MEDIA RELATIONS – Available Online
JADWAL ONLINE TRAINING
03 – 04 Maret 2021 | Rp 3.800.000,- Online Training
05 – 06 Maret 2021 | Rp 3.800.000,- Online Training
Jadwal Online Training Selanjutnya …
JADWAL TRAINING KELAS
05 – 06 April 2021 | Rp 7.400.000,- di Hotel Melia Purosani, Yogyakarta
12 – 13 April 2021 | Rp 7.400.000,- di Hotel Melia Purosani, Yogyakarta
Jadwal Training Kelas Selanjutnya …
Deskripsi Training Media Relations
Media relations merupakan bentuk strategi komunikasi seorang Public Relations professional dalam menjaga hubungan dengan media. Menjalin dan mempertahankan hubungan baik dengan media amatlah penting bagi seorang Public Relations. Sebab media adalah sarana publikasi, dimana segala informasi tentang perusahaan disalurkan selain itu media juga merupakan sarana untuk membangun reputasi. Saat ini media merupakan acuan public untuk bergerak dan bertindak, publik seolah digiring oleh media untuk berperilaku sesuai dengan isu yang ada. Pasalnya Jika media menggiring publik ke arah yang negative maka hal ini akan membawa dampak yang kurang menguntukan bagi perusahaan karena dapat mempengaruhi reputasi perusahaan. Jika media menggiring kearah yang positif maka ini akan meningkatkan reputasi perusahaan. Sehingga penting sekali bagi Public Relations professional untuk menjalin hubungan baik dengan media.
Kunci dari kegiatan media relations adalah konsistensi. Public Relations harus selalu memberikan informasi kepada media secara rutin dan haruslah sering mengadakan pertemuan untuk sekedar sharing santai. Hal ini penting dilakukan karena media akan selalu menginginkan informasi setiap hari setiap saat. Konsistensi juga diperlukan dalam konten publikasi agar tidak membosankan. Public Relations harus memikirkan berita yang akan dimuat, siapa audience nya, relevansi berita, durasi penyampaian berita, keakuratan berita, dan siapa penyampai beritanya. Sehingga pesan yang disampaikan melalui media dapat diterima dengan baik oleh publik. Terakhir adalah pentingnya seorang Public Relations melakukan evaluasi dari aktivitas media relations yang dilakukan. Bagaimanapun juga media relations adalah startegi yang dilakukan oleh public relations dalam membangun dan mempertahankan reputasi perusahaan. Oleh karenanya setiap aktivitas yang telah dilaksanakan perlu dievaluasi. Proses evaluasi dilakukan untuk mengetahui apa yang kurang dan sebaiknya dipertahankan dari kinerja yang telah dilakukan.
Tujuan Training Media Relations
- Mendapat penyiaran mengenai organisasi atau lembaganya secara luas.
- Mendapat pemberitaan yang baik sehingga citra organisasi semakin positif oleh public.
- Dapat menjadi wadah penyalur umpan balik yang diberikan oleh masyarakat kepada organisasi atau lembaga.
- Diharapkan pimpinan dari lembaga atau organisasi lebih bisa mengevaluasi hal yang mempengaruhi keberhasilan dari penjualan atau kegiatan dari lembaga atau organisasi.
- Dapat memnbangun hubungan yang baik dan berkelanjutan antara organisai atau lembaga dengan media maupun dengan masyarakat yang menjadi stakeholdernya.
- Dapat meningkatkan kredibiltas lembaga atau organisasi.
- Mempermudah untuk mendapatkan pelanggan baru
Materi Training Media Relations
- Definisi PR, Marketing PR/Media Relations & Promosi
-
- Pengertian Public Relations
- Pengertian Marketing Public Relations / Media Relations Vs Promosi
- Integrated Marketing Communications
-
- Pengertian Integrated Marketing Communications
- Konsep 360° (360 Degree)
- Posisi PR / Media Relations dalam 360 Degree
- Media Relations: Theory Vs Fact
-
- Jenis dan cakupan kegiatan media relations dalam mendukung promosi
- Program Media Relations (Konvensional vs Media Baru)
- Mengemas Pesan Promosi dalam press Statement (release, factsheet, backgrounder, biography)
- How to create effective media relations program for Effective Promotions
-
- Program ‘media relations’ untuk promosi yg efektif
- Pemetaan media sesuai kebutuhan ‘promosi’
- Jenis publisitas dan pengaruhnya pada promosi
Peserta
- Marketing dan communications staff / manager
- Corporate secretary
- PR Officer
- Media Relations staff / manager
Metode
- Presentasi
- Diskusi
- Brainstorming
- Praktek
- Case Study
Instruktur
Ranny Albanny– Praktisi, trainer dan konsultan untuk public service excellent di beberapa BUMN dan instansi pemerintah.
