Conflict Management & Handling Difficult People
ACARA
12 – 13 Maret 2020 | Rp 4.500.000/ peserta di Jakarta
30 – 31 Maret 2020 | Rp 4.500.000/ peserta di Jakarta
18 – 19 Mei 2020 | Rp 4.500.000/ peserta di Jakarta
Jadwal Training 2020 Selanjutnya …
Pendahuluan Training Conflict Management & Handling Difficult People
Dalam suatu organisasi dalam hal ini perusahaan, di mana terdiri dari berbagai orang berkumpul, walaupun untuk tujuan yang sama, akan dapat menimbulkan potensi konflik. Apalagi bila di dalam organisasi itu mempunyai tujuan yang berbeda-beda, sudah dipastikan konflik akan lebih besar. Konflik tidaklah selamanya negatif, justru bila konflik dikelola dengan baik maka dapat memperkaya pemikiran dan cara pandang dan dapat meningkatkan produktivitas karyawan dan bahkan hubungan orang yang terlibat dalam konflik itu sendiri.
Disamping itu, salah satu penyebab konflik semakin membesar adalah adanya difficult person baik di dalam organisasi maupun orang di luar organisasi yang terkait dengan pekerjaan. Difficult person itu tidak dibatasi oleh hubungan atasan-bawahan, namun dapat terjadi kepada segala jenis hubungan kerja, baik internal maupun eksternal.
Dalam hal ini karyawan perlu dibekali dengan kemampuan mengelola konflik agar konflik yang terjadi dapat merangsang karyawan lebih produktif; dan juga perlu kemampuan dalam menangani difficult person agar tidak mengganggu hubungan interpersonal dan juga produktivitas karyawan.
Manfaat Training Conflict Management & Handling Difficult People
Training Conflict Management & Handling Difficult People ini diharapkan dapat membawa manfaat:
- Meningkatkan efektivitas dalam berinteraksi antar individu dalam organisasi maupun dengan orang di luar organisasi
- Meningkatkan produktivitas karyawan bila berhasil menangani konflik dan menangani orang-orang sulit
- Memberikan perspektif yang lebih positif kepada setiap orang dalam memandang dan melihat dinamika munculnya perilaku dalam diri orang lain
- Mengurangi kesalahpahaman akibat gagalnya pemahaman antar pribadi
Tujuan Training Conflict Management & Handling Difficult People
Diharapkan setelah mengikuti Training Conflict Management & Handling Difficult People ini, peserta akan dapat:
- Memiliki sikap yang positif bila terjadi konflik sehingga dapat merubah konflik menjadi situasi kompetitif yang sehat dan produktif
- Menangani konflik dengan berbagai gaya yang sesuai dengan jenis konfliknya
- Meredam terjadinya potensi konflik
- Mengenali penyebab seseorang menjadi difficult person
- Menangani dengan mudah orang-orang yang teridentifikasi sebagai difficult person
- Menciptakan kondisi yang dapat mengeliminir potensi lahirnya para difficult person
- Melatih diri sendiri untuk tidak menjadi difficult person bagi orang lain
SIAPA SEBAIKNYA MENIKUTI TRAINING INI?:
Setiap orang yang concern dengan efektivitas kerja sama dengan semua orang termasuk dengan orang yang sulit.
Materi Training Conflict Management & Handling Difficult People
CONFLICT MANAGEMENT
Bagian 1: What is Conflict
- Pengertian & penyebab konflik
- Kerugian dan keuntungan konflik
- Bentuk-bentuk konflik
- Cognitive VS Affective conflict
- Discussion & case study
Bagian 2: Gaya Penyelesaian Konflik (The Thomas-Kilmann Instrument)
- Mundur / Menghindar (Avoid)
- Mulus / Akomodasi (Accomodation)
- Kompromi (Compromise)
- Memaksa / Kompetisi (Competition)
- Pemecahan Masalah / Kolaborasi
- Self-assessment: Managing conflict style
Bagian 3: Mencegah konflik dan resolve conflict
- Cara mencegah konflik
- Langkah-langkah dalam resolve conflict
- Discussion & case study
- Commitment & action plan
HANDLING DIFFICULT PEOPLE
Bagian 1: Perspektif Perilaku (Behavior perspective)
- Motivasi dan perilaku
- Ciri, penyebab dan latar belakang negative behavior
- Discussion & case study
Bagian 2: Perspektif Kepribadian (Personality Perspective)
- Mengenali tipe kepribadian diri sendiri dan orang lain
- Mengenali potensi negative behavior pada diri sendiri dan orang lain
- Bagaimana menangani negative behavior pada diri sendiri dan orang lain
- Discussion & case study
- Commitment & action plan
Bagian 3: Perspektif Komunikasi & Manajemen Conflict (Communication & Conflict Perspective)
- Prinsip-prinsip komunikasi
- Tools komunikasi = 3V: Verbal, Vokal, Visual
- Content VS Context
- Managing conflict
- Discussion & case study
- Commitment & action plan
Bagian 4: Pendekatan Secara Organisasi (Organizational Approach)
- Menciptakan budaya kerja sama
- Pentingnya development mindset bagi semua anggota organisasi
- Pentingnya Performance Management System yang terukur
- Discussion & case study
- Commitment & action plan
Bagian 5: Mengenali dan cara menangani tipe-tipe difficult person
- Berbagai tipe difficult person dan cara menanganinya
- Merobah difficult person menjadi productive person
- Discussion & case study
- Commitment & action plan
Metode Training Conflict Management & Handling Difficult People
Fokus pada pelatihan aktif, presentasi, interaktif, diskusi kelompok, brainstorming, bermain peran, berpikir kreatif, simulasi, belajar dalam kompetisi permainan, studi kasus, latihan, bimbingan, diskusi, perenungan, experiential learning, icebreaker.
INSTRUCTOR :
Ir. Wilbert,CBA,CPHR,CHt
VENUE :
Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)
TRAINING DURATION :
2 days
- 12 Mar 2020-13 Mar 2020
- 30 Mar 2020-31 Mar 2020
- 18 Mei 2020-19 Mei 2020
- 11 Jun 2020-12 Jun 2020
- 29 Jun 2020-30 Jun 2020
- 13 Agust 2020-14 Agust 2020
- 31 Agust 2020-01 Sep 2020
- 15 Okt 2020-16 Okt 2020
- 12 Nop 2020-13 Nop 2020
- 30 Nop 2020-01 Des 2020
INVESTMENT/PERSON :
- 4.500.000/person (full fare) or
- 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
- 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
- Training Module
- Flash Disk contains training material
- Certificate
- Stationeries: NoteBook and Ballpoint
- T-Shirt
- Backpack
- Training Photo
- Training room with Full AC facilities and multimedia
- Lunch and twice coffeebreak every day of training
- Qualified Instructor
CONFLICT MANAGEMENT & HANDLING DIFFICULT PEOPLE