MERCHANDISING SALES – Half Confirmed
ACARA
26 – 27 Maret 2019 | Rp 4.350.000 di Hotel Ibis/ Dreamtel, Jakarta
OVERVIEW TRAINING MERCHANDISING SALES
Pada saat ini persaingan bisnis telah meningkat dengan tajam dan diperkirakan akan semakin meruncing di kemudian hari, seiring dengan makin meningkatnya jumlah perusahaan dan berkembangnya tehnik-tehnik baru dalam mengembangkan penjualan. Berkembangnya kebutuhan dan keinginan konsumen dalam hal kebutuhan juga membuat para pemain bisnis berfikir keras dan cermat agar produk nya tetap disukai dan dibeli oleh konsumen pada setiap tempat atau toko ( Tradional Trade maupun di Modern Trade) .
Disisi lain yang juga menarik adalah perkembangan dalam berusaha agar penampilan tokonya juga ingin terlihat menarik dan menyenangkan agar konsumen akan selalu datang dan berbelanja, persaingan ini membuat segala usaha, untuk membuat tokonya berbeda dan nyaman untuk dikunjungi secara terus menerus harus dilakukan. Sedangkan di toko-toko tradisional (Traditional Trade ) juga terlihat ada perkembangan upaya agar tokonya juga terlihat menarik, meskipun design dan caranya berbeda dengan Modern Trade.
Merchandising adalah satu konsep dan alat yang berupa cara penataan/penampilan produk yang telah terbukti secara efektif dapat meningkatkan penjualan, yang juga dapat menaikkan” image”dari perusahaan/brand/produk, dan atau toko yang melakukan merchandising tersebut. Dimasa mendatang peranan merchandising akan makin besar dan penting dalam upaya untuk memikat dan menarik konsumen berbelanja ditengah persaingan yang semakin keras . Keunggulan merchandising adalah terletak pengetahuan dan pengetrapan konsep konsistensi pelaksanaannya dan “excellence” dirasakan oleh konsumer
TUJUAN, MANFAAT DAN SASARAN TRAINING MERCHANDISING SALES
Keuntungan atau tujuan dari program merchandising sales training :
- Tenaga penjualan memahami/memiliki pengetahuan yang merupakan salah satu cara untuk meningkatkan penjualan.
- Memberikan kesadaran bahwa peranan mereka bisa ditingkatkan selain hanya melakukan distribusi ke toko, sehingga diharapkan memberikan kepuasan dalam pekerjaannya
- Memperbaiki penampilan brand/produk di toko (baik Traditional Trade maupun Modern Trade ).
- Mendapatkan pengetahuan penguasaan dan pengalaman merchandising dari perusahaan” fast moving consumer goods ” ternama di Indonesia
Manfaat merchandising bagi konsumen :
- Mengingatkan konsumen mengenai brand/produk.
- Memudahkan konsumen untuk menemukan produknya.
MATERI TRAINING MERCHANDISING SALES
Hari pertama :
- Traditional Trade (TT)
- Profile konsumen :
- Apa saja keinginan dan kebutuhan konsumen.
- Bagaimana cara konsumen berbelanja di toko TT.
- Profile konsumen :
- Apakah Merchandising :– Komponen & peranan
- Bagaimana merchandising di pasar atau toko TT
- Peranan merchandising :– Untuk Brand/produk
- Melihat merchandising di took di TT pasar
- Diskutsi kelompok
- Apa akibat jika tidak melakukan merchandising
- Summary dari hari pertama
Hari kedua :
- Modern Trade/ Supermarket/ lainnya -Efektif 8 jam
- Profile konsumen di MT
- Siapa mereka
- Beda keinginan dan kebutuhan vs konsument di TT
- Cara berbelanja di MT
- Profile konsumen di MT
- Merchandising di MT
- Komponen dan peranan
- Bagaimana merchandising di MT
- Perbedaan merchandising di TT dan MT
- Mengisi daftar pertanyaan
- Diskusi kelompok
- Summary dari hari kedua
FASILITATOR TRAINING MERCHANDISING SALES
Drs. Bambang Haryanto, M.Ed / Team Trainer
adalah instruktur dan konsultan independen pada berbagai Training Center, organisasi bisnis dan lembaga, antara lain pernah untuk BCA Group, Salim Group, Bank Tamara, Gajah Tunggal Group, Dharmala Group, Sampoerna Group, Tiga Raksa Group, Modern Group, Napan Group, Lippo Bank, BDNI, dan Bank Artha Graha. Ia memulai karirnya dengan bekerja di berbagai hotel internasional selama empat setengah tahun, bidang sales dan pariwisata selama dua tahun sebelum menjadi dosen di Universitas Terbuka selama enam tahun. Selain menjadi dosen, ia juga bertanggung jawab serta memimpin banyak satuan tugas untuk menyelesaikan berbagai tugas manajerial dan pengembangan dalam bidang penyelenggaraan pendidikan tinggi.
Tahun 1989, ia memulai bekerja di Divisi HRD dan Training Center BCA sebagai instruktur program-program manajemen dan pengembangan diri. Ia pernah menjadi Kepala Pelaksana Harian BCA Training Center selain menjadi Koordinator Program Pengembangan Manajemen. Ia juga telah berhasil menyusun, mengembangkan dan menyelenggarakan berbagai pelatihan untuk BCA Training Center.
Tahun 1993, ia memulai karir sebagai instruktur dan konsultan yang bekerja secara mandiri untuk berbagai organisasi bisnis dan lembaga. Hingga saat ini ia telah menyelesaikan dengan baik lebih dari seribu kali berbagai jenis program pelatihan dan konsultasi. Bambang mempunyai ijasah Master of Education dari Simon Fraser University Canada (1989), Sarjana Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta (1983), dan Diploma III Perhotelan (1978). Selain itu ia juga sangat berminat dan sering mengikuti berbagai seminar dan pelatihan yang berkaitan dengan manajemen umum, manajemen strategik, manajemen operasional, kepemimpinan, penjualan, pemasaran, UKM, dan pelayanan prima
INVESTASI TRAINING MERCHANDISING SALES
Rp 4.350.000,- (Empat Juta Tiga Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)
Investasi sudah termasuk :
- Sertifikat keikutsertaan.
- Coffe Break 2X dan Lunch.
- Seminar Kits.
- Seminar Bag.
- Modul
- Discount 10% apabila pendaftaran group minimal 5 orang dari perusahaan yang sama (untuk satu pelatihan dan waktu yang sama).
- Pelaksanaan training akan diselenggarakan apabila telah mencapai quota peserta 4-5 orang.
- Konfirmasi pelaksanaan training akan dilakukan 3 (tiga hari sebelum tanggal pelaksanaan).
MERCHANDISING SALES