PUBLIC RELATION, MEDIA RELATIONS & CORPORATE COMMUNICATION – Confirmed
Acara
23 – 24 Maret 2020 | Rp. 6.900.000 di Yogyakarta/ Semarang/ Solo
06 – 07 April 2020 | Rp. 8.900.000 di Bali/ Batam/ Balikpapan/ Manado/ Lombok
13 – 14 April 2020 | Rp. 7.900.000 di Santika Pandegiling, Surabaya – CONFIRMED
Jadwal Training 2020 Selanjutnya …
Materi Training Public Relation, Media Relation & Corporate Communication
- Konsep Komunikasi Perusahaan (Corporate Communication)
- Konsep Komunikasi & Pelayanan prima
- Peran dan Manfaat Komunikasi bagi perusahaan
- Karakter Pelayanan Perusahaan
- Perencanaan komunikasi perusahaan
- Jenis model komunikasi
- Peranan Public Relations dalam perusahaan/organisasi:
- Fungsi dan peranan PR
- Manfaat PR
- Kedudukan PR dalam organisasi
- Dasar-dasar dan Strategi Efektif PR
- Memahami opini publik
- Teknik menyusun program PR yang efektif sesuai dengan kebutuhan komunitas dan publik terkait
- Perencanaan Kerja Public Relation:
- Proses kegiatan PR
- Langkah-langkah kegiatan
- Hambatan – hambatan
- Management Crisis:
- Apa itu krisis
- Katagori krisis dan bentuknya
- Manajemen Krisis dan Citra Perusahaan / organisasi
- Penanggulangan Krisis
- Masa dan setelah Krisis
- Corporate Image Identity:
- Membentuk opini public
- Sifat dari opini publik
- Membentuk citra perusahaan/ lembaga / institusi
- Identifikasi audience expetation / stakeholder
- PR dan Marketing Service:
- Prinsip-prinsip dasar
- Marketing Development Strategy
- Marketing Communication Strategy
- Customer Behavior
- Menentukan target audience
- Karakteristik konsumen
- Elemen dasar dari proses conditioning
- Mekanisme penyampaian informasi kepada publik dan stakeholder
- Pengenalan Berbagai jenis media, aktivitas media, karakter media
- Mengembangkan press relies dan Hubungan dengan Media (Media Relations)
- Media Relations, Press Release dan Pidato:
- Pengertian dan kegiatan
- Menulis Press Release
- Jenis-jenis pidato
- Pidato, format dasar – general model dan model rinci
- Press Conference – tindak lanjut Media Relations:
- Mengapa Press Conference
- Beberapa ‘tipe’ penyelenggaraan
- Aktifitas dalam Press Conference
- Media Control (ownership vs Control of Media)
- Teknik mengatasi miss comunication dan krisis komunikasi dengan stakeholder dan media
- Studi kasus
Deskripsi Training Public Relations, Media Relation & Corporate Communication
Dalam sebuah perusahaan/ industri, komunikasi adalah sarana yang paling krusial. Komunikasi sangat penting peranannya, bahkan mejadi salah satu kunci sukses dari keberhasilan perusahaan, terlebih dalam memberikan pelayanan, memerlukan interaksi yang baik melalui komunikasi sehingga hubungan baik dengan stakeholder akan dapat terjalin. Kemampuan untuk menyampaikan informasi perusahaan kepada public luar, mekanisme penyampaian informasi dan pengenalan media apa saja yang bisa dimanfaatkan secara efektif akan sangat mempengaruhi citra perusahaan di mata stakeholder. Terjadinya miss communication akan menurunkan citra perusahaan yang berdampak pada hilangnya kepercayaan public dan akhirnya berdampak pada penjualan atau pelayanan yang dihasilkan.
Disini fungsi Public Relation (PR) memegang peranan penting dalam jalur corporate communication ini. Keberadaan PR tidak dapat dipisahkan dari aspek komunikasi lainnya seperti pemasaran, promosi, iklan dan penjualan. Begitu pentingnya posisi PR ini, maka setiap perusahaan/organisasi, apapun bentuk perusahaan/organisasi tersebut mutlak harus mempunyai bagian PR karena bagian ini memegang peranan untuk dapat mem-publish (melakukan publisitas) mengenai perusahaan/organisasi tersebut, agar masyarakat/public mengetahui eksistensi sebuah perusahaan/organisasi, “siapa”, “bagaimana”, dan keberadaan serta produk-produk apa saja yang dihasilkan dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.
Untuk itu, diperlukan SDM yang memiliki pengetahuan, pemahaman dan kemampuan untuk mampu menjalankan tugas kehumasan dengan baik sesuai dengan prinsip dan standar kehumasan, dan menjalin relasi yang baik dengan media massa, karena melalui media inilah dapat membentuk citra baik sebuah perusahaan di mata masyarakat dan kolega.