JADWAL, INVESTASI DAN KETENTUAN ONLINE TRAINING
Jadwal Online Training 2021
- 3 – 4 Maret 2021
- 5 – 6 Maret 2021
- 8 – 9 Maret 2021
- 12 – 13 Maret 2021
- 15 – 16 Maret 2021
- 17 – 18 Maret 2021
- 19 – 20 Maret 2021
- 22 – 23 Maret 2021
- 24 – 25 Maret 2021
- 26 – 27 Maret 2021
- 29 – 30 Maret 2021
- 31 Maret – 1 April 2021
- 5 – 6 April 2021
- 7 – 8 April 2021
- 9 – 10 April 2021
- 12 – 13 April 2021
- 14 – 15 April 2021
- 16 – 17 April 2021
- 19 – 20 April 2021
- 21 – 22 April 2021
- 23 – 24 April 2021
- 26 – 27 April 2021
- 28 – 29 April 2021
- 30 April – 1 Mei 2021
- 3 – 4 Mei 2021
- 5 – 6 Mei 2021
- 7 – 8 Mei 2021
- 10 – 11 Mei 2021
- 24 – 25 Mei 2021
- 28 – 29 Mei 2021
- 2 – 3 Juni 2021
- 4 – 5 Juni 2021
- 7 – 8 Juni 2021
- 9 – 10 Juni 2021
- 11 – 12 Juni 2021
- 14 – 15 Juni 2021
- 16 – 17 Juni 2021
- 18 – 19 Juni 2021
- 21 – 22 Juni 2021
- 23 – 24 Juni 2021
- 25 – 26 Juni 2021
- 28 – 29 Juni 2021
- 30 Juni – 1 Juli 2021
- 2 – 3 Juli 2021
- 5 – 6 Juli 2021
- 7 – 8 Juli 2021
- 9 – 10 Juli 2021
- 12 – 13 Juli 2021
- 14 – 15 Juli 2021
- 16 – 17 Juli 2021
- 21 – 22 Juli 2021
- 23 – 24 Juli 2021
- 26 – 27 Juli 2021
- 28 – 29 Juli 2021
- 30 – 31 Juli 2021
- 2 – 3 Agustus 2021
- 4 – 5 Agustus 2021
- 6 – 7 Agustus 2021
- 11 – 12 Agustus 2021
- 13 – 14 Agustus 2021
- 18 – 19 Agustus 2021
- 20 – 21 Agustus 2021
- 23 – 24 Agustus 2021
- 25 – 26 Agustus 2021
- 27 – 28 Agustus 2021
- 30 – 31 Agustus 2021
- 1 – 2 September 2021
- 3 – 4 September 2021
- 6 – 7 September 2021
- 8 – 9 September 2021
- 10 – 11 September 2021
- 13 – 14 September 2021
- 15 – 16 September 2021
- 17 – 18 September 2021
- 20 – 21 September 2021
- 22 – 23 September 2021
- 24 – 25 September 2021
- 27 – 28 September 2021
- 29 – 30 September 2021
- 1 – 2 Oktober 2021
- 4 – 5 Oktober 2021
- 6 – 7 Oktober 2021
- 8 – 9 Oktober 2021
- 11 – 12 Oktober 2021
- 13 – 14 Oktober 2021
- 15 – 16 Oktober 2021
- 20 – 21 Oktober 2021
- 22 – 23 Oktober 2021
- 25 – 26 Oktober 2021
- 27 – 28 Oktober 2021
- 29 – 30 Oktober 2021
- 1 – 2 November 2021
- 3 – 4 November 2021
- 5 – 6 November 2021
- 8 – 9 November 2021
- 10 – 11 November 2021
- 12 – 13 November 2021
- 15 – 16 November 2021
- 17 – 18 November 2021
- 19 – 20 November 2021
- 22 – 23 November 2021
- 24 – 25 November 2021
- 26 – 27 November 2021
- 29 – 30 November 2021
- 1 – 2 Desember 2021
- 3 – 4 Desember 2021
- 6 – 7 Desember 2021
- 8 – 9 Desember 2021
- 10 – 11 Desember 2021
- 13 – 14 Desember 2021
- 15 – 16 Desember 2021
- 17 – 18 Desember 2021
- 20 – 21 Desember 2021
- 22 – 23 Desember 2021
- 27 – 28 Desember 2021
- 29 – 30 Desember 2021
Investasi dan Fasilitas Training Online
- Course Fee Rp 3.800.000
- Modul online training
- Certificate training Hardcopy dan atau Softcopy
Metode Training Online
Metode pelatihan online dapat dilakukan dengan dua metode dimana Peserta dapat memilih metode yang sesuai. Metode tersebut adalah :
- Metode Peserta Belajar Online Mandiri (Asinkron) yaitu:
- Peserta mendownload materi pelatihan (dalam bentuk file PPT/PDF/video) dan belajar mandiri dengan waktu belajar diatur sendiri oleh peserta.
