PEMELIHARAAN KENDARAAN
ACARA
17 – 20 Februari 2020 | Rp 8.500.000/ peserta di Bandung
02 – 05 Maret 2020 | Rp 8.500.000/ peserta di Bandung
27 – 30 April 2020 | Rp 8.500.000/ peserta di Bandung
Jadwal Training 2020 Selanjutnya …
TUJUAN TRAINING PEMELIHARAAN KENDARAAN
Setelah pelatihan peserta diharapkan dapat memahami teori dasar tentang mesin bensin & diesel kendaraan, dapat mengoperasikan, merawat, dan memecahkan masalah yang timbul pada kendaraan
MATERI TRAINING PEMELIHARAAN KENDARAAN
- Dasar-dasar Motor Pembakaran dalam : Pendahuluan, penggolongan & pengertian Motor Pembakaran Dalam, prinsip pengubahan tenaga pada motor bakar, macam-macam Motor Pembakaran Dalam, macam-macam konstruksi motor bakar torak, penggolongan motor bakar torak .
- Siklus Kerja 2 Tak (langkah) & 4 Tak (langkah) : pengertian, proses isap, kompresi, usaha/kerja, dan buang pada motor bensin dan diesel.
- Sistem Penyalaan : macam-macam sistem penyalaan, sistem pengapian baterai & magnet, macam-macam rangkaian silinder, urutan pengapian, macam-macam sistem pelumasan dan pendinginan.
- Definisi-definisi dasar : Volume silinder, volume motor, perbandingan kompresi, daya, momen torsi, efisiensi, faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya rasio kompresi.
- Prinsip Dasar mesin bensin & diesel kendaraan : Prinsip kerja, penggolongan motor diesel, Injeksi langsung & tak langsung, Super Charger & Turbo Charger.
- Perbedaan Motor Diesel & Bensin : proses kerja, perbedaan pembentukan campuran, perbedaan proses pembakaran, perbedaan momen putar, putaran, daya dan efisiensi.
- Sistem Bahan Bakar Motor Bensin & Diesel : Tangki bahan bakar, pompa transfer, advans saat penyemprotan,saringan, pompa injeksi, governor, injektor/ nosel, busi pemanas.
- Pompa Injeksi & Injektor : Jenis-jenis pompa injeksi & injektor, cara kerja, penyetelan pompa injeksi & injektor.
- Teknik Perawatan Dasar Kendaraan : Pengertian, operasi , pembongkaran & perakitan, strategi perawatan, perawatan komponen sistem bahan bakar Mesin Kendaraan.
- Perawatan Berkala Kendaraan: Harian, mingguan, bulanan, tiga bulanan, enam bulanan, tahunan, dan engine overhaul.
- Mekanisme Governor : Prinsip kerja governor, penyetelan governor mekanik dan pneumatik
- Mesin kendaraan berbasis kontrol komputer ( electronic control unit ) : Fuel system, Air induction system, Electronic control module )
- Starting System & Charging System
- Pedoman menjalankan Genset : Bahan bakar, minyak pelumas, menjalankan mesin baru, pemeriksaan sebelum menyetart mesin, hal-hal yang harus diperhatikan setelah mesin dapat distart, mematikan mesin, menyetart mesin pada temperatur rendah ( dingin ), menjalankan mesin pada temperatur tinggi.
- Perawatan Berkala kendaraan : Pelumasan ( bak minyak pelumas, minyak pelumas dari pompa bahan bakar,governor pneumatis, governor mekanis, minyak saringan udara, starter), perawatan sistem pelumasan, perawatan sistem bahan bakar, perawatan sitem udara.
- Perawatan & Perbaikan Sistem Pendinginan : Radiator,tegangan tali kipas udara,termostat
- Perawatan & Perbaikan Sistem Listrik : alternator, motor starter, baterai
- Pengokohan Baut-baut utama : Baut kepala silinder, baut bantalan utama dan pangkal batang penggerak, baut lainnya.
