Media Relation
ACARA
04 – 05 November 2019 | Rp. 6.400.000,- di Yogyakarta/ Semarang/ Solo
11 – 12 November 2019 | Rp. 7.400.000,- di Bandung/ Jakarta/ Surabaya
Jadwal Training 2019 Selanjutnya …
06 – 07 Januari 2020 | Rp. 8.400.000,- di Bali/ Batam/ Balikpapan/ Manado/ Lombok
Jadwal Training 2020 Selanjutnya …
Deskripsi Training Media Relation
Media relations merupakan bentuk strategi komunikasi seorang Public Relations professional dalam menjaga hubungan dengan media. Menjalin dan mempertahankan hubungan baik dengan media amatlah penting bagi seorang Public Relations. Sebab media adalah sarana publikasi, dimana segala informasi tentang perusahaan disalurkan selain itu media juga merupakan sarana untuk membangun reputasi. Saat ini media merupakan acuan public untuk bergerak dan bertindak, publik seolah digiring oleh media untuk berperilaku sesuai dengan isu yang ada. Pasalnya Jika media menggiring publik ke arah yang negative maka hal ini akan membawa dampak yang kurang menguntukan bagi perusahaan karena dapat mempengaruhi reputasi perusahaan. Jika media menggiring kearah yang positif maka ini akan meningkatkan reputasi perusahaan. Sehingga penting sekali bagi Public Relations professional untuk menjalin hubungan baik dengan media.
Kunci dari kegiatan media relations adalah konsistensi. Public Relations harus selalu memberikan informasi kepada media secara rutin dan haruslah sering mengadakan pertemuan untuk sekedar sharing santai. Hal ini penting dilakukan karena media akan selalu menginginkan informasi setiap hari setiap saat. Konsistensi juga diperlukan dalam konten publikasi agar tidak membosankan. Public Relations harus memikirkan berita yang akan dimuat, siapa audience nya, relevansi berita, durasi penyampaian berita, keakuratan berita, dan siapa penyampai beritanya. Sehingga pesan yang disampaikan melalui media dapat diterima dengan baik oleh publik. Terakhir adalah pentingnya seorang Public Relations melakukan evaluasi dari aktivitas media relations yang dilakukan. Bagaimanapun juga media relations adalah startegi yang dilakukan oleh public relations dalam membangun dan mempertahankan reputasi perusahaan. Oleh karenanya setiap aktivitas yang telah dilaksanakan perlu dievaluasi. Proses evaluasi dilakukan untuk mengetahui apa yang kurang dan sebaiknya dipertahankan dari kinerja yang telah dilakukan.
Tujuan Training Media Relation
- Mendapat penyiaran mengenai organisasi atau lembaganya secara luas.
- Mendapat pemberitaan yang baik sehingga citra organisasi semakin positif oleh public.
- Dapat menjadi wadah penyalur umpan balik yang diberikan oleh masyarakat kepada organisasi atau lembaga.
- Diharapkan pimpinan dari lembaga atau organisasi lebih bisa mengevaluasi hal yang mempengaruhi keberhasilan dari penjualan atau kegiatan dari lembaga atau organisasi.
- Dapat memnbangun hubungan yang baik dan berkelanjutan antara organisai atau lembaga dengan media maupun dengan masyarakat yang menjadi stakeholdernya.
- Dapat meningkatkan kredibiltas lembaga atau organisasi.
