Supplier Management and Negotiation Skills
Acara
24 sd 26 Maret 2015 | Fee Menyesuaikan Venue di Yogyakarta/ Bali/ Balikpapan/ Lombok/ Bandung/ Jakarta/ Batam
7 sd 9 April 2015 | Fee Menyesuaikan Venue di Yogyakarta/ Bali/ Balikpapan/ Lombok/ Bandung/ Jakarta/ Batam
21 sd 23 Aprril 2015 | Fee Menyesuaikan Venue di Yogyakarta/ Bali/ Balikpapan/ Lombok/ Bandung/ Jakarta/ Batam
5 sd 7 Mei 2015 | Fee Menyesuaikan Venue di Yogyakarta/ Bali/ Balikpapan/ Lombok/ Bandung/ Jakarta/ Batam
Jadwal Training 2015 Selanjutnya …
DESKRIPSI
Tidak dapat dipungkiri, bahwa aktivitas operasional suatu perusahaan sangat terkait dengan keterlibatan para pemasoknya. Oleh karena begitu banyaknya pemasok yang telah menjadi mitra suatu perusahaan, baik sebagai pemasok barang maupun penyedia jasa sehingga membutuhkan suatu pengelolaan yang efektif. Terkait dengan pemaparan diatas, maka dikenal istilah Supplier Managemet yang merupakan sebuah konsep manajemen strategis yang merencanakan dan mengelola semua interaksi dengan pihak ketiga yang menyediakan baik barang atau jasa kepada perusahaan Anda. Supplier Management dalam hal ini digunakan untuk memaksimalkan nilai dari interaksi antara kedua belah pihak.
Dalam prakteknya, Supplier Management akan menciptakan hubungan yang lebih dekat dan lebih kolaboratif dengan pihak pemasok untuk mengurangi risiko. Didalamnya ada beberapa proses interaksi yang dilakukan dengan customer, yaitu seperti negosiasi kontrak, pembelian, mengelola logistik dan pengiriman, serta berkolaborasi pada desain produk, dll. Sehingga hubungan antara customer dengan pemasok tidak terpisah dan harus dikelola secara terkoordinasi di seluruh unit fungsional.
Dalam pengaturan masalah bisnis negoisasi dapat dilakukan dengan rekan kerja, para manajer, klien suplair, kontraktor dan bahkan para pesaing. Dalam pelatihan ini, anda akan belajar tentang dasar-dasar proses negoisasi, dan meningkatkan kemampuan anda sebagai manager, supervisor dalam mempengaruhi hubungan kerja secara positif.
Pelatihan ini menerangkan secara ringkas strategi yang telah terbukti untuk negoisasi yang lebih baik, dan memperlihatkan kepada anda bagaimana mencapainya dengan menggunakan pendekatan yang terstruktur terhadap proses negoisasi, mulai dari tahap persiapan, dimana anda dapat belajar untuk memaksimalkan keuntungan bahkan sebelum negoisasi dimulai; sampai dengan tahap penutupan, dimana anda mungkin secara efektif harus berhubungan dengan ”taktik” pihak lain sampai pada menit terakhir.
