Socio Cultural Analysis
ACARA
08 – 10 January 2015 | IDR 5.800.000 di Dafam fortuna Hotel, Yogyakarta
26 – 28 February 2015 | IDR 5.800.000 di Dafam fortuna Hotel, Yogyakarta
02 – 04 June 2015 | IDR 5.800.000 di Dafam fortuna Hotel, Yogyakarta
21 – 23 September 2015 | IDR 5.800.000 di Dafam fortuna Hotel, Yogyakarta
13 – 15 October 2015 | IDR 5.800.000 di Dafam fortuna Hotel, Yogyakarta
TRAINING DESCRIPTION Socio Cultural Analysis
Analisis sosio kutural pada dekade belakangan ini sangat dirasakan urgensinya bagi eksistensi perusahaan yang langsung berhubungan dengan komunitas tertentu. Begitu banyak berita tentang pertentangan, konflik, gesekan dan situasi tidak menyenangkan lainnya timbul dalam konteks relasi perusahaan dengan komunitasnya yang diasumsikan buruk. Semestinya secara proaktif perusahaan-perusahaan yang hadir di komunitas tertentu mampu mentransformasi keberadaan komunitas sebagai aset dan mitra bagi keberlangsungan operasional perusahaan secara berkelanjutan.
Suatu perusahaan, khususnya yang banyak terkait dengan aktivitas ekstraktif, sangat memerlukan adanya analisa secara mendalam terkait dengan aspek sosio kulturalnya dalam rangka mengatur hubungan sosialnya secara efektif dengan semua stakheholders di dalam lingkungan operasional dari perusahaannya. Dengan memahami konteks sosio kultural komunitas di sekeliling perusahaan, paling tidak akan memudahkan kegiatan operasional perusahaan di dalam dinamika relasi masyarakat yang semakin dinamis dan sangat beragam tuntutannya. Oleh karena itu, analisis sosio kultural merupakan hal mutlak yang perlu dilakukan oleh sebuah perusahaan manakala perusahaan tersebut beraktifitas.
Pelatihan ini dimaksudkan sebagai media pembelajaran atas tools dan konsepsi teknikal bagaimana dan mengapa perlu adanya analisis sosio kultutral (Socio Cultural) disertai cara-cara yang harus dilakukan dalam proses analisis disertai kegiatan penunjanganya.
WHO SHOULD ATTEND
Pimpinan dan Pemilik Perusahaan Tambang/Perkebunan/Ekstraktif lainnya, Konsultan Hukum, Staf dan Manajer bidang Hukum, External Relations, Public Relations, Government Relations, CSR and Community Development, Project/Site Manager, LSM, Tokoh Masyarakat, Polisi, Staf dan Pejabat Pemda dan pihak lainnnya yang terkait.
SUMMARY OUTLINE Socio Cultural Analysis
- Konsep Analisa Sosio Kultural (Socio Cultural) di Industri Ekstraktif
- Justifikasi Teknis dan Implementasinya
- Metodologi dan Teknik Analisis Sosio Kultural (Socio Cultural)
- Rekayasa Sosial dalam Konteks Komunitas
- Perancangan Proyek Komunitas berbasis Aset dan Kebutuhan Lokal
- Analisis Dampak Sosial Budaya dan Intervensi Program Komunitas
- Developing Effective dan Participative Community-based Program
COURSE METHOD Socio Cultural Analysis
- Presentation
- Discuss
- Case Study
- Evaluation
- Simulation
COURSE SPEAKER Socio Cultural Analysis
Irfan Riza, SE, MSc, MA (CM)
(Certified Mediator and Senior Consultant in Conflict Transformation, CSR based on ISO 26000, Social Audit, Government Relations, Community Building and Development )
TIME & VENUE Socio Cultural Analysis
- Dafam fortuna Hotel Jl. Dagen 60 Malioboro, Yogyakarta
- 08 – 10 January 2015
- 26 – 28 February 2015
- 02 – 04 June 2015
- 21 – 23 September 2015
- 13 – 15 October 2015
- 03 days (08 am – 04 pm)
COURSE FEE Socio Cultural Analysis
IDR 5.800.000,- Per Participant non residential
COURSE FACILITY Socio Cultural Analysis
- Module / Handout
- Certificate
- Souvenir
- Training Kit