- Mempermudah untuk mendapatkan pelanggan baru
Materi Training Media Relation
- Definisi PR, Marketing PR/Media Relations & Promosi
- Pengertian Public Relations
- Pengertian Marketing Public Relations / Media Relations Vs Promosi
- Integrated Marketing Communications
- Pengertian Integrated Marketing Communications
- Konsep 360° (360 Degree)
- Posisi PR / Media Relations dalam 360 Degree
- Media Relations: Theory Vs Fact
- Jenis dan cakupan kegiatan media relations dalam mendukung promosi
- Program Media Relations (Konvensional vs Media Baru)
- Mengemas Pesan Promosi dalam press Statement (release, factsheet, backgrounder, biography)
- How to create effective media relations program for Effective Promotions
- Program ‘media relations’ untuk promosi yg efektif
- Pemetaan media sesuai kebutuhan ‘promosi’
- Jenis publisitas dan pengaruhnya pada promosi
Peserta Training Media Relation
- Marketing dan communications staff / manager
- Corporate secretary
- PR Officer
- Media Relations staff / manager
Metode
- Presentasi
- Diskusi
- Brainstorming
- Praktek
- Case Study
Waktu Dan Tempat Training 2019
Hotel Maxone, Bali
Hotel Nagoya Plaza, Batam
Hotel Fave, Balikpapan
Hotel Aston, Manado
Hotel Lombok Raya, Mataram
Hotel 101 Dago , Bandung
Hotel Mercure Grand Mirama, Surabaya
Hotel Ibis Senen , Jakarta
Hotel Ibis Solo
Hotel Ibis Simpang Lima, Semarang
Hotel Melia Purosani, Yogyakarta
- 04 – 05 November 2019
- 11 – 12 November 2019
- 18 – 19 November 2019
- 25 – 26 November 2019
- 02 -03 Desember 2019
- 09 – 10 Desember 2019
- 16 – 17 Desember 2019
- 23 – 24 Desember 2019
- 30 – 31 Desember 2019
- Hotel Santika Kuta, Bali
- Hotel Biz, Batam
- Hotel NEO, Balikpapan
- Hotel Aston, Manado
- Hotel Lombok Raya, Mataram
- Hotel Serela Merdeka, Bandung
- Hotel Santika Pandegiling, Surabaya
- Hotel Ibis Senen, Jakarta
- Hotel Ibis, Solo
- Hotel Ibis Simpang Lima, Semarang
- Hotel Melia Purosani, Yogyakarta
- 6 – 7 Januari 2020
- 13 – 14 Januari 2020
- 20 – 21 Januari 2020
- 27 – 28 Januari 2020
- 3- 5 Februari 2020
- 10 – 11 Februari 2020
- 17 – 18 Februari 2020
- 26 – 27 Februari 2020
- 2 – 3 Maret 2020
- 9 – 10 Maret 2020
- 16 – 17 Maret 2020
- 23 – 24 Maret 2020
- 30 – 31 Maret 2020
- 6 – 7 April 2020
- 13 – 14 April 2020
- 20 – 21 April 2020
- 27 – 28 April 2020
- 4 – 5 Mei 2020
- 11 – 12 Mei 2020
- 2 – 3 Juni 2020
- 8 – 9 Juni 2020
- 15 – 16 Juni 2020
- 22 – 23 Juni 2020
- 29 – 30 Juni 2020
- 6 – 7 Juli 2020
- 13 – 14 Juli 2020
- 20 – 21 Juli 2020
- 27 – 28 Juli 2020
- 3 – 4 Agustus 2020
- 10 – 11 Agustus 2020
- 18 – 19 Agustus 2020
- 24 – 25 Agustus 2020
- 31 Agustus 2020 – 1 September 2020
- 7 – 8 Sepember 2020
- 14 – 15 September 2020
- 21 – 22 September 2020
- 28 – 29 September 2020
- 5 – 6 Oktober 2020
- 12 – 13 Oktober 2020
- 19 – 20 Oktober 2020
- 26 – 27 Oktober 2020
- 2 – 3 November 2020
- 9 – 10 November 2020
- 16 – 17 November 2020
- 23 – 24 November 2020
- 30 November 2020 – 1 Desember 2020
- 7 – 8 Desember 2020
- 14 – 15 Desember 2020
- 21 – 22 Desember 2020
- 28 – 29 Desember 2020
Investasi dan Fasilitas
- Rp 8.400.000 (Non Residential) untuk lokasi di Bali, Batam, Balikpapan, Manado atau Lombok
- Rp 7.400.000 (Non Residential) untuk lokasi di Bandung, Jakarta atau Surabaya
- Rp 6.400.000 (Non Residential) untuk Lokasi Solo, Semarang atau Yogyakarta
- Quota minimum 2 peserta
- Quota minimum 3 peserta ( Untuk Manado, Balikpapan dan Lombok Quota minimal 4 peserta)
- Fasilitas : Certificate,Training kits, USB,Lunch,Coffe Break, Souvenir
- Untuk peserta luar kota disediakan transportasi antar-jemput dari Bandara/Stasiun ke Hotel khusus bagi perusahaan yang mengirimkan minimal 3 orang peserta)
Instruktur
Dra. MC. Maryati, MM and team
MEDIA RELATION