Purchasing Management
Acara
26 – 28 November 2014 | Rp. 6.000.000 di Hotel Ibis Styles, Yogyakarta
10 – 12 Desember 2014 | Rp. 6.000.000di Hotel Ibis Styles, Yogyakarta
Definisi Purchasing Management
Departemen pembelian (purchasing) memerlukan pengelolaan yang optimal dalam kegiatan operasinya karena merupakan bagian dari struktur organisasi yang terangkai untuk mencapai tujuan organisasi. Banyak dijumpai departemen pembelian (purchasing) yang tidak dikelola dengan sistem yang sesuai dengan best practices. Pengelolaan yang salah dapat menimbulkan disfungsi dalam organisasi dan berujung pada pemborosan perusahaan. Training ini akan memberikan pemahaman mengenai sistem pembelian dan manajemen pembelian (purchasing management) yang tidak hanya diperuntukkan bagi personil dalam departemen pembelian saja namun juga diperuntukkan bagi manajemen diatasnya, serta departemen yang terkait dengan pembelian.
Tujuan Training Purchasing Management
Setelah mengikuti training ini, diharapkan peserta mampu:
- Memahami fungsi & sistem pembelian (purchasing) dalam bisnis proses perusahaan
- Melakukan perencanaan pembelian (purchasing ) dan Mendesain sistem pembelian yang efektif & efisien
- Mensinergikan sistem dalam perusahaan sehingga dicapai optimalisasi dalam pengendalian internal di perusahaan yang berujung pada perbaikan proses bisnis dan peningkatan laba perusahaan
Materi Purchasing Management
- Peran departemen pembelian (purchasing) dalam proses bisnis
- Sistem pembelian dalam organisasi bisnis modern
- Perencanaan pembelian:
- Menghitung kuantitas optimal untuk pemesanan barang.
- Penggunaan alat kuantitatif, kelemahan dan cara mengatasi kelemahannya.
- Penganggaran bahan baku dan bahan penolong
- Memahami keterkaitan output dept. pembelian dengan pelaporan keuangan
- Kekeliruan dalam pengelolaan persediaan :
- Informasi harga pembelian hanya dapat diketahui departemen pembelian saja
- Anggaran pembelian disusun semata oleh departemen pembelian saja
- Anggaran pembelian sebagai alat menjustifikasi pengeluaran
- Mendesain sistem pembelian yang efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan perusahaan.
- Studi Kasus dan Diskusi
Peserta Training
Personil yang dapat mengikuti pelatihan yaitu: Staff, Supervisor, Manager hingga level diatasnya di bagian purchasing, inventory, shipping. Serta personal professional yang ingin menambah ketrampilan mengenai Purchasing Management.
Metode
Presentasi, diskusi, praktek dan studi kasus
Waktu dan Tempat
Tempat : Hotel Ibis Styles Yogyakarta
Jadwal training 2014 :
- 26-28 November 2014
- 10-12 Desember 2014
Kuota, Fasilitas dan Investasi
- Fasilitas: Hard Copy Materi, USB Flashdisk, Training Kits, Coffee Break & Lunch, Sertifikat, Foto Group, Souvenir, Member Card;
- Fasilitas Penjemputan dan Pengantaran dari dan ke bandara/stasiun.
- Investasi sebesar Rp. 6.000.000,- (Enam Juta Rupiah) per peserta non residential. Harga tidak termasuk pajak.
Instruktur
Patisina, ST., M.Eng