PENCEGAHAN KONFLIK SOSIAL MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT – Available Online
JADWAL TRAINING ONLINE
17 – 18 Februari 2021 | IDR 3.750.000,- Online Training
23 – 24 Februari 2021 | IDR 3.750.000,- Online Training
Jadwal Training Online 2021 Selanjutnya …
JADWAL TRAINING KELAS
03 – 05 Maret 2021 | IDR 6.750.000 per peserta di Yogyakarta
16 – 18 Maret 2021 | IDR 6.750.000 per peserta di Yogyakarta
Jadwal Training Kelas 2021 Selanjutnya …
DESKRIPSI TRAINING PENCEGAHAN KONFLIK SOSIAL
Konflik sosial kerap kali terjadi antara perusahaan dan masyarakat sekitar, bahkan sering kali menimbulkan gangguan pada operasional perusahaan atau bisa menimbulkan korban harta benda dan juga jiwa. Berbagai faktor menjadi akar masalah terjadinya konflik sosial, oleh karena itu pendekatan yang diperlukan adalah pendekatan menyeluruh, partisipatif dan berkelanjutan untuk memastikan keberlangsungan investasi perusahaan. Hal ini merupakan tugas dari perusahaan untukmengurangi dan menangani potensi konflik yang berhubungan dengan sosial kemasyarakatan melalui salah satunya pembuatan program pemberdayaan masyarakat (program CSR) yang efektif, efisien dalam kerangka kehidupan masyarakat yang berkelanjutan.
TUJUAN TRAINING PENCEGAHAN KONFLIK SOSIAL
- Mampu menganalisa kerentanan, potensi dan sumber konflik antara masyarakat-perusahaan
- Mampu menyusun konsep – konsep penyusunan program peberdayaan masyarakat guna mitigasi konflik
- Menyusun program pemberdayaan masyarakat guna mempromosikan mitigasi konflik
- Menyusun strategi program CSR pencegahan konflik yang tengah dihadapi oleh perusahaan
MATERI TRAINING PENCEGAHAN KONFLIK SOSIAL MELALUI PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
- Analisis Resiko Sosial(Social risk)
- Paradigma perubahan mendasar sistem keamanan perusahaan pasca reformasi
- Pengenalan sistem sosial dan pendekatan ke masyarakat
- Mengidentifikasikan kerentanan – kerentanan di masyarakat
- Pemetaan potensi konflik pada tiap tahapan operasional perusahaan
- Studi kasus 1 : kerentanan dan konflik perusahaan – masyarakat di wilayah lepas pantai
- Model – model program pemberdayaan masyarakat
- Teknik – teknik participatif menyusun program pemberdayaan
- PRA (Participatory Rural Appraisal)
- RRA (Rural Rapid Appraisal)
- Analisis kepentingan dan penerima manfaat
- Penyusunan program pemberdayaan masyarakat untuk mitigasi konflik
- Study kasus 2 : program pemberdayaan di masyarakat pesisir
- Study kasus 3 : program pemberdayaan income generation
- Study kasus 4: program pemberdayaan berbasiskan konservasi
- Monitoring program pemberdayaan masyarakat
- Management program berbasiskan hasil
- Penyusunan Grievance Mechanism
- Best practice 5: Issues monitoring – SMART monitoring tools
- Best practice 6: Radio Komunitas – sebagai media resolusi konflik
Sesi Tambahan
choaching clinic dilakukan secara peer to peer, dimana masalah yang akan dibahas adalah masalah riil yang dihadapi oleh perusahaan yang berhubungan dengan potensi konflik yang terjadi. Alokasi waktu ini diberikan pada peserta yang berminat dan diharapkan dari proses ini menghasikan langkah strategis menangani permasalahan di perusahaan
METODE
Lecturing, diskusi partisipatif, tanya jawab, dan studi kasus
INSTRUKTUR
Drs. Amien Wibowo MBA.