- Masa aktif tayang setiap materi pelatihan 4 minggu dengan disediakan konsultasi maks 4 jam online dihitung sejak materi mulai ditayangkan.
- Apabila diperlukan peserta dapat diskusi atau konsultasi terkait dengan materi yang akan difasilitasi oleh konsultan/trainer melalui berbagai media seperti Google Meet, Hang Out, Zoom, Team link, atau WhatsApp sesuai dengan kesepakatan.
- Tersedia paket harga khusus jika ada beberapa orang mendaftar untuk training yang sama dan dari perusahaan yang sama
- Metode Live Online Training (Sinkron) yaitu:
- Instruktur mengajar secara LIVE dengan durasi 4 jam perhari selama 2 hari secara terjadwal
- Media Live training dapat menggunakan Google Meet, Hang Out, Zoom atau Team link.
- Tersedia harga khusus jika training yang sama diikuti oleh beberapa peserta dari perusahaan yang sama
Ketentuan Online Training
- Persiapan Peserta
- Dianjurkan menggunakan laptop, bukan smartphone.
- Koneksi internet yang stabil.
- Buku dan alat tulis.
- Platform yang digunakan
- Beberapa alternative platform Zoom, Google Meet, Hang Out, Team link atau Webex untuk conference live training
- Materi, tugas dan dokumen lain akan diupload dalam Google Classroom
- Peserta menginstall aplikasi sesuai yang akan digunakan
JADWAL DAN INVESTASI TRAINING KELAS
Jadwal Training 2021
Hotel Melia Purosani, Yogyakarta
- 5 – 6 April 2021
- 12 – 13 April 2021
- 19 – 20 April 2021
- 26 – 27 April 2021
- 3 – 4 Mei 2021
- 10 – 11 Mei 2021
- 24 – 25 Mei 2021
- 2 – 3 Juni 2021
- 7 – 8 Juni 2021
- 14 – 15 Juni 2021
- 21 – 22 Juni 2021
- 28 – 29 Juni 2021
- 5 – 6 Juli 2021
- 12 – 13 Juli 2021
- 21 – 22 Juli 2021
- 26 – 27 Juli 2021
- 2 – 3 Agustus 2021
- 11 – 12 Agustus 2021
- 18 – 19 Agustus 2021
- 23 – 24 Agustus 2021
- 30 – 31 Agustus 2021
- 6 – 7 September 2021
- 13 – 14 September 2021
- 20 – 21 September 2021
- 27 – 28 September 2021
- 4 – 5 Oktober 2021
- 11 – 12 Oktober 2021
- 20 – 21 Oktober 2021
- 25 – 26 Oktober 2021
- 1 – 2 November 2021
- 8 – 9 November 2021
- 15 – 16 November 2021
- 22 – 23 November 2021
- 29 – 30 November 2021
- 6 – 7 Desember 2021
- 13 – 14 Desember 2021
- 20 – 21 Desember 2021
- 27 – 28 Desember 2021
Investasi & Fasilitas Training Kelas
- Rp 7.400.000 Per Peserta (Non Residental)
- Quota minimum 2 peserta
- Fasilitas : Certificate,Training kits, USB, Lunch, Coffe Break, Souvenir
- Untuk peserta luar kota disediakan transportasi antar-jemput dari Bandara/Stasiun ke Hotel khusus bagi perusahaan yang mengirimkan minimal 3 orang peserta)