Butuh Training?

Silakan ketik kebutuhan training Anda di sini. Ada lebih 14.000 topik dan 250.000 event sepanjang tahun 2024

MENYUSUN SOP MENGGUNAKAN KPI

Acara

12 – 13 Mei 2014 | Rp. 3.500.000,- /peserta di Hotel Menara Peninsula, Jakarta 
17 – 18 Juni 2014 | Rp. 3.500.000,- /peserta di Hotel Menara Peninsula, Jakarta 
14 – 15 Juli 2014 | Rp. 3.500.000,- /peserta di Hotel Menara Peninsula, Jakarta

 

OVERVIEW MENYUSUN SOP MENGGUNAKAN KPI

Seringkali perusahaan mengalami kesulitan ketika cakupan skala usahanya semakin membesar. Kondisi demikian menuntut prosedur yang standar agar setiap karyawan memiliki tugas yang terstandar dan tidak saling lempar tanggung jawab yang membuat organisasi berjalan lambat.

Menyusun pedoman prosedur operasional standar ( SOP ) yang efektif pada dasarnya menunjukan bahwa organisasi mempunyai kemauan memperbaiki langkah-langkah kegiatan serta pengambilan keputusan dan memperbaruinya sesuai dengan tuntutan perubahan yang dialami.

Pedoman atau manual SOP adalah salah satu modal paling penting bagi organisasi untuk mengendalikan seluruh keputusan dan kegiatan yang dilakukannya dalam koridor yang sistematis dan efektif. Semakin besar organisasi, semakin besar pula tuntutan untuk mempunyai perangkat kontrol yang memadai. Aspek operasi harus sama baik dengan aspek administrasi. Sisi pendapatan harus juga sama baiknya dengan pengendalian biaya.  Semua itu hanya bisa terwujud apabila organisasi memiliki panduan yang jelas tentang pengambilan keputusan dan kegiatannya.

Pelatihan penyusunan SOP ini disajikan untuk memenuhi kebutuhan organisasi tentang penyusunan prosedur operasional standar yang benar. Banyak organisasi yang mengabaikan ini karena dipandang tidak terlalu penting. Tetapi, sejarah bisnis telah membuktikan bahwa organisasi yang mampu bertahan dan terus berkembang adalah yang memiliki pedoman yang jelas dan dipahami secara jelas dan standar oleh anggotanya.

Pelatihan ini memberikan prinsip-prinsip penyusunan SOP yang efektif yang tidak hanya memuat hal-hal teknis penyusunan , tetapi juga mencakup latar belakang dan arti penting penyusunan SOP dan juga hambatan-hambatan yang dihadapi dalam penyusunan SOP yang efektif. Pelatihan ini juga dilakukan secara gamblang sehingga mudah dimengerti karena dikembangkan berdasarkan pengalaman praktis di perusahaan. Model pembelajaran yang berhasil akan menjadi pola dalam pelatihan ini.


TUJUAN DAN MANFAAT PELATIHAN

  • Mengerti latar belakang dan arti pentingnya penyusunan SOP
  • Memahami prinsip, metode dan teknik penyusunan SOP
  • Memberikan pedoman dalam pembuatan SOP yang efektif dalam rangka meningkatkan kinerja dan wawasan perusahaan.

 

MATERI MENYUSUN SOP MENGGUNAKAN KPI

  1. Organisasi dalam Konteks Pemahaman Sistem
  2. Job Analisys
  3. Manfaat Job Analisys
  4. Tujuan Job Analisys
  5. Job Description
  6. Langkah – langkah menulis Job Description
  7. Key Performance Indicator
  8. Mengapa perlu ada sistem di dalam organisasi?
  9. Mengapa perlu ada Standard Operating Procedures?
  10. Unsur-unsur Standard Operating Procedures
  11. Manfaat Teknis Standard Operating Procedures
  12. Kontrol Intern dan Standard Operating Procedures
  13. Hambatan-hambatan Penyusunan Standard Operating Procedures
  14. Metode dan Teknik Penyusunan Standard Operating Procedures
  15. How to write Standard Operating Procedures easily

 

METODE PELATIHAN

  1. Pemaparan materi menggunakan  modul yang disesuaikan dengan output/ tujuan pelatihan ini.
  2. Penyampaian materi diberikan dengan metode pengalaman, sehingga dapat sesuai dengan kondisi lingkungan kerja di perusahaan Anda.
  3. Pemaparan materi menggunakan media Visual, Auditory, dan Kinestethic peserta.
  4. Penyampaian materi untuk menciptakan persepsi baru yang dapat  merubah mindset dan pemahaman peserta pelatihan.

