MANAJEMEN AKUNTANSI PERHOTELAN – Half Confirmed
Acara
27 – 29 Agustus 2019 | Rp 5.900.000,- di Yogyakarta – HALF CONFIRMED
03 – 05 September 2019 | Rp 5.900.000,- di Yogyakarta
24 – 26 September 2019 | Rp 5.900.000,- di Yogyakarta
Jadwal Training 2019 Selanjutnya …
DESKRIPSI TRAINING MANAJEMEN AKUNTANSI PERHOTELAN
Industri hospitaliti memiliki keunikan tersendiri di setiap pekerjaannya dan menarik untuk ditelaah, termasuk salah satunya adalah divisi Accounting di perhotelan. Transaksi di sebuah hotel termasuk yang kompleks, karena perhotelan memiliki keunikan pelaporan akuntansi tersendiri. Dikatakan unik karena akuntansi di hotel ini merupakan perpaduan akuntansi “jasa” dengan “akuntansi” manufaktur. Pencatatan berdasarkan metode akuntansi jasa digunakan untuk mencatat transaksi yang berkaitan dengan jasa seperti misalnya pembayaran pelayanan kamar, penghitungan service charge, dan lain-lain. Sementara, metode akuntansi manufaktur digunakan untuk menghitung harga jual sebuah menu yang dibuat oleh F&B. Wajar jika di departemen accounting memiliki staff yang lebih banyak daripada staff marketing jika ditinjau dari jumlah staff yang ada pada back office sehingga di divisi accounting ini dipecah menjadi 2 sub divisi yaitu Finance dan Logistik.
Sistem Akuntansi Hospitaliti adalah suatu bentuk pelaporan keuangan atau pencatatan semua jurnal transaksi baik transaksi harian maupun suatu periode tertentu, ditujukan sebagai bahan bimbingan dalam penyusunan dan penyajian data keuangan dan sebagai panduan yang mencakup dasar-dasar akuntansi keuangan seperti pada sistem akuntansi pada umumnya. Sistem Akuntansi Perhotelan juga sebagai alat yang menyediakan sarana yang lebih akurat dan mudah untuk dimengerti dalam menganalisa sistem keuangan oleh manajemen hotel yang bertujuan sebagai bahan dasar pengembangan kebijakan keuangan hotel di masa akan datang.
Pada pencatatan sistem akuntansi perhotelan, pencatatan rekening dibagi menjadi dua bagian utama. Bagian pertama terdiri dari format dan persyaratan penyajian laporan yang terkait dengan keuangan dan lainnya. Laporan dijelaskan baik dalam bentuk narasi dan format khusus, dan bagian kedua yaitu memberikan nama pada rekening dan chart account.
Siklus akuntansi pada usaha perhotelan secara garis besar sama dengan siklus akuntansi pada jenis usaha lainnya. Dalam setiap periode akuntansi, siklus akuntansi akan diawali dengan pencatatan transaksi berakhir dengan post-closing trial balance. Proses akuntansi bisa dilakukan secara manual maupun menggunakan aplikasi komputer.
MATERI TRAINING MANAJEMEN AKUNTANSI PERHOTELAN
- Prinsip-Prinsip Pengelolaan Administrasi Keuangan
- Transaksi penting dalam operasi hotel:
- Penjualan Produk dan Jasa
- Penerimaan Kas dan Pengeluaran Kas (cash disbursement)
- Pembelian Produk dan Jasa
- Payroll (Sistem Gaji)
- Pencatatan Sistem Akuntasi Perhotelan / Pencatatan Rekening
- Siklus akuntansi pada usaha perhotela
- Penjualan dan perhitungan akuntansi yang ada didalam bisnis perhotelan:
- Penjualan Jasa
- Penjualan Produk
- Pencatatan Pendapatan Hotel
- Mengawasi Pencatatan Biaya Hotel
- Menyusun Laporan keuangan hospitality
- Mengelola Sumber Penggunaan Dana Hospitaliti
- Mengendalikan biaya makanan, minuman, dan material supplies
- Menyusun anggaran pendapatan dan biaya
- Menerapkan sistem informasi akuntansi hotel
- Mengelola sumber daya manusia di bagian akuntansi
- Menganalisis laporan keuangan hospitality
- Mengendalikan biaya operasional hospitality
METODE TRAINING MANAJEMEN AKUNTANSI PERHOTELAN
- Presentasi
- Diskusi Interaktif
- Studi Kasus
- Latihan
- Evaluasi
PESERTA TRAINING MANAJEMEN AKUNTANSI PERHOTELAN
Pelatihan ini sesuai untuk diikuti oleh mereka yang pekerjaannya berhubungan dengan Finance perhotelan, seperti: General Cashier/GC, Account Receivable staff (staff piutang)/AR, Account payable staff (staff bagian hutang)/AP, Income Audit/IA, Book Keeper, Sub divisi Logistik (Buyer, Purchasing, Receiving, Store keeper, Cost Control)
INSTRUKTUR TRAINING MANAJEMEN AKUNTANSI PERHOTELAN
- Achmad Tjahjono, MM, Ak.
- Sri Luna Murdianingrum, M.Si. Ak. CA.
Pakar di bidang Finance, Accounting & Tax, sering memberikan materi di berbagai training, seminar, workshop, terutama yang berkaitan dengan topik Akuntansi Hospitaliti.
- Batch 6 : 27 – 29 Agustus 2019 (Almost Running – Yogyakarta)
- Batch 7 : 3 – 5 September 2019
- Batch 8 : 24 – 26 September 2019
- Batch 9 : 8 – 10 Oktober 2019
- Batch 10 : 22 – 24 Oktober 2019
- Batch 11 : 5 – 7 November 2019
- Batch 12 : 3 – 5 Desember 2019
- 08.00 – 16.00 WIB
Yogyakarta: Cavinton Hotel Yogyakarta ; Neo Malioboro Hotel Yogyakarta Ibis Styles Hotel Yogyakarta
Surabaya: Hotel Santika Pandegiling Surabaya
Malang: Best Western OJ Hotel Malang ; Harris Hotel & Convention Malang
Jakarta: Dreamtel Jakarta Hotel ; Ibis Jakarta Tamarin Hotel
Bandung: Golden Flower Hotel Bandung ; Serela Merdeka Hotel Bandung
Bali: Ibis Bali Kuta Hotel ; Harris Kuta Raya Hotel Bali
In House Training : Depend on request
BIAYA TRAINING
- Yogyakarta:
- Publish Rate : Rp 5.900.000,- / participant
- Special Rate : Rp 5.500.000,- / participant (min 4 participants from the same company)
- Bandung / Jakarta / Surabaya / Malang:
- Publish Rate : Rp 6.900.000,- / participant
- Bali:
- Publish Rate : Rp 7.900.000,- / participant
FASILITAS TRAINING
INCLUDE:
- Meeting Room at Hotel
- Coffe Break, Lunch
- Module (hard & soft copy/flashdish)
- Training Kit, Souvenir, Sertifikat
- Airport pick up services
- Transportation during training
EXCLUDE:
- Penginapan peserta training
- Pajak (Ppn 10 %)
MANAJEMEN AKUNTANSI HOSPITALITI (MANAJEMEN AKUNTANSI PERHOTELAN)