MEASURING TRAINING IMPACTS AT WORK – Half Confirmed
ACARA
24 – 25 November 2015 | Rp. 6.600.000,- di Five Star Hotels, Jakarta
LATAR BELAKANG PROGRAM MEASURING TRAINING IMPACTS AT WORK
- Masih ada kita temui pemahaman yang keliru tentang training yang berhasil, di mana keberhasilan yang dimaksud ternyata didasarkan pada keberhasilan penyelenggaran, padahal keberhasilan sebuah Program Training, dilihat dari seberapa jauh ex-peserta Training menerapkan pengetahuan & keterampilan yang telah dipelajri, di tempat kerja
- Tujuan Training tidak berhenti pada membuat peserta menjadi mampu, tapi bagaimana membuat peserta menerapkan kemampuannya itu di tempat kerja. Oleh karena itu monitoring & evaluasi hasil Training di tempat kerja adalah merupakan salah satu tahap yang sangat penting, bahkan 70% keberhasilan Training tergantung pada tahap ini
- Program ini akan banyak memberikan pengetahuan & keterampilan tentang bagaimana cara melakukan monitoring dan evaluasi terhadap ex-peserta sebuah Training setelah mereka kembali ke tempat kerja (Measuring Training Impact At Work).
SASARAN PROGRAM MEASURING TRAINING IMPACTS AT WORK
Setelah selesai mengikuti Program ini para peserta akan :
- Memiliki pemahaman yang benar tentang Training yang berhasil, serta syarat-syarat keberhasilannya
- Mengenal hal-hal yang menjadi hambatan yang membuat tidak berhasilnya Program Training selama ini
- Memiliki kemampuan dalam mengantisipasi dan mengatasi hambatan-hambatan yang terjadi sehingga Program Training menjadi efektif dan berhasil
- Memiliki pengetahuan & keterampilan tentang cara merancang System & Mekanisme Monitoring dan Evaluasi hasil Training ditempat kerja, termasuk merencanakan, melaksanakan, serta menindaklanjuti hasilnya.
GARIS BESAR MATERI MEASURING TRAINING IMPACTS AT WORK
- Pengertian Training sebagai salah satu metode Belajar (Learning) yang efektif
- Mengapa dan bilamana Training dibutuhkan
- Apa yang disebut dengan Training yang berhasil, serta syarat-syarat keberhasilannya
- Persepsi yang keliru (miss-concept) tentang Training
- Saling keterkaitan antara pihak-pihak yang berkepentingan dalam membuat Training berhasil
- Peran Monitoring & Evaluasi hasil Training di tempat kerja terhadap keberhasilan Training
- Apa sebenarnya Sasaran Akhir sebuah Training
- Mengapa Training tidak berhasil
- Mengenal hambatan-hambatan penerapan hasil Training di tempat kerja
- Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengatasi hambatan
- Bagaimana merancang System Monitoring & Evaluasi hasil Training
- Aspek-aspek yang perlu dievaluasi dalam proses Training
- Korelasi antara Training Manager, Line Manager, Trainer, Organizer, dan Peserta dalam proses Evaluasi
- System Evaluasi di Kelas, dan system evaluasi di tempat kerja
- Monitoring & Evaluasi hasil Training di tempat kerja, pengertian dan sasaran
- Proses tahap demi tahap dalam melakukan evaluasi hasil Training di tempat kerja
- Memahami arti Key Indicator dan Standards dalam melakukan evaluasi
- Bagaimana merancang Pola Dasar Evaluasi
- Mekanisme monitoring & evaluasi
- Obyek atau sasaran evaluasi
- Ketentuan-ketentuan tentang hasil evaluasi
- Dua cara dalam melakukan follo up hasil evaluasi
- On-the-Job Training sebagai salah satu tindaklanjut hasil evaluasi
- Post-Training Evaluation Handbook sebagai pedoman evaluasi
Peran Line Manager dalam proses Staff Training & Development
TARGET PESERTA MEASURING TRAINING IMPACTS AT WORK
Line Manager (yang sangat berkompeten melakukan monitoring & evaluasi terhadap anak buahnya di tempat kerja), karena mereka berkepentingan untuk memperoleh ana buah yang well-trained dan well-motivated. Juga tentunya personel di Bagian Training, termasuk Internal Trainer untuk Bagian-bagian tertentu.
JANGKA WAKTU MEASURING TRAINING IMPACTS AT WORK
2 (dua) hari @ 7 (tujuh) jam efektif per hari, atau 14 (empatbelas) jam efektif
METODOLOGI BELAJAR – MENGAJAR MEASURING TRAINING IMPACTS AT WORK
Menerangkan konsep, diikuti dengan memberikan contoh, yang selanjutnya setiap peserta diminta latihan merancang System & Mekanisme Monitoring dan Evaluasi, serta role play bagaimana melakukan evaluasi langsung dan memberi feedback pada saat anakbuahnya bekerja – di tempat kerja
Workshop Leader MEASURING TRAINING IMPACTS AT WORK
Semba Biawan
Semba Biawan yang terakhir bekerja dan mengakhiri masa tugasnya di Coca-Cola Indonesia dan Coca-Cola Amatil Indonesia Kantor Pusat Jakarta, – di mana ia bekerja selama hampir 10 tahun sebagai National Learning &Development Manager, memiliki pengalaman kerja lebih dari 35 tahun pada posisi manajerial di bidang Human Resources & Training di perusahaan Nasional dan Multinasional.
