Sistem Aplikasi Logistik (Untuk Perusahaan Logistic, perusahaan Distributor, perusahaan pabrikasi)
Acara
10 – 11 Oct 2013 | Rp 5.000.000 di Park Hotel / Harris Hotel, Jakarta
21 – 22 Nov 2013 | Rp 5.000.000 di Park Hotel / Harris Hotel, Jakarta
12 – 13 Dec 2013 | Rp 5.000.000 di Park Hotel / Harris Hotel, Jakarta
Latar Belakang :
Seiring dengan upaya2 dalam rangka mewujudkan Perusahaan Jasa Logistic (3PL) yang terintegrasi, efisien dan berdaya saing tinggi serta dapat disejajarkan dengan perusahaan sejenis, baik domestik maupun internasional, perlu membangun sistem2 lainnya seperti Logistik Management System. Namun, perbedaannya adalah pada sistem logistik jenis jasa-jasaanya lebih bervariasi dibandingkan dengan sistem pergudangan (warehouse management system).
Hal-hal penting yang saat ini masih menjadi kelemahan yang perlu difasilitasi dalam software logistik ini antara lain :
- Penerapan besaran tariff jasa yang belum standard secara nasional.
- Komponen biaya dan besaran nilai dalam perhitungan harga pokok penjualan jasa yang belum standard secara nasional terutama daftar harga tariff pemasok angkutan.
- Penggunaan aset perusahaan berupa armada angkutan yang belum tercatat secara baik, sehingga belum dapat diukur tingkat optimalisasi penggunaannya.
Guna mencapai tujuan di atas dan menyadari tuntutan akan layanan operasional yang prima serta perlunya perangkat sistem teknologi informasi yang tepat, maka memerlukan pelatiahan dan pembangunan software Logistics Management System untuk mendukung manajemen logistik yang terbaik.
Tujuan & Manfaat Training Sistem Aplikasi Logistik :
Bisnis logistik terutama jasa distribusi adalah tipikal bisnis yang mampu mengejar pertumbuhan penjualan secara cepat, namun memiliki rentang keuntungan yang rata-rata dibawah 10 %. Dengan demikian, penerapan software Logistics Management System diharapkan dapat menjadikan produk jasa logistik lebih efisien dengan tetap memberikan kualitas jasa yang prima. Adapun, tujuan yang hendak dicapai adalah :
- Tersedianya pedoman umum penanganan fisik beserta informasi pendukungnya untuk pengiriman barang-barang sampai tujuan yang ditentukan,
- Peningkatan kecepatan dan keakuratan proses administrasi dan pelaporan distribusi barang dan keberadaan armada angkutan baik milik sendiri maupun sewa
- Tersedianya fasilitas sistem database tariff jasa angkutan yang terupdate dan berlaku secara nasional.
- Tersedianya fasilitas sistem perhitungan harga penawaran berdasarkan harga pokok yang akurat dan realistis, sehingga harga penawaran yang dihasilkan menjadi kompetitif.
- Peningkatan kecepatan respon kepada (calon) pelanggan atas informasi harga penawaran yang dibutuhkannya.
- Peningkatan kemudahan penjajagan dan penelusuran operasionalisasi armada angkutan.
- Tersedianya tenaga-tenaga trampil dan terlatih untuk menerapkan pedoman best practice untuk masing-masing pelanggan sesuai dengan lingkup jasa yang diminta pada kontrak (Service Level Agreement).
- Tersedianya perangkat & teknologi yang fleksibel untuk manajer & supervisor akan tetapi sederhana/mudah bagi pelaksana lapangan, sehingga pelayanan terhadap permintaan pelanggan di atas dapat dilakukan dengan biaya rendah, efektif, dan keuntungan optimal bagi perusahaan.
