
Day 2:
Analisa komponen KM
- Analisa Pengetahuan Utama dan Pengetahuan Penunjang.
- Analisa terhadap sumber pengetahuan.
- Analisa aset pengetahuan.
- Analisa terhadap langkah-langkah dalam mengelola pengetahuan.
Implementasi KM
- Langkah-langkah implementasi Knowledge Management (KM)
- Strategi penerapan KM melalui pendekatan terhadap unsur-unsur KM.
Day 3:
KM Roadmap
- Perencanaan proyek Knowledge Management (KM) jangka pendek, menengah dan jangka panjang.
- 11 – 12 Februari 2020
- 19 – 20 Maret 2020
- 16 – 17 April 2020
- 23 – 24 Juni 2020
Fasilitator
Lucky esa dan Tentamia Semiawan
Venue :
Hotel Pomelotel, Jakarta
Investasi :
Rp 6.500.000,- / peserta
Training Advanced Knowledge Management akan berjalan dengan minimum peserta 8 orang