Tujuan Training Public Relations, Media Relation & Corporate Communication
Setelah mengikuti pelatihan ini,diharapkan peserta dapat:
- Meningkatkan pemahaman bahwa Public Relation, Media Relation dan Corporate Communication adalah bagian krusial yang saling berhubungan satu sama lain dan sangat penting bagi perusahaan
- Memahami tentang peran komunikasi perusahaan, mekanisme dalam penyampaian informasi dan berbagai aktivitas untuk menjalin komunikasi dengan media serta troubleshooting dalam corporate communication
- Dapat sharing pengalaman, pengetahuan dan keterampilan berkaitan dengan metode, konsep, strategi, serta teknik menjalin hubungan media untuk mendukung profesionalisme kerja;
- Menjalin relasi yang baik dengan media, dari konsep, strategi, sampai aplikasinya
- Mendapatkan technical guide (panduan teknis) terkait dengan media, baik media cetak & elektronik
- Mampu menyusun program PR yang efektif sesuai kebutuhan komunitas dan publik terkait;
- Mampu melakukan presentasi, press conference, & memiliki keterampilan menulis press release
- Mampu mengkomunikasikan berbagai ide, melaksanakan rancangan program kepada berbagai kelompok masyarakat sasaran organisasi, dan menarik simpati untuk mendapatkan pengertian, pengakuan, dan dukungan publik.
Metode Training Public Relations, Media Relation & Corporate Communication
Pelatihan ini disarankan untuk diikuti oleh:
- Public Relation Staffs & manager, General Affair Staffs & Manager
- Superintendent, Manager, Specialist, Formalities Staffs
- Corporate Communications, Corporate Secretary
- Para profesional atau staf yang dalam pekerjaan rutinnya berhubungan dengan media/pubik
Waktu Dan Tempat Training 2020
Hotel Santika Kuta, Bali
Hotel Nagoya Plaza, Batam
Hotel Fave, Balikpapan
Hotel Aston, Manado
Hotel Lombok Raya, Mataram
Hotel Serela Merdeka, Bandung
Hotel Santika Pandegiling, Surabaya
Sofyan Hotel Betawi, Jakarta
Hotel Ibis Solo
Hotel Ibis Simpang Lima, Semarang
Hotel Ibis Malioboro, Yogyakarta
- 23 – 24 Maret 2020
- 30 – 31 Maret 2020
- 6 – 7 April 2020
- 13 – 14 April 2020
- 20 – 21 April 2020
- 27 – 28 April 2020
- 4 – 5 Mei 2020
- 11 – 12 Mei 2020
- 2 – 3 Juni 2020
- 8 – 9 Juni 2020
- 15 – 16 Juni 2020
- 22 – 23 Juni 2020
- 29 – 30 Juni 2020
- 6 – 7 Juli 2020
- 13 – 14 Juli 2020
- 20 – 21 Juli 2020
- 27 – 28 Juli 2020
- 3 – 4 Agustus 2020
- 10 – 11 Agustus 2020
- 18 – 19 Agustus 2020
- 24 – 25 Agustus 2020
- 31 Agustus 2020 – 1 September 2020
- 7 – 8 Sepember 2020
- 14 – 15 September 2020
- 21 – 22 September 2020
- 28 – 29 September 2020
- 5 – 6 Oktober 2020
- 12 – 13 Oktober 2020
- 19 – 20 Oktober 2020
- 26 – 27 Oktober 2020
- 2 – 3 November 2020
- 9 – 10 November 2020
- 16 – 17 November 2020
- 23 – 24 November 2020
- 30 November 2020 – 1 Desember 2020
- 7 – 8 Desember 2020
- 14 – 15 Desember 2020
- 21 – 22 Desember 2020
- 28 – 29 Desember 2020
Investasi dan Fasilitas Training
- Rp 8.900.000 (Non Residential, Belum Terasuk Pajak PPn 10%) untuk lokasi di Bali, Batam, Balikpapan, Manado atau Lombok
- Rp 7.900.000 (Non Residential, Belum Terasuk Pajak PPn 10%) untuk lokasi di Bandung, Jakarta atau Surabaya
- Rp 6.900.000 (Non Residential, Belum Terasuk Pajak PPn 10%) untuk Lokasi Solo, Semarang atau Yogyakarta
- Quota minimum 2 peserta
- Quota minimum 3 peserta (Untuk Manado, Balikpapan dan Lombok Quota minimal 4 peserta)
- Fasilitas: Certificate, Training kits, USB,Lunch, Coffe Break, Souvenir
- Untuk peserta luar kota disediakan transportasi antar-jemput dari Bandara/ Stasiun ke Hotel khusus bagi perusahaan yang mengirimkan minimal 3 orang peserta)
Lead Instruktur
Dra. MC Maryati, MM and team