- Kerusakan, Perbaikan,dan Troubleshooting kendaraan : Kebijakan mencari sumber kerusakan, mesin tidak dapat distart, mesin dapat distart tetapi tiba-tiba mati, mesin dapat distart tetapi tekanan minyak pelumas tidak naik, pada waktu mesin bekerja, tekanan minyak pelumas berkurang, daya mesin berkurang.
- Knocking (ketukan ) : kemungkinan penyebab kerusakan, dan cara mengatasi
- Gas buang terlalu tebal : kemungkinan penyebab kerusakan dan perbaikannya.
- Reparasi Besar ( Engine Overhaul ) : Jangka waktu reparasi besar, hal-hal yang perlu diperiksa ( kepala silinder, katup isap & buang, silinder, piston, cincin torak, bantalan utama poros engkol ).
- Monitoring Getaran & Pelumasan pada Genset
ALAT PERAGA YANG DIGUNAKAN
Mobil Mazda, Mesin Toyota Kijang, Mesin Diesel Komatsu 180 HP, Alat Uji Injektor , Alat uji Pompa Injeksi, Vibrometer, Alat uji Pelumas & Pelumasan.
INSTRUKTUR TRAINING PEMELIHARAAN KENDARAAN
Ir. M. Munir Fahmi, Dipl.Eng.,MT. dan Tim ( Ketua Laboratorium Fluida, Thermal & Otomotif Politeknik Negeri Bandung ( Politeknik ITB ))
Ir. M. Munir Fahmi, Dipl.ME, MT. got his master degree from Brawijaya University Malang majoring in Energy Conversion. He is till now becoming lecturer at mechanical engineering Poltek ITB (Polban) and he is head of laboratory of fluid, thermal and otomotive. He teachs frequently for industrial training class for Indonesian companies participants for some topics on mechanical engineering such as Mechanical Rotating Equipment, Operation & Trouble Shooting, Pumps, Primover: Operation, Maintenance & Troubleshooting, Genset, Operation, Maintenance & Trouble Shooting, lubrication, Preventive & Predictive Maintenance, Advance Maintenance Management, Reliability Maintenance Engineering, Operation, Maintenance & Trouble Shooting of Pump & Compressor and etc.
TEMPAT TRAINING PEMELIHARAAN KENDARAAN
Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll
DURASI TRAINING PEMELIHARAAN KENDARAAN
4 hari
- 17 Feb 2020-20 Feb 2020
- 02 Mar 2020-05 Mar 2020
- 27 Apr 2020-30 Apr 2020
- 04 Mei 2020-07 Mei 2020
- 15 Jun 2020-18 Jun 2020
- 27 Jul 2020-30 Jul 2020
- 18 Agust 2020-21 Agust 2020
- 29 Sep 2020-02 Okt 2020
- 19 Okt 2020-22 Okt 2020
- 16 Nop 2020-19 Nop 2020
- 28 Des 2020-31 Des 2020
HARGA INVESTASI/ PESERTA
- 8.500.000/ peserta (bayarpenuh) atau
- 8.250.000/ peserta (early bird, yang membayar 1 minggusebelum training) atau
- 7.950.000/ peserta (pesertabergroup yang terdiridari 3 pesertaataulebihdari 1 perusahaan yang sama)
FASILITAS UNTUK PESERTA
- Modul Training
- CD Training berisi materi training
- Sertifikat
- ATK: NoteBook dan Ballpoint
- Jaket atau Rompi atau T-Shirt
- Tas atau Ransel
- Foto Training
- Ruang Training dengan fasilitas full AC dan multimedia
- Makan siang dan 2 kali coffeebreak
- Instruktur yang qualified
- Transportasi untuk peserta dari hotel penginapan peserta ke hotel tempat training PP ( jika minimal jumlah peserta dari 1 perusahaan ada 4 orang)
TEKNIK PEMELIHARAAN KENDARAAN
(PREVENTIVE MAINTENANCE UNTUK KENDARAAN)