MANAJEMEN PENGGAJIAN / PENGUPAHAN EFEKTIF SESUAI PERATURAN PEMERINTAH DAN PENDEKATAN PASAR
Acara
17 – 18 Oktober 2013 | Rp. 4.000.000 di Park Hotel / Harris Hotel Tebet, Jakarta
19 – 20 November 2013 | Rp. 4.000.000 di Park Hotel / Harris Hotel Tebet, Jakarta
19 – 20 Desember 2013 | Rp. 4.000.000 di Park Hotel / Harris Hotel Tebet, Jakarta
Deskripsi Training Manajemen Penggajian
Sistem remunerasi merupakan hal yang krusial dalam konteks pengelolaan SDM. Selain merupakan hal yang sensitif, kesalahan dalam mengelola remunerasi perusahaan dapat mengakibatkan gejolak di internal perusahaan. Ditambah lagi kondisi eksternal yang kurang mendukung seperti situasi / kondisi makro ekonomi negara yang sulit saat ini terkait dengan penurunan daya beli karyawan juga situasi keuangan perusahaan kita yang juga sedang berupaya meminimalkan biaya – biaya. Kondisi ini menuntut adanya optimalisasi pemanfaatan Budget HR. Sistem remunerasi yang efektif perlu disusun dengan mempertimbangkan beberapa hal : internal equity, external competitive, dan sejalan dengan arah dan strategi bisnis perusahaan. Effective Remuneration System ditujukan bagi penanggung jawab remunerasi agar memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola sistem yang efektif di tempat tugasnya.
Metode Training Manajemen Penggajian :
Pelatihan ini menggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep, diberikan contoh aplikasinya, berlatih menggunakan konsep, mendiskusikan proses dan hasil latihan
Materi Training Manajemen Penggajian :
1. KEBIJAKAN DAN PERUNDANGAN SISTEM IMBAL JASA
- Mempertimbangkan arah dan strategi organisasi
- Kecenderungan global system remunerasi
- Ketentuan perundangan yang berlaku
- Komponen remunerasi
- UMR dan konsekuensinya
2. ANALISA SISTEM REMUNERASI
- Analisa keberadilan internal (internal equity analysis)
- Regresi linier sebagai alat bantu analisis
- Menetapkan kebijakan keberadilan internal
- Simulasi internal analysis (excel file)
3. JOB EVALUATION (LANGKAH PENTING DALAM MELAKUKAN PENGATURAN SISTEM REMUNERASI)
- Pemilihan metode Job evaluation
- Menetapkan factor compansable
- Simulasi Job Evaluation Guide Chart (excel file)
4. MENYUSUN SYSTEM GRADING
- Faktor-faktor yang harus diperhatikan (Struktur organisasi, sistem karir, rentang gaji, kompetensi, bobot jabatan, dll)
- Simulasi Grading (excel file)
5. SALARY INCREASE
- Dasar perhitungan kenaikan gaji
- Compa ratio dan analisa regresi sebagai alat bantu penetapan kenaikan gaji
- Masalah over-under paid dan alternatif penyelesaiannnya
- Keterkaitan sistem remunerasi dengan sistem penilaian kinerja
Trainer:
Ir. DINAR WULAN SUTOTO, M.Si
Adalah praktisi yang telah berpengalaman lebih dari 20 tahun di bidang SDM dan General Management, yang mendedikasikan diri pada upaya meningkatkan kemampuan insan SDM dalam menjalankan praktek pengelolaan SDM serta penyiapan infrastrukturnya. Sebagai seorang lulusan Magister of Science di bidang SDM dari Universitas Indonesia yang terus menimba ilmu di dalam dan luar negeri antara lain National University of Singapore serta Michigan University, saat ini berkolaborasi dalam bentuk konsorsium untuk pengembangan SDM antara Binamanajemen Indonesia sebagai penanggung jawab dalam pelaksanaan dibidang pelatihan dan Hardisc Consultant sebagai penanggung jawab dalam pelaksanaan dibidang konsultansi SDM. Dalam banyak keterlibatan dan berpengalaman sebagai internal counterpart team yang bekerja sama dengan beberapa konsultan manajemen terkenal baik lokal maupun multinasional, sehingga berwawasan luas baik dari sisi konsep maupun aplikasinya. Sebagai fasilitator dari beberapa modul pelatihan khususnya dalam bidang mengembangkan sistem pengelolaan SDM serta mempunyai kemampuan untuk melengkapi setiap modul pelatihan yang diselenggarakan dengan aplikasi komputer praktis barbasis MS Excel, sehingga lebih mudah dipahami sekaligus diimplementasikan di tempat kerja.
Jadual & Lokasi :
- 22-23 Agustus 2013
- 17-18 September 2013
- 17-18 Oktober 2013
- 19-20 November 2013
- 19-20 Desember 2013
Harga :
- Rp 3.700.000 – Group (min untuk 3 orang/ perusahaan)
- Rp 3.850.000 – Early Bird
- Rp 4.000.000 – Full Fare
SETIAP PESERTA DIHARAPKAN MEMBAWA LAPTOP UNTUK PRAKTEK
MANAJEMEN PENGGAJIAN/PENGUPAHAN EFEKTIF SESUAI PERATURAN PEMERINTAH DAN PENDEKATAN PASAR