Manajemen Risiko & Pengelolaan Pengetahuan Organisasi
ACARA
14 Juni 2019 | Rp 1.450.000,- di SME Tower, Jakarta Selatan
19 Juli 2019 | Rp 1.450.000,- di SME Tower, Jakarta Selatan
16 Agustus 2019 | Rp 1.450.000,- di SME Tower, Jakarta Selatan
20 September 2019 | Rp 1.450.000,- di SME Tower, Jakarta Selatan
Jadwal Training 2019 Selanjutnya …
Deskripsi Pelatihan Manajemen Risiko & Pengelolaan Pengetahuan Organisasi
Manajemen risiko adalah sebuah cara sistematis dalam memandang risiko dan menentukan tindakan penanganan atas risiko tersebut. Manajemen risiko terwujud dalam dua bentuk tindakan, yaitu mencegah dan memperbaiki/menanggulangi. Tindakan pencegahan dilakukan untuk menurunkan peluang risiko, menghindari risiko, atau mentransfer risiko pada tahap awal operasi. Sementara tindakan penanggulangan/perbaikan (corrective action) dilakukan untuk mengurangi efek yang ditimbulkan akibat terjadinya risiko atau ketika risiko harus diambil. Sebuah perusahaan tentunya menghadapi beragam risiko yang semakin tinggi dan kompleks, baik risiko internal maupun eksternal. Manajemen risiko yang terstruktur dan terintegrasi dalam aktivitas perusahaan perlu diterapkan untuk mengatasi banyaknya ketidakpastian yang dihadapi perusahaan. Dengan menerapkan manajemen risiko, sebuah perusahaan telah mengidentifikasi risiko-risiko yang mungkin terjadi, mengukur besarnya risiko dan memperkirakan akibat yang ditimbulkan, serta mempersiapkan tindakan penanganan yang tepat. Kemampuan mengelola risiko dengan baik akan mewujudkan perusahaan yang mampu bertindak percaya diri dan yakin terhadap segala keputusan-keputusan yang diambil oleh perusahaan.
Pengelolaan pengetahuan organisasi atau yang sering disebut manajemen pengetahuan adalah kegiatan mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan, dan mendistribusikan pengetahuan untuk digunakan, diketahui, dan dipelajari kembali dalam sebuah organisasi. Tujuan pengelolaan pengetahuan organisasi di antaranya untuk mencapai pengetahuan bersama, peningkatan kinerja, keunggulan kompetitif, atau inovasi oleh perusahaan. Pada dasarnya, kegiatan mengelola pengetahuan sudah sering dilakukan sehari-hari dalam organisasi, seperti dalam kegiatan diskusi sepadan dalam kerja, program magang, perpustakaan perusahaan, atau program mentoring. Namun, dalam sebuah sistem manajemen pengetahuan, diharapkan kegiatan pengelolaan pengetahuan dapat dilakukan secara terencana, tertata, dan terintegrasi dengan strategi bisnis perusahaan/organisasi secara umum. Sistem manajemen pengetahuan akan membantu organisasi untuk mengetahui bagaimana mengerjakan sesuatu dengan lebih baik.
Manfaat Penerapan Manajemen Risiko di Perusahaan
- Melindungi perusahaan dari kegagalan dan memperkecil kemungkinan gangguan operasi perusahaan
- Memudahkan estimasi biaya perusahaan, menstabilkan pendapatan perusahaan dan menunjang peningkatan laba
- Memberikan pendekatan sistematis dan logis untuk proses pengambilan keputusan
- Memungkinkan para pembuat keputusan menghadapi risiko dan ketidakpastian secara nyata dan terprediksi
- Sebagai pedoman dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi perusahaan
- Menyediakan analisis cermat dari berbagai pilihan alternatif penanggulangan risiko
- Memberikan kedamaian dan ketenangan bagi pembuat keputusan karena adanya perencanaan bagi risiko-risiko yang mungkin dihadapi perusahaan
Manfaat Penerapan Pengelolaan Pengetahuan Organisasi
- Membantu perusahaan dalam penyusunan strategi dan penyelesaian masalah
- Memudahkan penyebaran cara praktik kerja yang baik
- Meningkatkan terjadinya pertukaran ide dalam lingkungan perusahaan dan peluang untuk melakukan inovasi
- Menjadikan organisasi selalu terdepan dalam kompetisi
- Mengembangkan skill profesional individu dalam organisasi
- Memfasilitasi kerja sama tim yang efektif dalam lingkungan kerja
- Mendorong adanya peer-to-peer mentoring antar individu
Sasaran Pelatihan Manajemen Risiko & Pengelolaan Pengetahuan Organisasi
Setelah mengikuti training, perusahaan diharapkan dapat:
- Memahami pentingnya manajemen risiko
- Memahami konsep dasar dalam proses manajemen risiko
- Menerapkan sistem manajemen risiko di perusahaan
- Memahami perbedaan antara pengetahuan, informasi, dan data
- Mengetahui teknik untuk menyalurkan data mentah ke dalam bentuk informasi yang bermanfaat
- Membuat desain pengelolaan pengetahuan organisasi yang menunjang kinerja perusahaan
- Menerapkan sistem pengelolaan pengetahuan atau manajemen pengetahuan di organisasi/perusahaan
Materi Pelatihan Manajemen Risiko & Pengelolaan Pengetahuan Organisasi
- Pengantar manajemen risiko
- Proses manajemen risiko
- Workshop identifikasi risiko
- Workshop analisis risiko
- Dokumen manajemen risiko
- Organisasi manajemen risiko
- Workshop evaluasi risiko
- Dukungan teknologi informasi dan komunikasi
- Membangun budaya sadar risiko
- Road map manajemen risiko
Target Peserta Pelatihan Manajemen Risiko & Pengelolaan Pengetahuan Organisasi
Top Management, direktur, manajer, supervisor, staff ISO/ QC/ QA, dosen, guru,mahasiswa, pelajar, dll.
Metode Pelatihan Manajemen Risiko & Pengelolaan Pengetahuan Organisasi
Kuliah/ Pelatihan, Diskusi, Workshop, Permainan, Kuis, Post Test, evaluasi training serta sharing pengalaman.
Lokasi Pelatihan
GBC Conference Room, SME Tower, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 64, Jakarta Selatan 12780 Indonesia.
- 24 Mei 2019 / 21 Juni 2019 / 26 Juli 2019 / 23 Agustus 2019 / 20 September 2019 / 25 Oktober 2019 / 22 November 2019 / 27 Desember 2019
- Durasi: 1 hari pelatihan
Fasilitas untuk Peserta :
- Modul training
- Sertifikat
- ATK
- Makan siang dan coffee break
- Instruktur yang kompeten
- Member Id
Pemahaman dan Penerapan Manajemen Risiko serta Pengelolaan Pengetahuan Organisasi