Public Relation, Media Relation & Corporate Communication
ACARA
06 – 07 Januari 2020 | Rp 6.400.000 di Yogyakarta/ Semarang/ Solo
03 – 04 Februari 2020 | Rp 7.400.000 di Bandung/ Jakarta/ Surabaya
02 – 03 Maret 2020 | Rp 8.400.000 di Bali/ Batam/ Balikpapan/ Manado/ Lombok
Jadwal Training 2020 Selanjutnya …
Deskripsi Training Public Relation, Media Relation & Corporate Communication
Dalam sebuah perusahaan/industri, komunikasi adalah sarana yang paling krusial. Komunikasi sangat penting peranannya, bahkan mejadi salah satu kunci sukses dari keberhasilan perusahaan, terlebih dalam memberikan pelayanan, memerlukan interaksi yang baik melalui komunikasi sehingga hubungan baik dengan stakeholder akan dapat terjalin. Kemampuan untuk menyampaikan informasi perusahaan kepada public luar, mekanisme penyampaian informasi dan pengenalan media apa saja yang bisa dimanfaatkan secara efektif akan sangat mempengaruhi citra perusahaan di mata stakeholder. Terjadinya miss communication akan menurunkan citra perusahaan yang berdampak pada hilangnya kepercayaan public dan akhirnya berdampak pada penjualan atau pelayanan yang dihasilkan.
Disini fungsi Public Relations (PR) memegang peranan penting dalam jalur corporate communication ini. Keberadaan PR tidak dapat dipisahkan dari aspek komunikasi lainnya seperti pemasaran, promosi, iklan dan penjualan. Begitu pentingnya posisi PR ini, maka setiap perusahaan/organisasi, apapun bentuk perusahaan/organisasi tersebut mutlak harus mempunyai bagian PR karena bagian ini memegang peranan untuk dapat mem-publish (melakukan publisitas) mengenai perusahaan/organisasi tersebut, agar masyarakat/public mengetahui eksistensi sebuah perusahaan/organisasi, “siapa”, “bagaimana”, dan keberadaan serta produk-produk apa saja yang dihasilkan dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.
Untuk itu, diperlukan SDM yang memiliki pengetahuan, pemahaman dan kemampuan untuk mampu menjalankan tugas kehumasan dengan baik sesuai dengan prinsip dan standar kehumasan, dan menjalin relasi yang baik dengan media massa, karena melalui media inilah dapat membentuk citra baik sebuah perusahaan di mata masyarakat dan kolega.
Tujuan Training Public Relation, Media Relation & Corporate Communication
Setelah mengikuti pelatihan ini,diharapkan peserta dapat :
- Meningkatkan pemahaman bahwa Public Relations, Media Relation dan Corporate Communication adalah bagian krusial yang saling berhubungan satu sama lain dan sangat penting bagi perusahaan
- Memahami tentang peran komunikasi perusahaan, mekanisme dalam penyampaian informasi dan berbagai aktivitas untuk menjalin komunikasi dengan media serta troubleshooting dalam corporate communication
- Dapat sharing pengalaman, pengetahuan dan keterampilan berkaitan dengan metode, konsep, strategi, serta teknik menjalin hubungan media untuk mendukung profesionalisme kerja;
- Menjalin relasi yang baik dengan media, dari konsep, strategi, sampai aplikasinya
- Mendapatkan technical guide (panduan teknis) terkait dengan media, baik media cetak & elektronik
- Mampu menyusun program PR yang efektif sesuai kebutuhan komunitas dan publik terkait;
- Mampu melakukan presentasi, press conference, & memiliki keterampilan menulis press release
- Mampu mengkomunikasikan berbagai ide, melaksanakan rancangan program kepada berbagai kelompok masyarakat sasaran organisasi, dan menarik simpati untuk mendapatkan pengertian, pengakuan, dan dukungan publik.