Ia memulai karir manajerialnya di thn 1976 sebagai Human Resources Manager di sebuah Industri Tekstil yang dikelola oleh Bancom dari Pilipina, kemudian bekerja di Hotel berbintang yang bermata rantai internasional yaitu di Regent International, Beufort International, Mandarin Oriental, dan Melia Sol.
Ia belajar di National Hotel Institute (NHI) Bandung, lebih dari 36 tahun yang lalu (lulus dengan peringkat terbaik – best student), selanjutnya mengikuti berbagai Management Development Program dan Seminar baik di dalam maupun di luar negeri, antara lain :
- Management Development Program, oleh Prof. Alejandro Reyes of Asian Institute of Management (AIM), Manila, Philippines
- Train the Trainer Program, oleh Mr. Gianfranco Astory of Lausanne Hotel School, Switzerland – Best Student
- Supervisory Development on Communication, oleh Mr. Sandy Strayer of Inter-Continental Hotels Corporation, Jakarta
- Leadership and Influence, oleh DR. Roger Gill of Dimension Development International (DDI), Hongkong.
- Negotiation & Sales Presentation, oleh Director of Customer Service of The Coca-Cola Company, Pacific Group, Kuala Lumpur
- Dealing With Changes, a psychological training program, oleh Pacific Institute, Perth, Australia
- Effective Way In Learning Process, oleh Mr. Rolando Alpe of Leading Consulting Network, Makati, Manila
- OptimaLearning, oleh DR. Ivan Barzakov, specialist in research on the roles of music in learning process, Jakarta.
- Subliminal Dynamic, learn about function of sub-conscious part of the brain in learning process, oleh Mr. Richards L. Welch, K Lumpur
Hampir di semua perusahaan di mana ia bekerja, selalu mulai dari periode pre-opening dan sebagai opening team terlibat dalam proses merancang dan setting up system & prosedur di bidang Human Resources & Training. Pada saat ia masih aktif di bidang perhotelan, ia berkesempatan memberi training selama 3 bulan kepada para Manager dari hotel di bawah PT. HII, dan ia terpilih sebagai Best Trainer (berdasarkan penilaian peserta) di antara 10 trainer yang ada.
Setelah hampir 10 tahun bekerja di Coca-Cola, Semba Biawan kini memiliki aktivitas sebagai Independent Senior Consultant di bidang Learning & People Development, yang hingga kini telah memberi training kepada ribuanorang dari ratusan perusahaan.
Selama bekerja di Coca-Cola, Semba biawan terlibat dalam peroses merencanakan, merancang, meluncurkan,dan memberikan Program Training untuk para karyawan Coca-Cola seluruh Indnesia terutama para staf di bidang Sales & Distribusi, yaitu Sales Center Manager, Sales Supervisor, dan Salesman, di samping ia juga terlibat dalam peroses merancang Coca-Cola National Learning Center.
Sampai dengan saat ini ada lebih dari 30 Program Training yang telah dirancang dan diberikan (baik secara In-House maupun Public) yang berkaitan dengan Leadership & Komunikasi, Sales & Distribusi, Customer Service, Human Resources Management & Training Management, Problem Solving & Decision Making, dan soft skills lainnya (lihat Daftar Klien untuk In-House Training, terlampir).
Di luar tugas pokoknya, Semba Biawan sejak masih di Coca-Cola hingga saat ini sering diminta untuk menjadi pembicara (speaker) di berbagai seminar manajemen yang diselenggarakan oleh Seminar Organizer, Educational Institutions dan Professional Associations, di samping ia juga banyak menulis di majalah dan surat kabar antara lain di Suara Karya, Bali Post, Bulletin Ekonomi BAPINDO, Majalah Psikologi ANDA, dan Majalah
SWA, dan pada tahun 2007 ia menulis buku tentang Leadership & Komunikasi yang berjudul “Your Words Your Power” yang diterbitkan oleh Gramedia Group, diikuti oleh bukunya yang kedua yang diterbitkan oleh penerbityang sama (Gramedia Group) pada Maret 2013 yang berjudul : “Teknik Menjual Diri – Dalam Merebut Lowongan Kerja” .
Training Fee MEASURING TRAINING IMPACTS AT WORK
- Rp. 6.000.000,- (On The Spot, payment at the latest November 13th 2015)
- Rp. 6.600.000,- (Full fare)
GIFT TRAINING MEASURING TRAINING IMPACTS AT WORK
- HP Android (Lenovo, Samsung, LG, Advan) atau
- Tab (Lenovo, Samsung, LG, Advan) atau
- Voucher Ace Hardware atau
- Voucher Matahari Dept. Store atau
- Voucher Carrefour
MEASURING TRAINING IMPACTS AT WORK