MANAJEMEN KONFLIK
ACARA
08 – 09 April 2020 | Rp 4.000.000,- di Hotel Fave Melawai/ Amos Cozy, Jakarta
11 – 12 Mei 2020 | Rp 4.000.000,- di Hotel Fave Melawai/ Amos Cozy, Jakarta
08 – 09 Juni 2020 | Rp 4.000.000,- di Hotel Fave Melawai/ Amos Cozy, Jakarta
Jadwal Training 2020 Selanjutya …
DESKRIPSI
Konflik merupakan sebuah realitas yang selalu akan melekat di tempat kerja. Hal ini disebabkan oleh adanya berbagai kepentingan individu dan kelompok yang menginginkan cara mereka menjadi pilihan dalam setiap keputusan. Oleh karena itu, sangatlah wajar bila organisasi merasa perlu untuk mengelola setiap konflik menjadi sebuah kekuatan yang mempersatukan setiap perbedaan. Konflik yang dibiarkan berkembang akan menciptakan masalah yang berujung pada pertentangan yang mengancam kekuatan organisasi. Konflik tidaklah boleh menjadi arena saling menghasut untuk mengaburkan visi organisasi, atau pun menciptakan ketegangan yang mengganggu proses kerja organisasi.
Pelatihan manajemen konflik ini dirancang untuk membantu karyawan dan pimpinan agar dapat berpikir dan bertindak secara positif, dan secara cerdas mengelola setiap konflik menjadi kekuatan yang mempersatukan organisasi dan stakeholders dalam satu visi yang terarah kepada sasaran yang tepat.
KONSEP DASAR
Konsep dasar pelatihan manajemen konflik ini adalah untuk memfasilitasi pemahaman konflik, mendeteksi tanda-tanda eskalasi konflik, menanggapi tanda-tanda tersebut dengan tindakan yang tepat dan akhirnya menggunakan teknik yang efektif untuk menyelesaikan konflik. Program ini berfokus pada aspek-aspek positif dan sangat produktif untuk menyelesaikan konflik. Menjelaskan bagaimana peserta bisa mendapatkan keuntungan dari situasi yang sering dianggap sebagai negatif dan destruktif.
TUJUAN PELATIHAN
- Membangun kesadaran untuk mengelola benih konflik sedini mungkin
- Mengembangkan kecerdasan emosi untuk mengendalikan konflik
- Mengatasi eskalasi konflik dan merubahanya menjadi energi positif
- Mampu memilih resolusi konflik yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan untuk mendapatkan hasil yang maksimal
- Cerdas mengelola emosi diri sendiri dan mempengaruhi orang lain secara emosional ketika dalam konflik
- Cerdas berinteraksi dengan orang lain dan mampu mengambil langkah yang tepat untuk menghindari konflik
- Cerdas menegosiasikan atas apa yang diinginkan dan beralih ke hasil menang / menang
- Mencegah konflik destruktif di tempat kerja
MANFAAT PELATIHAN
- Mengenali berbagai tahapan eskalasi konflik
- Mengenali tanda-tanda konflik dan bahayanya
- Menemukan kebencian tersembunyi dalam diri sendiri dan orang lain
- Mengenali dan menghindari pola-pola perilaku yang menghasilkan konflik
- Menjadi tegas dalam menangani konflik secara efektif ketika konflik muncul
- Menyelesaikan konflik kecil sebelum konflik itu tumbuh menjadi krisis besar
- Menghindar dari kebiasaan menyalahkan, menuduh, dan membela diri
- Memperbaikan kerusakan hubungan akibat konflik
- Kecerdasan dalam bernegosiasi untuk menghindarkan diri dari konflik yang sulit dengan orang-orang yang sulit
- Melakukan komunikasi positif untuk mengatasi konflik
- Menghindari konflik yang merusak proses kerja perusahaan
- Merespon konflik untuk menghindari risiko
- Menangani perasaan tidak nyaman terhadap akibat konflik
- Mendengar dan menanggapi konflik secara positif
Mengatasi berita buruk, tenang dengan kekuatan emosi baik dan pikiran positif
Peserta Pelatihan : Seluruh Staff dan Karyawan
MATERI TRAINING MANAJEMEN KONFLIK
SESI 1: PEMAHAMAN DASAR DAN CARA MENANGANI KONFLIK
Sub Bahasan
- Memahami cara konflik berevolusi
- Baik dan buruk dari konflik
- Siklus hidup konflik
- Meningkatkan daya tahan diri saat konflik meningkat
