Pemecahan Masalah Secara Kreatif
ACARA
11 – 13 Februari 2019 | Rp 6.500.000/ peserta di Yogyakarta
11 – 13 Maret 2019 | Rp 6.500.000/ peserta di Yogyakarta
24 – 26 April 2019 | Rp 6.500.000/ peserta di Yogyakarta
13 – 15 Mei 2019 | Rp 6.500.000/ peserta di Yogyakarta
Jadwal Training 2019 Selanjutnya …
PENDAHULUAN TRAINING PEMECAHAN MASALAH SECARA KREATIF
Kemampuan pemecahan masalah (problem solving) menjadi salah satu keahlian (skills) yang paling penting dan akan terus digunakan dalam keseharian manusia. Permasalahan baik besar maupun kecil selalu hadir dan harus segera diselesaikan tanpa ditunda lebih lama agar tidak menjadi unfinished bussiness yang merugikan di masa mendatang.
Meskipun terlihat sederhana, namun pemecahan masalah melibatkan banyak faktor baik personal, interpersonal maupun lingkungan sekitar. Selain itu, banyak aspek aspek psikologis yang juga terlibat mulai dari, aspek kognitif, afektif sampai juga psikomotor disamping karakter-karakter psikologi khusus yang dibutuhkan seperti keberanian, pengambilan resiko (risk taking) dan juga berfikir stratejik.
Di samping hal-hal di atas, kreatifitas juga diperlukan dalam proses pemecahan masalah. Kreatifitas akan membuka banyak jalan yang bisa menjadi peluang baru bagi penyelesaian suatu masalah. Kreatifitas akan melahirkan cara out of the box dengan tetap mempertimbangkan konsekuensi dari pengambilan keputusan yang dibuat. Pelatihan ini akan menunjukkan bagaimana proses memecahkan suatu masalah dengan beragam pertimbangan untuk mengoptimalkan jalan keluar yang diambil. Studi kasus dan role playing akan membantu peserta memahami dan menerapkan materi –materi yang sudah diperoleh.
TUJUAN TRAINING PEMECAHAN MASALAH SECARA KREATIF
- Mendorong peserta agar mengenali, menguasai dan mengembangkan metode-metode pemecahan masalah yang tepat
- Menekankan pentingnya rencana dan persiapan dalam pemecahan masalah sehingga kualitas keputusan yang diambil dapat dipertahankan
- Melatih peserta untuk melakukan pemecahan masalah yang efektif dan efisien sesuai dengan situasi yang dihadapi
MATERI TRAINING PEMECAHAN MASALAH SECARA KREATIF
- Pengertian ‘problem and situation’
- Tahap-tahap pemecahan masalah
- Beragam model yang bisa digunakan dalam proses pemecahan masalah
- Kreatifitas dalam pemecahan masalah
- Decision making skills
- Case study dengan menggunakan fishbone dan SWOT analysis
SIAPA YANG SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI?
- Para staf/officer yang akan mendapat promosi untuk menduduki posisi supervisor/manajer
- Para supervisor/manajer yang baru saja menduduki posisinya
- Mereka yang bekerja di bagian penyelesaian komplain dan permasalahan perusahaan
- Mereka yang bekerja di bagian pembuatan kebijakan/policy perusahaan
METODE TRAINING PEMECAHAN MASALAH SECARA KREATIF
- Presentasi
- Diskusi
- Games
- Studi kasus
- Role play (bermain peran)
- Simulasi
INSTRUKTUR TRAINING PEMECAHAN MASALAH SECARA KREATIF
Taufik Achmad Dwi Putro, S.Psi.,M.Psi. and Team
TEMPAT TRAINING PEMECAHAN MASALAH SECARA KREATIF
Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)
DURASI TRAINING PEMECAHAN MASALAH SECARA KREATIF
3 days
- 14 Jan 2019-16 Jan 2019
- 11 Feb 2019-13 Feb 2019
- 11 Mar 2019-13 Mar 2019
- 24 Apr 2019-26 Apr 2019
- 13 Mei 2019-15 Mei 2019
- 26 Jun 2019-28 Jun 2019
- 15 Jul 2019-17 Jul 2019
- 12 Agust 2019-14 Agust 2019
- 09 Sep 2019-11 Sep 2019
- 14 Okt 2019-16 Okt 2019
- 11 Nop 2019-13 Nop 2019
- 18 Des 2019-20 Des 2019
INVESTMENT PRICE/PERSON
- 6.500.000/person (full fare) or
- 6.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
- 5.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS
- Training Module
- Flash Disk contains training material
- Certificate
- Stationeries: NoteBook and Ballpoint
- T-Shirt
- Backpack
- Training Photo
- Training room with Full AC facilities and multimedia
- Lunch and twice coffeebreak every day of training
- Qualified Instructor
- Transportation for participants from hotel of participants to/from hotel of training – VV (if minimal participants is 4 persons from the same company)
CREATIVE PROBLEM SOLVING