STANDARD OPERATING PROCEDURE
Acara
26 – 27 Januari 2021 | Rp 3.750.000 di Hotel Menara Peninsula, Jakarta
23 – 24 Februari 2021 | Rp 3.750.000 di Hotel Menara Peninsula, Jakarta
25 – 26 Maret 2021 | Rp 3.750.000 di Hotel Menara Peninsula, Jakarta
Jadwal Training 2021 Selanjutnya …
OVERVIEW TRAINING STANDARD OPERATING PROCEDURE
Standard Operating Procedure ( SOP ) adalah aturan yang ditetapkan di suatu perusahaan/ Instansi Pemerintah / Organisasi untuk menjalankan suatu proses kerja .
Secara umum hal hal penting yang ditetapkan dalam suatu aturan menjalankan suatu proses kerja adalah : Tujuan /output proses kerja , gambaran rincian proses kerja berupa kegiatan kerja yang harus dilakukan, kelompok kerja/ unit organisasi yang bertanggung jawab melaksanakan kegiatan kerja , definisi pengertian teknis atau konsep yang berkaitan dengan proses kerja .
Berdasarkan peranan dan fungsinya , SOP dapat dikelompokkan sebagai salah satu sarana menjalankan langsung proses manajemen untuk itu hal hal yang ditetapkan dalam SOP harus mengacu kepada referensi berupa perangkat manajemen yaitu : proses bisnis , manual Organisasi dan Sistem Informasi, Metoda kerja
Proses bisnis suatu perusahaan / instansi pemerintah/ Organisasi adalah referensi SOP untuk menetapkan Proses kerja yang ditetapkan untuk dijalankan
Apabila semua SOP yang ditetapkan di suatu perusahaan/ Instansi Pemerintah / Organisasi dijalankan dengan lancar dan berhasil maka hal itu berarti proses bisnis berjalan dengan tujuan yang ditetapkan .
Manual Organisasi suatu perusahaan / instansi pemerintah/ Organisasi adalah referensi SOP untuk menetapkan Unit Organisasi yang bertanggung jawab dalam menjalankan proses kerja yang ditetapkan .
Sistem Informasi suatu perusahaan / instansi pemerintah/ Organisasi adalah referensi SOP untuk merinci kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan data/ informasi.
Untuk menghasilkan SOP yang sesuai dengan peranan dan fungsinya maka proses penanganannya dilakukan dengan tahapan sebagai berikut : Analisa dan Identikasi kebutuhan SOP, Penyusunan, Sosialisasi, Implementasi, Audit , Analisa hasil audit dan Revisi .
Pelaksanaan setiap tahap proses penanganan SOP harus terarah dan terkendali hal ini dimaksudkan untuk menghasilkan dan menjalankan SOP sesuai dengan peranan fungsi yang menunjang jalannya proses bisnis .
Pengarahan dan pengendaliaan penanganan SOP harus ditunjang dengan pengelolaan dokumen dimana hasil penyusunan, audit dan revisi SOP dikomunikasikan secara formal melalui dokumen
Sumber daya manusia yang diperlukan untuk menangani SOP terdiri dari beberapa profesi yang masing masing mempunyai spesikasi sebagai berikut :
- Procedure analyst dengan spesifikasi :
- mampu mengkaji Proses bisnis , manual organisasi dan Sistem Informasi .
- Mampu mengidentifikasi kebutuhan SOP
- mampu menyusun dan merevisi SOP ,
- mampu mensosialisi SOP
- Pengatur penanganan SOP , dengan spesifikasi :
- Mampu membuat perencanaan pengembangan SOP
- Mampu mengarahkan disetiap tahap proses penanganan SOP
- Mampu mengendalikan jalannya setiap tahap proses penanganan SOP
- Petugas Pelaksana SOP , dengan spesifikasi :
- Menguasai wawasan SOP dan keterkaitannya dengan SOP lainnya
- Mempunyai kemampuan menjalankan proses kerja yang ditetapkan dalam SOP
- Mampu bekerja sama dengan unit kerja lainnya yang sama sama terlibat menjalankan SOP
- Pejabat struktural organisasi pelaksana SOP dengan spesifikasi :
- Mempunyai wawasan proses bisnis, Sistem Informasi dan manual organisasi
- Menguasai wawasan SOP dan keterkaitannya dengan SOP lainnya
- Mampu mengendalikan kelancaran pelaksanaan SOP
- Auditor SOP dengan spesifikasi :
- Mempunyai wawasan proses bisnis, Sistem Informasi dan manual organisasi
- Menguasai wawasan SOP dan keterkaitannya dengan SOP lainnya
- Mampu mengidentifikasi dan menganalisa secara komprehensip permasalahan yang terjadi pada saat pelaksanaan SOP
TUJUAN TRAINING STANDARD OPERATING PROCEDURE
Dengan mengikuti workshop / kelas ini, peserta akan:
- Memahami wawasan SOP secara komprehensip
- Memahami proses penanganan SOP secara lengkap
- Memahami proses manajemen penanganan SOP secara komprehensip
- Dapat menyusun SOP sesuai dengan spesifikasi
- Memahami spesifikasi sumber daya manusia untuk melaksanakan penanganan SOP
- Memahami pengelolaan dokumen penunjang proses penanganan SOP
- Memahami ruang lingkup permasalahan yang mungkin terjadi dalam penanganan SOP.
MATERI TRAINING STANDARD OPERATING PROCEDURE
Paket Materi training / pelatihan SOP sebagai berikut :
- Latar belakang
- Peran dan Fungsi SOP
- Spesifikasi Sop
- Referensi SOP
- Siklus proses penanganan SOP
- Pengkajian proses bisnis
- Identifikasi Kebutuhan SOP
- Penyusunan dan Penetapan SOP
- Sosialisasi
- Implementasi
- Audit
- Analisa hasil Audit
- Revisi
- Gambaran diagram alir proses penanganan SOP
- Manajemen proses penanganan SOP
- Sumber daya manusia penanganan SOP
- Pengelolaan dokumentasi penanganan SOP
- Permasalahan SOP yang mungkin terjadi .
- Work shop penyusunan SOP
Jadwal Training 2021
- 26 – 27 Januari 2021
- 23 – 24 Februari 2021
- 25 – 26 Maret 2021
- 29 – 30 April 2021
- 27 – 28 Mei 2021
- 22 – 23 Juni 2021
- 29 – 30 Juli 2021
- 30 – 31 Agustus 2021
- 28 – 29 September 2021
- 26 – 27 Oktober 2021
- 25 – 26 November 2021
- 28 – 29 Desember 2021
- Pk. 09.00 – 16.00 WIB
Hotel: Hotel Menara Peninsula, Hotel Puri Denpasar, Hotel Harris Tebet, Hotel Fave Gatot Subroto, Hotel Ibis.
Investasi
- Rp. 3.750.000,-/peserta
- Including: Sertifikat,Training Modules, Workshop kit, Lunch, Snack, Foto 10R
STANDARD OPERATING PROCEDURE