Kemampuan Sistem Aplikasi :
Sesuai best practice internasional, kemampuan sistem aplikasi meliputi otomasi proses-proses sbb :
- Perekaman database vendor angkutan darat, laut dan udara
- Perekaman database tariff dari vendor
- Penyiapan harga penawaran berdasarkan tinjauan order
- Penerbitan konfirmasi order
- Penerbitan Surat Perintah Melaksanakan Pekerjaan (SPMP)
- Perekaman kelengkapan data dalam rangka pengiriman barang termasuk jenis alat angkut dan spesifikasi dan jumlah barang.
- Perekaman rincian proposal dan realisasi biaya operasi (SPKO)
- Penerbitan Slip Permintaan Pembayaran (SPP)
- Perekaman pertanggungjawaban biaya operasi
- Penerbitan debet nota dan kwitansi tagihan.
Daftar Perangkat Lunak (software) :
Saat ini telah memiliki 2 (dua) perangkat lunak sistem aplikasi Logistics Management, terdiri dari :
1. BGRFSIS, yaitu software logistik yang digunakan untuk pengelolaan jasa freight forwarding, distributor dan pabrikasi
2. BGRDEPO, yaitu software logistik yang digunakan untuk pengelolaan depo container.
Kemampuan tambahan selain kemampuan standar di atas pada software ini adalah :
- Pengelolaan masuk (lift off) dan keluar (lift on) container ke/dari depo
- Pengelolaan penyimpan container (storage) di dalam depo, termasuk informasi fisik (ukuran, kondisi, dll) dan lokasi penempatan container
- Pengelolaan jasa lainnya seperti pembongkaran (stripping), pencucian (washing), perbaikan (repair), pemuatan (stuffing) dan pengangkutan (trucking).
AUDIENCE TARGET :
Director, General Manager. IT Supervisor or IT Manager, Warehouse Manager, Logistics Manager
TRAINING METHOD :
Pelatihan ini menggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep, diberikan contoh aplikasinya, berlatih menggunakan konsep, mendiskusikan proses dan hasil latihan.
- 60% Practices (case study).
- 40% Theory
- Dynamic and interactive training presentation
Project Experience :
- Menyusun IT Master Plan
- Asset Integrity Management Program
- Pembangunan sistem aplikasi Perencanaan, Penjualan, Operasi, Logistik dan Keuangan berbasis teknologi web
- Pembangunan HSE and Aspect Impact Database Management System
- Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PPTSP) Pemkot Bandung
- Pengembangan Aplikasi Otomasi Pengawasan Internal dan Administrasi
- Pembangunan Aplikasi Sistem Informasi Harga Satuan
- Roadshow Animasi 2007
- Penyusunan Business Plan
- Pengadaan Instrument System Informasi Rumah Sakit Jiwa & Ketergantungan Obat Soeprapto Bengkulu
- Pembangunan Sistem Informasi Perencanaan
- Evaluasi Realisasi Investasi dan Penyusunan Statistik PMA/PMDN
- Rintisan Program Sinkronisasi Data Evaluasi Sistem Pelayanan Usaha Penangkapan Ikan
- Pengembangan Fasilitas Teknologi Informasi Pengawasan Perikanan (Modul Perekaman/Data Entry, Modul Verifikasi dan Analisa, dan Modul Pelaporan dan Evaluasi)
- Pembuatan Sistem Informasi Pengembangan Tenaga Kerja, Pengembangan Usaha, Kelembagaan Usaha dan Ekonomi Usaha Perikanan Tangkap
- Pengembangan Sistem Pelaporan Data Usaha Penangkapan Ikan di Pelabuhan Perikanan
- Pengembangan Teknologi Informatika Dalam Rangka Pelaporan Data Usaha Kantor Departemen Perikanan dan Kelautan, Jakarta