JADWAL TRAINING 2021
JADWAL TRAINING ONLINE 2021
- 17 – 18 Februari 2021
- 23 – 24 Februari 2021
- 2 – 3 Maret 2021
- 9 – 10 Maret 2021
- 17 – 18 Maret 2021
- 25 – 26 Maret 2021
- 30 – 31 Maret 2021
- 6 – 8 April 2021
- 12 – 13 April 2021
- 15 – 16 April 2021
- 21 – 22 April 2021
- 27 – 28 April 2021
- 5 – 6 Mei 2021
- 11 – 12 Mei 2021
- 18 – 19 Mei 2021
- 27 – 28 Mei 2021
- 3 – 4 Juni 2021
- 8 – 9 Juni 2021
- 16 – 17 Juni 2021
- 22 – 23 Juni 2021
- 29 – 30 Juni 2021
- 1 – 2 Juli 2021
- 6 – 7 Juli 2021
- 12 – 13 Juli 2021
- 15 – 16 Juli 2021
- 22 – 23 Juli 2021
- 27 – 28 Juli 2021
- 3 – 4 Agustus 2021
- 11 – 12 Agustus 2021
- 19 – 20 Agustus 2021
- 24 – 25 Agustus 2021
- 30 – 31 Agustus 2021
- 2 – 3 September 2021
- 7 – 8 September 2021
- 13 – 14 September 2021
- 16 – 17 September 2021
- 22 – 23 September 2021
- 28 – 29 September 2021
- 5 – 6 Oktober 2021
- 13 – 14 Oktober 2021
- 20 – 21 Oktober 2021
- 25 – 26 Oktober 2021
- 28 – 29 Oktober 2021
- 1 – 2 November 2021
- 4 – 5 November 2021
- 9 – 10 November 2021
- 18 – 19 November 2021
- 24 – 25 November 2021
- 29 – 30 November 2021
- 2 – 3 Desember 2021
- 7 – 8 Desember 2021
- 14 – 15 Desember 2021
- 20 – 21 Desember 2021
BIAYA DAN FASILITAS TRAINING ONLINE
- Course Fee Rp 3.750.000
- Modul pelatihan berbentuk soft copy.
- Sertifikat pelatihan berbentuk e-Certificate.
Platform Training Online
- Media Live training menggunakan Zoom Video Conference
- Instruktur mengajar secara LIVE dengan durasi 6 jam perhari selama 2 hari
- Tersedia Harga special apabila training yang sama diikuti oleh lebih dari 3 orang peserta dari perusahaan yang sama.
Persiapan peserta?
- Sangat dianjurkan menggunakan laptop, bukan smartphone.
- Koneksi internet yang stabil.
- Buku dan alat tulis.
- Penyelenggara akan memberikan undangan berupa link sehari sebelum dimulai.
JADWAL TRAINING KELAS 2021
- 3 – 5 Maret 2021
- 16 – 18 Maret 2021
- 12 – 14 April 2021
- 21 – 23 April 2021
- 3 – 5 Mei 2021
- 19 – 21 Mei 2021
- 16 – 18 Juni 2021
- 22 – 24 Juni 2021
- 5 – 7 Juli 2021
- 21 – 23 Juli 2021
- 11 – 13 Agustus 2021
- 24 – 26 Agustus 2021
- 8 – 10 September 2021
- 28 – 30 September 2021
- 11 – 13 Oktober 2021
- 27 – 29 Oktober 2021
- 10 – 12 November 2021
- 23 – 25 November 2021
- 1 – 3 Desember 2021
- 14 – 16 Desember 2021
Hotel Ibis Malioboro| Yogyakarta
Hotel the 101 Tugu | Yogyakarta
Hotel Grand Zuri | Yogyakarta
BIAYA TRAINING KELAS
- Biaya training IDR 6.750.000 per peserta – Non–residential, belum termasuk pajak. Pelaksanaan di Yogyakarta minimal peserta 2 orang.
- Venue training lain: Bandung, Surabaya, Malang, Bali, Lombok, Batam, dengan minimal peserta 4 orang. Biaya investasi – at proposal
FASILITAS TRAINING KELAS
- Training Modul
- Training kits
- Qualified instructor
- Fine bag pack
- Flashdisk berisi materi
- Sertifikat
- Polo shirt
- Training photo
- 2x coffee break dan lunch
- Transport Service dari airport ke hotel (min. 2 orang peserta dari perusahaan yg sama)
PENCEGAHAN KONFLIK SOSIAL MELALUI PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT