Public Relations Strategy
ACARA
Jadwal Training 2018
17 – 18 Desember 2018 | Rp 5.225.000 di Amaris Hotel/ Neo Hotel/ Santika Hotel, Jakarta
Jadwal Training 2019
18 – 19 Februari 2019 | Rp 5.225.000 di Amaris Hotel/ Neo Hotel/ Santika Hotel, Jakarta
23 – 24 April 2019 | Rp 5.225.000 di Amaris Hotel/ Neo Hotel/ Santika Hotel, Jakarta
Jadwal Training 2019 Selanjutnya . . .
Pendahuluan Public Relations
Di kalangan pembisnis dan pengusaha di Indonesia, Public Relations masih salah dipersepsi bahwa kegiatan Public Relations merupakan sekedar “pemadam kebakaran” bila terjadi krisis di perusahaan dan mengaggap ilmu dan profesi Public Relations di luar manajemen serta sekedar tambahan dalam memajukan marketing sebagai usaha persuasi dan penampilan yang apik bagi organisasi perusahaan. Dalam pelatihan 2 hari ini akan dipelajari dan dipraktekan perlunya merancang strategi agar ilmu dan kecakapan melaksanakan kegiatan Public Relations agar pesan-pesan yang dsampaikan akan diikuti oleh publik yang dituju dan bermakna sebagai bagian manajemen perusahaan. Arti Public Relations bukanlah sekedar usaha persuasif, dalam pelatihan ini arti Public Relations akan diuraikan lebih luas dan disampaikan dengan cara yang ilmiah namun praktis dengan banyak studi kasus, agar peserta dapat memahami kemudian dapat menyusun strategi Public Relations bagi organisasi perusahaan lebih mantap sehingga mencapai hasil yang dapat diukur.
Public Relations harus dirancang secara sistematis; maka Public Relations merupakan salah satu bagian manajemen yang strategis dan dapat menjadi koalisi dominan dalam organisasi, mengacu pada James Grunig dalam bukunya yang sangat terkenal Manager’s Guide in Excellent Public Relations & Communications. Konteks koalisi dominan dalam manajemen perusahaan dipelajari dalam pelatihan ini dan peserta dilatih dalam pengetrapannya dalam kasus yang sedang dihadapinya. Sesungguhnya Public Relations bukanlah sekedar Media Relations, meskipun pengetahuan Media Relations harus dikuasi oleh praktisi Public Relations.
Tuntutan pemilik perusahaan dan investor skarang di Indonesia, agar manajemennya harus mampu berkomunikasi sebaik mungkin menghadapi saingan dan sanggup berkiprah mempertahankan serta mengembangkan nilai ekonomis perusahaan. Hal ini dapat terlaksana antara lain bila Public Relations ditempatkan dan diikutkan penuh dalam pengelolaan perusahaan. Terapan Ilmu Komunikasi yang merupakan induk Public Relations dituntut mengikuti perkembangan sehingga para pemain yang berperan dalam Public Relations tidak lagi disebut Public Relations Officers, namun VP Communication; yang berkantor di Divisi Komunikasi.
Pelatihan singkat dua (2) hari ini berusaha memberikan pemahaman ilmiah yang dapat langsung dilihat seperti bagaimana pelaksanaannya dalam praktek dan juga siap membahas masalah yang dibawakan oleh peserta akan meliputi:
Materi Training Public Relations
- Pemahaman Ilmu Komunikasi sebagai pokok pohon Public Relations
- Pengertian Public Relations dalam Manajemen Perusahaan
- Manajemen Strategis Public Relations
- Peran Public Relations dan Transformasi Budaya Perusahaan di Indonesia
- Peran Public Relations dalam mempertahankan dan meningkatkan Citra dan Reputasi
- Media Relations dan PR Writing
- Peran Public Relations dalam Corporate Social Responsibility (CSR)
- Manajemen Issue dan Manajemen Krisis dalam penanganan Public Relations
- Bagaimana Monitoring & Evaluating Public Relations Programs
Fasilitator Training Public Relations
Drs. Ludwig Suparmo, M.Si (Kode: IMC/PR)
Sejak umur 23 tahun bekerja sebagai Sales & Sales Promotion, termasuk menjadi Field Manager di sektor Farmasi, baik Nasional maupun perusahaan International. Di tahun 1975 menjadi Product Manager pertama uuntuk Indonesia dari Colgate Palmolive berkedudukan di Surabaya. Pindah ke Jakarta sebagai, Marketing Manager Beirsdorf, Marketing Services Mananger, dipromosikan sebagai Group Product Manager Richardson Vicks, Marketing Manager PT Trebor dan GM Cadburry, yang ketika itu dikelola oleh Kalbe Farma Group.
Selama 30 tahun terakhir aktif dalam bidang Public Relations dimulai ketika bekerja di McCann Erickson, kemudian sebagai Account Director Burson Marsteller, salah satu PR Agency terbesar didunia. Diundang oleh PT Fortune Indonesia, kemudian bergabung dengan Indo Pacific Reputation Management Consultants. Projek-projek yang pernah ditangani antara lain untuk Johnson & Johnson, CitiBank dan GM Opel. Juga Social Marketing Program dari DepKes, BKKBN dan Komunikasi Pencegahan Flu Burung.
IC Relations.
Sambil bekertja di perusahaan memperdalam Ilmu Bisnis Niaga dan Ilmu Komunikasi dan ikut serta berbagai pelatihan, seminar dan workshop baik di Jakarta maupun di berbagai Negara lain, termasuk UK dan Philippines. Ikut serta dalam berbagai proyek Product Launches dan Marketing Planning. Mengajar dan memberikan pelatihan dalam bidang Sales, Marketing dan Public Relations. Bidang yang dikuasai meliputi Sales & Marketing Planning, Integrated Marketing Communication, Strategic Brand Management, Public Opinion, Corporate Communication, Good Corporate Governance, Crisis Management dan Corporate Social Responsibility.
- 18 – 19 Februari 2019
- 23 – 24 April 2019
- 08 – 09 Juli 2019
- 19 – 20 Agustus 2019
- 21 – 22 Oktober 2019
- 16 – 17 Desember 2019
Lokasi Training
Amaris Hotel La Codefin / Neo Hotel – Kebayoran / Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk, Jakarta (Tentative)
Biaya Training Public Relations
- Rp. 4.150.000 ,- (REG for 3 person/more; payment 1 week before training)
- Rp. 4.350.000 ,- (REG 2 weeks before; payment 1 week before training)
- Rp. 4.850.000 ,- (On The Spot; payment at the latest training)
- Rp. 5.225.000 ,- (Full fare)
Strategic Public Relations