 

Model Pelatihan

Prosentase

Teori

30%

Kiat/tips praktis

25%

Studi kasus

20%

Assignment/simulation/roleplay

20%

Games/Ice beraking

5%

 

 

 

 

 

 

Games, Role Play, Group Discussion, Case Study, Simulation, Assignment

 

PESERTA

Mereka yang memiliki Peran, Fungsi serta Tanggungjawab sebagai Pengambil Keputusan dalam Unit Bisnis dan Department menjadi Kunci dalam Pergerakan Perusahaan. Seperti Para Manager SDM, Kepala Bagian kepegawaian  (Kabag), dan Kepala Sub Bagian (Kasubag) atau pemimpin perusahaan sekalipun.

 

Fasilitator

Eko Supriyatno SE, MM. MTB

Beliau adalah lulusan dari suatu lembaga Institute dengan konsentrasi pada Manajemen. Saat ini beliau sebagai konsultan yang bergerak dibidang jasa konsultasi manajemen. Selain itu beliau adalah seorang instruktur/trainer/speaker pada berbagai workshop dan training di bidang sumber daya manusia dan pemasaran. Sebelumnya, beliau telah sukses sebagai praktisi, terbukti dari berbagai posisi yang pernah disandangnya. Posisi Assistant Manager di PT Astra International pernah dipegangnya, serta posisi Business Manager di PT Wicaksana Overseas International Tbk. Selain itu beliau pernah bekerja sebagai direktur training LP3I (lembaga pendidikan ternama). Beberapa proyek yang pernah ditanganinya adalah Penyusunan Job Description, Pengembangan dan Desain Organisasi, strategi SDM, Pengembangan Peran Baru SDM di berbagai perusahaan retail, Fast Moving Consumer Good (FMCG), pelayaran dan Penerbangan. Tak diragukan lagi bahwa beliau sangat piawai dalam mengemukakan formulasi-formulasi baru di bidang SDM, Marketing dan Strategi yang bersifat praktis. Beberapa training yang seringkali dibawakan adalah Metode dan Teknik Penyusunan SOP, Management Skill For Managers, Negotiating skills, Time Management, Marketing Intellegence, Effective Marketing for Your Company, Smart Selling, Managing HR for Beginner, Recruitment Handbook dan lain-lain.

 

Our Clients

  1. Rajawali Nusantara Indonesia (RNI)
  2. BANK INDONESIA
  3. PT. JUANG JAYA LAMPUNG
  4. Kartika Airline
  5. PTPN V Pekan Baru
  6. FIF Astra Finance
  7. Yayasan Perguruan Al IZHAR
  8. Telkom
  9. PG Rajawali Surabaya

( BUMN )

  1. PT. VICO INDONESIA
  2. Dinas Pelayanan PAJAK
  3. LKPP
  4. PERUM Percetakan Negara
  5. PT. KRISTAMEDIKA
  6. Angkasa Pura
  7. Badan pemeriksa Keuangan (BPK)
  8. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Solo
  9. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)
  10. PT. Pos Indonesia
  11. Rumah Makan Ampera
  12. Yayasan Pendidikan Aulia
  13. Komisi Ombudsman
  14. Bank Riau
  15. Bank Indonesia
  16. Bank BNI 46
  17. Departemen Keuangan
  18. Pikiran Rakyat
  19. Tempo
  20. Honda Prospek Motor
  21. TVRI
  22. RRI
  23. Pasca Sarjana UI
  24. CMNP
  25. Sinar Mas Tbk
  26. BPPT Prov Sumatera Utara
  27. Dll

 

Jadwal & Tempat :

  • 12-13 Mei 2014
  • 17-18 Juni 2014
  • 14-15 Juli 2014
  • Pk. 09.00 – 16.00 WIB
  • Hotel Menara Peninsula

Investasi :

  • Rp. 3.500.000,- /peserta
  • Including : Sertificate,Training Modules, Workshop kit, Lunch, Snacks, Foto 10R.

 

KIAT MENYUSUN SOP MENGGUNAKAN KPI

Formulir Pra-Pendaftaran Public Training / Permintaan Informasi Lebih Lanjut
  1. JENIS INFORMASI/TRAINING
  2. (required)
  3. (required)
  4. DATA PRIBADI
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. PESAN UNTUK PENYELENGGARA TRAINING
  14. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days

Tags:  , , , , , , , , , , ,