Materi Training Public Relation, Media Relation & Corporate Communication
- Konsep Komunikasi Perusahaan (Corporate Communication)
-
- Konsep Komunikasi & Pelayanan prima
- Peran dan Manfaat Komunikasi bagi perusahaan
- Karakter Pelayanan Perusahaan
- Perencanaan komunikasi perusahaan
- Jenis model komunikasi
- Peranan Public Relations dalam perusahaan/organisasi:
-
- Fungsi dan peranan PR
- Manfaat PR
- Kedudukan PR dalam organisasi
- Dasar-dasar dan Strategi Efektif PR
-
- Memahami opini publik
- Teknik menyusun program PR yang efektif sesuai dengan kebutuhan komunitas dan publik terkait
- Perencanaan Kerja PR:
-
- Proses kegiatan PR
- Langkah-langkah kegiatan
- Hambatan – hambatan
- Management Crisis:
-
- Apa itu krisis
- Katagori krisis dan bentuknya
- Manajemen Krisis dan Citra Perusahaan / organisasi
- Penanggulangan Krisis
- Masa dan setelah Krisis
- Corporate Image Identity:
-
- Membentuk opini public
- Sifat dari opini publik
- Membentuk citra perusahaan/ lembaga / institusi
- Identifikasi audience expetation / stakeholder
- PR dan Marketing Service:
-
- Prinsip-prinsip dasar
- Marketing Development Strategy
- Marketing Communication Strategy
- Customer Behavior
-
- Menentukan target audience
- Karakteristik konsumen
- Elemen dasar dari proses conditioning
- Mekanisme penyampaian informasi kepada publik dan stakeholder
-
- Pengenalan Berbagai jenis media, aktivitas media, karakter media
Mengembangkan press relies dan Hubungan dengan Media (Media Relations) - Media Relations, Press Release dan Pidato:
- Pengertian dan kegiatan
- Menulis Press Release
- Jenis-jenis pidato
- Pidato, format dasar – general model dan model rinci
- Pengenalan Berbagai jenis media, aktivitas media, karakter media
13. Press Conference – tindak lanjut Media Relations:
-
- Mengapa Press Conference
- Beberapa ‘tipe’ penyelenggaraan
- Aktifitas dalam Press Conference
14. Media Control (ownership vs Control of Media)
15. Teknik mengatasi miss comunication dan krisis komunikasi dengan stakeholder dan media
16. Studi kasus
Metode :
Pelatihan ini disarankan untuk diikuti oleh:
- Public Relation Staffs & manager, General Affair Staffs & Manager
- Superintendent, Manager, Specialist, Formalities Staffs
- Corporate Communications, Corporate Secretary
- Para profesional atau staf yang dalam pekerjaan rutinnya berhubungan dengan media/pubik
Hotel Santika Kuta, Bali
Hotel Biz, Batam
Hotel Fave, Balikpapan
Hotel Aston, Manado
Hotel Lombok Raya, Mataram
Hotel Serela Merdeka, Bandung
Hotel Santika Pandegiling, Surabaya
Hotel Ibis Senen, Jakarta
Hotel Ibis, Solo
Hotel Ibis Simpang Lima, Semarang
Hotel Melia Purosani, Yogyakarta
- 6 – 7 Januari 2020
- 13 – 14 Januari 2020
- 20 – 21 Januari 2020
- 27 – 28 Januari 2020
- 3 – 5 Februari 2020
- 10 – 11 Februari 2020
- 17 – 18 Februari 2020
- 26 – 27 Februari 2020
- 2 – 3 Maret 2020
- 9 – 10 Maret 2020
- 16 – 17 Maret 2020
- 23 – 24 Maret 2020
- 30 – 31 Maret 2020
- 6 – 7 April 2020
- 13 – 14 April 2020
- 20 – 21 April 2020
- 27 – 28 April 2020
- 4 – 5 Mei 2020
- 11 – 12 Mei 2020
- 2 – 3 Juni 2020
- 8 – 9 Juni 2020
- 15 – 16 Juni 2020
- 22 – 23 Juni 2020
- 29 – 30 Juni 2020
- 6 – 7 Juli 2020
- 13 – 14 Juli 2020
- 20 – 21 Juli 2020
- 27 – 28 Juli 2020
- 3 – 4 Agustus 2020
- 10 – 11 Agustus 2020
- 18 – 19 Agustus 2020
- 24 – 25 Agustus 2020
- 31 Agustus 2020 – 1 September 2020
- 7 – 8 Sepember 2020
- 14 – 15 September 2020
- 21 – 22 September 2020
- 28 – 29 September 2020
- 5 – 6 Oktober 2020
- 12 – 13 Oktober 2020
- 19 – 20 Oktober 2020
- 26 – 27 Oktober 2020
- 2 – 3 November 2020
- 9 – 10 November 2020
- 16 – 17 November 2020
- 23 – 24 November 2020
- 30 November 2020 – 1 Desember 2020
- 7 – 8 Desember 2020
- 14 – 15 Desember 2020
- 21 – 22 Desember 2020
- 28 – 29 Desember 2020
Investasi dan Fasilitas
- Rp 8.400.000 Per Peserta untuk Bali, Batam, Balikpapan, Manado atau Lombok (Non Residential)
- Rp 7.400.000 Per Peserta untuk Bandung, Jakarta atau Surabaya (Non Residential)
- Rp 6.400.000 Per Peserta untuk Semarang, Solo atau Yogyakarta (Non Residential)
- Quota minimum 2 peserta
- Bagi perusahaan atau instansi yang mengirimkan lebih dari satu peserta dengan judul dan waktu yang sama, maka peserta kedua dan selanjutnya akan dikenakan potongan harga sebesar Rp 1.000.000 (Satu Juta Rupiah)
- Fasilitas: Certificate, Training kits, Lunch, Coffe Break, Souvenir
- Untuk peserta luar kota disediakan transportasi antar-jemput dari Bandara/ Stasiun ke Hotel khusus bagi perusahaan yang mengirimkan minimal 3 orang peserta)
Lead Instruktur
Dra. MC Maryati, MM and team
PUBLIC RELATIONS, MEDIA RELATIONS & CORPORATE COMMUNICATION