- Kecerdasan untuk mengelola konflik
- Strategi dan taktik yang berbeda dalam penyelesaian konflik
- Menganalisis konflik berdasarkan manfaat dan kepentingan
- Teknik menghindari konflik
- Proses pemecahan konflik yang efektif
- Resolusi konflik
SESI 2: KECERDASAN EMOSI UNTUK MENGELOLA KONFLIK
Sub Bahasan
- Memahami cara emosi mempengaruhi konflik
- Memahami cara menghindari pengambilan keputusan saat emosi dalam kendali negatif
- Cara menggunakan manajemen kemarahan dalam menyelesaikan konflik
- Serangkaian taktik psikologis dalam mengatasi konflik
- Kecerdasan untuk mengeksploitasi sifat baik diri sendiri
- Emosi-emosi penyebab utama konflik
- Terhubung dan berkomunikasi dengan emosi cerdas kepada sesama kolega dan atasan
- Mencerdaskan emosi untuk menjadi lebih produktif dan efektif
SESI 3: PENGENDALIAN DIRI DALAM MENANGGAPI SITUASI KONFLIK YANG MENINGKAT
Sub Bahasan
- Pendekatan yang efektif untuk memenangkan konflik
- Sikap-sikap yang dapat digunakan untuk pengendalian konflik
- Ketenangan dan daya tahan terhadap energi arogansi
- Kemampuan pengendalian diri terhadap pernyataan yang samar-samar
- Menahan serangan yang sifatnya kepribadian
- Cerdas bersikap saat konflik dibesar-besarkan
- Cerdas memahami persepsi yang menciptakan konflik
- Cerdas berinteraksi untuk mencapai perdamaian atas konflik
- Memahami bahwa situasi konflik yang meningkat itu tidak produktif untuk diri sendiri dan perusahaan
SESI 4: CARA BERNEGOSIASI DAN MENCEGAH KONFLIK
Sub Bahasan
- Bernegosiasi secara efektif untuk mendapatkan solusi (win-win)
- Prinsip-prinsip negosiasi
- Cara mengelola konflik
- menggunakan strategi negosiasi mapan untuk menyelesaikan konflik
- Menggunakan pihak ketiga untuk intervensi atas konflik
- Sistem untuk mencegah konflik destruktif
- Sumber daya untuk mengelola konflik secara efisien
- Jenis intervensi dari pihak ketiga untuk menyelesaikan konflik
METODOLOGI PELATIHAN
Fokus pada pelatihan aktif, presentasi, interaktif, diskusi kelompok, brainstorming, bermain peran, berpikir kreatif, simulasi, belajar dalam kompetisi permainan, studi kasus, latihan, bimbingan, diskusi, perenungan, experiential learning, icebreaker.
Instruktur : Ir. Wilbert Situmeang,CBA,CPHC,CHt and Partners
Trainer, Business & Sales Coach, Counselor dengan pengalaman 20 tahun di bidang Selling dari posisi staff sampai ke level Director
Spesialisasi di bidang : Sales, Motivational, Leadership, Persuasi , Negosiasi, Coaching & Counseling
Certified dalam berbagai kompetensi dari lembaga local maupun Internasional:
- Certified of Six Thinking Hats (Creative Thinking )
- Certified of Sales Coach
- Certified Behavior Analyst (CBA)
- Certified of Hypnotherapy (CHt) dari Indonesia Board of Hypnosis (IBH)
- Certified Coach Practitioner (CCP)
- Certified Art of Transformational Coach ( CATC)
Berpengalaman sebagai trainer dan konsultan +/- 15 tahun, di berbagai perusahaan nasional dan multi nasional: manufaktur, banking, multifinance, telekomunikasi, advertising agency, baik sebagai Specialist maupun Generalist di bidang Motivation of Human Resources
Banyak berkecimpung sebagai Konsultan, Leadership, Bimbingan Karir, Trainer, Motivator, Assessor dan Course Director untuk program Team Building di berbagai perusahaan swasta nasional dan multi nasional.
TEMPAT TRAINING
Fave Melawai/ Amos Cosy Hotel Melawai – Jakarta Selatan
- 08 – 09 April 2020
- 11 – 12 Mei 2020
- 08 – 09 Juni 2020
- 06 – 07 Juli 2020
- 10 – 11 Agustus 2020
- 07 – 08 September 2020
- 04 – 05 Oktober 2020
- 09 – 10 November 2020
- 06 – 07 Desember 2020
INVESTASI TRAINING
- Rp 4.000.000,- / Peserta Non-Residential.
- Sudah termasuk Meeting Package, Training Kits, Snack, Foto 10R, Modul Pelatihan dan Sertifikat.
MANAJEMEN KONFLIK