- Pembangunan Business Inteligent System, Competence Based Human Resource Management System, Performance Measurement System Rumah Sakit Duren Sawit Jakarta
- Pembangunan Sistem Kepegawaian, Perlengkapan, Anggaran dan Surat Menyurat Kantor Departemen Perdagangan, Jakarta
- Pembangunan Sistem Human Resource, Procurement, Finance & Accounting Kantor Koperasi PT Sucofindo, Jakarta
- Pembuatan Sistem Penilaian Kinerja Berbasis Balanced Kantor PT. Sahabat Utama, Jakarta
- Pembangunan Sistem Aplikasi Assesment Kompetensi PT. Jasa Marga, Jakarta
- Pembuatan Sistem Penilaian Kinerja Berbasis Balanced Scorecard PT. Bursa Efek Surabaya, Jakarta
- Pembangunan Sistem Aplikasi Database HSE Regulation British Petrolium (BP) West Java
- Pembangunan Sistem Pengawasan Jasa Kelautan dan Ekosistem Laut Departemen Kalautan dan Perikanan, Jakarta
- Proyek Pembangunan Redundant Sistem VMS dan Sistem Departemen Perikanan dan Kelautan, Jakarta
- Proyek Pemeliharaan Sistem dan Jaringan VMS Departemen Perikanan dan Kelautan, Jakarta
- Pembangunan Sistem Database Harga Satuan Pokok Departemen Perikanan dan Kelautan, Jakarta
- Pembangunan Arsitektur Sistem Informasi Rumah Sakit Duren Sawit Jakarta
- Pembuatan Sistem Pelaporan Usaha Perikanan Tangkap Departemen Perikanan dan Kelautan, Jakarta
- Proyek Pembangunan Sistem Aplikasi Control Center Dalam Rangka Penunjang VMS Departemen Perikanan dan Kelautan, Jakarta
- Pembangunan Sistem Database Inventarisasi Aset, Pemkab Rokan Hulu Riau
- Pembangunan Sistem Informasi Rumah Sakit Haji, Jakarta
- Pembangunan Sistem Pengolahan Data Survey Kepuasan Pelanggan PLN Lokasi : Jakarta, Tangerang dan Bekasi
- Pembangunan Sistem Perizinan Usaha Penangkapan Ikan Departemen Perikanan dan Kelautan, Jakarta
Training Instructure Experience :
1. Training of IT Support on Implementation of Balanced Scorecard.
2. Training of IT Support on Implementation of Performance Measurement System.
3. Training of IT Support on Implementation of Business Intelligent.
4. Training of IT Support on Total Document Management
5. Training of Application System and Database Development with Microsoft Visual Basic, Microsoft
SQL Server 2000/2005 and Crystal Report 8.5/10
6. Training of Web Application Programming with HTML, ASP.Net and PHP
7. Training of Data Warehouse Development with Microsoft SQL Server 2000.
Capability in Computer Software :
1. Plant Design Management System (PDMS)
2. Microsoft Visual Studio .NET. 2008 for VB.NET and ASP.NET Programming
3. Microsoft SQL Server 2000/2005
4. Oracle Database 10g
5. PHP Programming
6. MySQL Database
7. Autodesk 3D Studio Max
8. Macromedia Dreamweaver MX
9. Macromedia Flash
10. Adobe Photoshop
11. Adobe Premier
Workshop Leader :
ISMAIL AMALI HARUN
Master dibidang computer selama kurang lebih 25 tahun dibidangnya, beliau saat ini masih aktif sebagai trainer dan sebagai dosen dibeberpa kampus terkemuka di Jakarta, sudah banyak hasil software yang telah dikembangkan oleh beliau untuk pihak Pemerintah maupun swasta
Jadwal
Park Hotel (Cawang-Jakarta) / Harris Hotel ( Tebet-Jakarta)
- 10 – 11 July 2013
- 19 – 20 September 2013
- 10 – 11 October 2013
- 21 – 22 November 2013
- 12 – 13 December 2013
Harga :
- Rp 4.700.000 – Group Price (3 peserta dari perusahaan yang sama)
- Rp 4.850.000 – Early Bird
- Rp 5.000.000 – Full Fare