QUALITY CONTROL CIRCLE (QCC)
Acara
26 – 27 Agustus 2019 | Rp. 5.900.000 Per Peserta di Yogyakarta/ Semarang/ Solo
02 – 03 September 2019 | Rp. 6.900.000 Per Peserta di Bandung/ Jakarta/ Surabaya
09 – 10 September 2019 | Rp. 7.900.000 di Bali/ Batam/ Balikpapan/ Manado/ Lombok
Jadwal Training 2019 Selanjutnya …
Materi Training Quality Control Circle
- KonsepTotal Quality Management dan perubahan
- KAIZEN sebagai dasar QCC
- Proses Pemecahan Masalah (Daur PDCA)
- Plan
- Identifikasi Masalah,
- Pengumpulan dan Analisa Data,
- Analisa Sumber Penyebab Masalah,
- Validasi Faktor Penyebab
- Do
- Menyusun Rencana Penanggulangan,
- Melaksanakan Ide Penanggulangan
- Chec
- Memastikan Hasil Perbaikan
- Act
- Standarisasi,
- Identifikasi
- Maslah Berikutnya dan Memutar Roda PDCA
- Plan
- Tools Pemecahan Masalah
- Pareto Chart,
- Bar Chart,
- Pie Chart,
- Run Chart,
- Fishbone Diagram,
- Histogram, dan
- Scatter Diagram.
- Latihan memecahkan masalah dengan menggunakan DELTA
- Teknik Membuat Laporan QCC
- Teknik Audit QCC
- Teknik Presentasi QCC & Metode Konvensi yang Efektif
- Peranan Fasilitator QCC
- Teknik fasilitasi QCC
- Manajemen QCC di Perusahaan
- Kepemimpinan seorang Facilitator dalam QCC
Deskripsi Training Quality Control Circle
Banyak perusahaan Jepang telah merasakan manfaat dari penerapan program Quality Control Circle (QCC). Dalam kondisi krisis saat ini, setiap perusahaan dituntut untuk melakukan strategi cost reduction. Maka, setiap karyawan perlu dibekali metode melakukan cost reduction yang benar, dilibatkan secara sistematis.
Quality Control Circle (QCC) adalah sekelompok karyawan yang secara proaktif membahas dan memecahkan masalah-masalah dalam pekerjaan dan lingkungannya dengan tujuan meningkatkan mutu usaha. Pada pelaksanaanya perlu adanya fasilitator (pemandu) atau atasan langsung.
Karena fasilitator (pemandu) atau atasan langsung sangat menentukan keberhasilan implementasi QCC di dalam perusahaan, maka ia harus disiapkan dengan pengetahuan yang mendasar baik tentang konsep Total Quality Management (TQM) maupun perangkat kendali mutu dan peran-peran fasilitator.
Tujuan Training Quality Control Circle
- Memahami konsep dan bentuk-bentuk penerapan Total Quality Management
- Meningkatkan kesadaran terhadap mutu dan masalah-masalah organisasi
- Membekali keterampilan pemecahan masalah mutu
- Mampu membentuk dan membimbing QCC dalam proses pemecahan masalah dengan Delapan Langkah dan Tujuh Alat (DELTA)
Metode
Presentasi, Study Kasus, Diskusi
Waktu Dan Tempat Training 2019
- Hotel Santika Kuta, Bali
- Hotel Nagoya Plaza, Batam
- Hotel Fave, Balikpapan
- Hotel Aston, Manado
- Hotel Lombok Raya, Mataram
- Hotel 101 Dago , Bandung
- Hotel Santika Pandegiling, Surabaya
- Hotel Ibis Kemayoran , Jakarta
- Hotel Ibis Solo
- Hotel Ibis Simpang Lima, Semarang
- Hotel Ibis Malioboro, Yogyakarta
- 26 – 27 Agustus 2019
- 02 – 03 September 2019
- 09 – 10 September 2019
- 16 – 17 September 2019
- 23 – 24 September 2019
- 30 September – 01 Oktober 2019
- 07 – 08 Oktober 2019
- 14 – 15 Oktober 2019
- 21 – 22 Oktober 2019
- 28 – 29 Oktober 2019
- 04 – 05 November 2019
- 11 – 12 November 2019
- 18 – 19 November 2019
- 25 – 26 November 2019
- 02 -03 Desember 2019
- 09 – 10 Desember 2019
- 16 – 17 Desember 2019
- 23 – 24 Desember 2019
- 30 – 31 Desember 2019
Investasi dan Fasilitas
- Rp 7.900.000 (Non Residential) untuk lokasi di Bali, Batam, Balikpapan, Manado atau Lombok
- Rp 6.900.000 (Non Residential) untuk lokasi di Bandung, Jakarta atau Surabaya
- Rp 5.900.000 (Non Residential) untuk Lokasi Solo, Semarang atau Yogyakarta
- Quota minimum 2 peserta
- Quota minimum 3 peserta ( Untuk Manado, Balikpapan dan Lombok Quota minimal 4 peserta)
- Fasilitas : Certificate,Training kits, USB,Lunch,Coffe Break, Souvenir
- Untuk peserta luar kota disediakan transportasi antar-jemput dari Bandara/Stasiun ke Hotel khusus bagi perusahaan yang mengirimkan minimal 3 orang peserta)
Lead Instruktur
Miswanto Muslim, Drs., M.Si dan Team
Disamping Aktif sebagai staf pengajar dan penulis, yang bersangkutan juga aktif sebagai trainer dan consultant di beberapa perusahaan. Pengalaman memberikan training dan konsultan pada PT. Badak, PT Semen Gresik, PT. Pupuk Kujang, PT Pupuk Klatim, PT Pupuk Iskandar Muda, PT. Petrokimia Gresik, PT. Arun NGL, PT Indofarma, PT Petro China, Jepara, PT Jasa Raharja, PT Pelindo, PT Pertamina baik di Hulu maupun di Hilir, PT Bank BRI, PT Indonesia Power, PT PJB (Pembangkit Jawa Bali) di Pemda-Pemda, di beberapa perusahaan batubara, dan lainnya.