PROCUREMENT & PURCHASING STRATEGY – Confirmed
ACARA
25 – 26 November 2019 | Rp. 6.400.000,- di Yogyakarta/ Semarang/ Solo
02 – 03 Desember 2019 | Rp. 8.400.000,- di Bali/ Batam/ Balikpapan/ Manado/ Lombok
16 – 17 Desember 2019 | Rp. 7.400.000 di Hotel Serela Merdeka, Bandung – CONFIRMED
Jadwal Training 2019 Selanjutnya …
Deskripsi Training Procurement & Purchasing Strategy
Pengadaan barang dan jasa merupakan proses vital dalam aktivitas perusahaan karena secara rata rata menyerap dana lebih dari 50% anggaran total perusahaan. Kesuksesan pengadaaan dan pembelian sangat dipengaruhi oleh strategi yang digunakan dalam pemilihan supplier ,proses pengiriman dan proses administrasinya. strategi pengadaan dapat didefinisikan sebagai suatu inisiatif yang direncanakan untuk mengoptimalkan pembelanjaan dengan memilih pemasok yang dapat menciptakan peningkatan pengetahuan dan nilai lebih dalam hubungan pelanggan-pemasok. Secara teoritis kegiatan ini mudah,namun dalam prakteknya seringkali timbul permasalahan dalam proses pelaksanaannya, mulai dari perencanaan yang tidak terintegrasi, perubahan harga dan pasokan tersedia, seleksi supplier yang mengundang potensi fraud, miskomunikasi dengan supplier dan lainnya. Training ini akan membahas tentang proses pengadaan dan pembelian dan strategi yang dapat dilakukan agar efisien dan efektif.
Materi Training Procurement & Purchasing Strategy
Ruang lingkup Procurement dan purchasing di perusahaan
- Procurement and purchasing cycle
- Peraturan yang terkait
Procurement and Purchasing Principles
- Prinsip dasar pembelian
- Peran strategis pembelian
- Struktur organisasi pembelian
- Administrasi pembelian
- Procurement plan
- Purchase requisition
Supplier Relationship Management
- Perbedaan antara SRM dan hubungan tradisional dengan Supplier
- Jenis-Jenis relationship dengan Supplier
- Mengelola relationship dengan supplier
- Proses seleksi dan kualifikasi Supplier
- Metode evaluasi kinerja Supplier
Metode Sourcing
- Identifikasi supplier
- Klasifikasi supplier
- Bid collection
- Metode survey harga
- Benchmarking
Teknik Menganalisa Penawaran
- Membaca quotation serta terms and conditions
- Survey lapangan
- Sampling produk
- Survey pasar
- Bid comparison
e-Procurement
- Konsep e-Procurement
- E-Procurement flowchart
- Seleksi Vendor IT
- Arsitektur System e-Procurement
- Interface modul
- Security system
- Evaluasi current system
Tender Management
- Regulasi dan kebijakan tender
- Dokumen dan administrasi tender
- Pra kualifikasi dan pasca kualifikasi
- HPS/OE
- Analisa dan evaluasi tender
Vendor Managed Inventory
- Konsep VMI
- Perbedaan VMI dengan JIT
- Syarat pelaksanaan VMI
- Penyusunan terms and conditions VMI
Peserta Training
Supply Chain/ Logistik, Procurement/ Purchasing, Komite Pembelian,General Affair, Administrasi Kontrak, Legal Perusahaan, Supervisor/ Manager yang terlibat dalam proses pembelian dengan pemasok.
Waktu Dan Tempat Training 2019
Hotel Santika Kuta, Bali
Hotel Biz, Batam
Hotel NEO, Balikpapan
Hotel Aston, Manado
Hotel Lombok Raya, Mataram
Hotel Serela Merdeka, Bandung
Hotel Santika Pandegiling, Surabaya
Hotel Ibis Senen, Jakarta
Hotel Ibis, Solo
Hotel Ibis Simpang Lima, Semarang
Hotel Melia Purosani, Yogyakarta
- 18 – 19 November 2019
- 25 – 26 November 2019
- 02 – 03 Desember 2019
- 09 – 10 Desember 2019
- 16 – 17 Desember 2019
- 23 – 24 Desember 2019
- 30 – 31 Desember 2019
Investasi dan Fasilitas Training
- 8.400.000 (Non Residential) untuk lokasi di Bali, Batam, Balikpapan, Manado atau Lombok
- 7.400.000 (Non Residential) untuk lokasi di Bandung, Jakarta atau Surabaya
- 6.400.000 (Non Residential) untuk Lokasi Solo, Semarang atau YogyakartaQuota minimum 2 peserta
- Fasilitas : Certificate,Training kits, USB,Lunch,Coffe Break, Souvenir
- Untuk peserta luar kota disediakan transportasi antar-jemput dari Bandara/Stasiun ke Hotel khusus bagi perusahaan yang mengirimkan minimal 3 orang peserta)
Lead Instruktur
DRS.Imam Djati Widodo,MSc &Tim