KPI berbasis Balanced Scorecard : Teknik dan Prosedur
ACARA
29 – 30 Agustus 2013 | Rp. 3.500.000 di Bandung
25 – 26 September 2013 | Rp. 3.500.000 di Bogor
2 – 3 Oktober 2013 | Rp. 3.500.000 di Bandung
7 – 8 November 2013 | Rp. 3.500.000 di Bandung
2 – 3 Desember 2013 | Rp. 3.500.000 di Bandung
Deskripsi Training KPI berbasis Balanced Scorecard : Teknik dan Prosedur
Setiap organisasi berkepentingan untuk memiliki kinerja yang unggul di dalam pasarnya. Organisasi yang sukses biasanya memiliki budaya yang terkait dengan mekanisme penetapan ekspektasi yang jelas untuk pencapaian kinerja organisasionalnya serta mekanisme terstruktur untuk mereview dan memonitor berbagai upaya untuk mencapai target kinerja organisasi.
Key Performance Indicators (KPIs) menunjang organisasi dengan perspektif arahan, motivasi dan sekaligus media untuk mengukur kesehatan organisasi. KPI yang baik akan bersifat spesifik, terukur, sejalan dengan visi organisasi dan menjadi basis bagi pengembangan rencana dan strategi perusahaan.
Key Performance Indicators (KPI’s) juga merupakan metrik utama yang dimaksudkan sebagai prediktor kesehatan operasional perusahaan. Pengelola perusahaan dapat melihat secara obyektif bagian-bagian mana yang sudah berjalan baik dan mana yang belum berjalan dengan baik melalui KPI sebagai media pengukuran kinerja organisasi. Dengan mekanisme pengukuran ini, pengelola perusahaan juga akan dapat menentukan sistem reward dan belajar dari praktek-praktek terbaik yang telah dijalankannya. KPI juga akan memberikan perspektif terukur bagi pengelola perusahaan untuk menerapkan inisiatif manajemen perubahan dan sebagai media diagnostik untuk mengidentifikasi area-area perbaikan atau prioritas kerja perusahaan.
Survey menunjukkan bahwa ketiadaan tujuan yang jelas merupakan alasan nomor satu mengapa para supervisor gagal di dalam menjalankan tugasnya. Selanjutnya harapan yang tidak jelas dan feedback yang buruk telah lama diidentifikasi sebagai penyebab buruknya kinerja karyawan. Dengan sistem pengukuran kinerja organisasional yang tidak jelas, akan mengakibatkan berbagai dampak ikutan yang tidak menguntungkan bagi organisasi dan karyawannya. Pelatihan selama 2 hari ini dimaksudkan sebagai media pembelajaran praktikal, partisipatif dan langsung untuk menyusun dan mengelola KPI berbasis BSC sebagai metrik utama yang akan dipakai sebagai prediktor kesehatan operasional perusahaan.
Tujuan Training KPI berbasis Balanced Scorecard : Teknik dan Prosedur
- Untuk memahami dasar-dasar konsep Manajemen Kinerja di dalam perusahaan
- Untuk mengembangkan KPI yang sejalan dengan misi, visi dan sasaran perusahaan
- Untuk memahami bagaimana melakukan proses cascading KPI
- Untuk membekali peserta dengan pemahaman konsep BSC dan mampu mengidentifikasi KPI yang tepat untuk mengukur output dan outcome stratejik yang diharapkan dari perusahaan
- Untuk memahami proses penggunaan dan pengelolaan KPI di dalam perusahaan
- Untuk memahami bagaimana menyelaraskan pengukuran dan sasaran tim/individual dengan sasaran organisasi atau unit bisnis
Manfaat
- Untuk mendapatkan pengetahuan dan keahlian dalam proses pengembangan KPI di dalam perusahaan
- Untuk mendapatkan pengetahuan tentang penggunaan dan pengelolaan KPI di dalam perusahaan
- Untuk mendapatkan pengetahuan tentang faktor-faktor kritikal yang menjamin kesuksesan pelaksanaan pengukuran kinerja di dalam perusahaan dengan menggunakan BSC.
Target Peserta
Training ini didesain untuk para manajer, supervisor, dan staf senior lainnya yang akan terlibat dalam proses pembentukan, pengarahan dan pengelolaan penerapan program pengukuran kinerja KPI di dalam perusahaan.
Materi Pelatihan KPI berbasis Balanced Scorecard : Teknik dan Prosedur
- Memahami sistem manajemen kinerja dan pengukurannya
- Mengembangkan sistem pengukuran kinerja
- Menyusun KRA, KPI dan Sasaran Kinerja Organisasi
- Memilih KRA dan KPI Organisasi yang relevan dengan Unit Kerja/Organisasi
- Mengembangkan KRA Unit Kerja/Organisasi
- Mengembangkan KPI Unit Kerja/Organisasi
- Mengembangkan KPI Individual/Job Title
- Metodologi Pengumpulan, Pelacakan & Feedback Data
- Monitoring dan Pelaporan Sistem Manajemen Kinerja
Waktu:
2 Hari
Metode Training
- Presentasi, Tanya Jawab, Studi Kasus, Latihan, Brainstorming, Diskusi, Games
Jadwal:
- Jakarta, 25-26 Juli 2013
- Bandung, 29-30 Agustus 2013
- Bogor, 25-26 September 2013
- Bandung, 2-3 Oktober 2013
- Bandung, 7-8 November 2013
- Bandung, 2-3 Desember 2013
Fasilitas:
- Hotel Bintang 3/Bintang 4
- Sertifikat Training
- Training Kit
- Modul (Hardcopy + Softcopy)
- 2 x lunch dan 4 x coffee break
Investasi:
Rp. 3.500.000,-/orang (Non-residensial)