TUJUAN PELATIHAN:
• Memahami kerangka kerja pengelolaan pemasok
a. Sinergi antara strategi korporat, kategori barang/jasa, tujuan pemasokan dan strategi pasokan
b. Pengaruh kondisi pasar pasokan terhadap strategi pasokan
c. Pengaruh persepsi pemasok pada perusahaan kita terhadap strategi pasokan
d. Skala prioritas pada pengelolaan pemasok yang selaras dengan strategi pasokan dan tipe pemasok yang ada
• Mampu mengelola hubungan dengan pemasok melalui peningkatan kinerja yang strategis
a. Implementasi strategi operasional pada proses pemasokan
b. Penentuan indikator kinerja kunci pada pemasok-pemasok utama (collaborative partners)
c. Pengembangan usulan rencana aksi untuk meraih kinerja yang telah ditetapkan
• Memiliki kemampuan daya juang gigih dalam melakukan aktivitas Selling maupun negotiating
• Mampu meyakinkan dan menutup penjualan maupun negoisasi
• Smart menggunakan strategi dalam memenangkan hati customer dalam menuju proses win-win
• Lebih kreatif dalam menciptakan dan menggali kebutuhan lawan negoisasi
• Mampu menghindarkan sentuhan emosi dalam berinteraksi, sedikit bicara banyak menghasilkan
• Lebih mampu menerapkan proses selling & Negotiation secara profesional
• Mampu menjadikan keberatan menjadi sebuah kesempatan baik dalam selling maupun negoisasi
• Punya satu harapan goal untuk lebih optimal dalam mencapai target
COURSE OUTLINE SUPPLIER MANAGEMENT
1. Understand the Corporate Strategy and the Implications for the Purpose Of Supplying
2. The Benefits of Supplier Management
• Optimize supplier relationships
• Create competitive advantage and drive revenue by jointly bringing new, better and more customer-centric solutions to market faster
• Lengthen and strengthen critical supplier relationships
• Drive profit enhancement through reduced supply chain and Operational costs while maintaining quality.
3. Purchase Categories
• Commodities
• High Impact
• Odds and Ends
4. Selecting the Right Suppliers and Identifying the Total Cost of Ownership Becomes a Primary
5. Uncovering the Hidden Costs of Procurement
6. Formal Steps Extend the Supplier Management Activity
7. Supplier Management Behaviors Model
8. Understand the stages in developing relationships with suppliers
9. Improvement of Supplier Management
10. The principles and fundamental understanding of Negotiation
11. Methods in Business Negotiations and Rule of Law in Negotiation
12. Preparation and Negotiation Process Business (Psychic and Material)
13. Simulation Business Negotiation with customized Case with participants daily
PESERTA
Karyawan/staff hingga level Manager dari latar belakang produksi / operasional / PPC. Karyawan/Staff dari latar belakang Distribusi, Logistik dan Warehouse, pengadaan barang dan jasa.
METODE
• Presentasi
• Diskusi dan Sharing Pengalaman
• Role Play
• Games
NARASUMBER
DR. Fauzan Asmara SE., MM.
- 24 sd 26 Maret 2015
- 7 sd 9 April 2015
- 21 sd 23 Aprril 2015
- 5 sd 7 Mei 2015
- 19 sd 21 Mei 2015
- 9 sd 11 Juni 2015
- 23 sd 25 Juni 2015
- 7 sd 9 Juli 2015
- 28 sd 30 Juli 2015
- 11 sd 13 agustus 2015
- 25 sd 27 agustus 2015
- 8 sd 10 September 2015
- 29 september sd 1 Oktober 2015
- 20 sd 22 Oktober 2015
- 3 sd 5 November 2015
- 17 sd 19 november 2015
- 1 sd 3 Desember 2015
- 15 sd 17 Desember 2015
- 29 sd 31 Desember 2015
Venue:
- Eastparc Hotel / The Alana Hotel, Yogyakarta ( 5* )
- The Trans Resort & Hotel / The Pullman Bali Legian Nirwana Hotel, Bali ( 5* )
- Novotel Hotel, Balikpapan ( 5* )
- Sheraton Senggigi Beach Resort, Lombok ( 5* )
- The Trans Luxury Hotel, Bandung (5*)
- Pullman Hotel, Jakarta (5*)
- Harris Hotel Batam Center / Mercure Hotel, Batam (4*)
International Class:
- Ibis Styles Frasser Business Park Hotel, Kuala Lumpur, Malaysia ( 4* )
- Concorde Hotel, Singapore ( 5* )
- Novotel Platinum, Bangkok (4*)
- Novotel Kowloon, Hongkong (4*)
- Yogyakarta : Rp. 6.750.000,- per participant ( Non Residential )
Special Price Rp. 6.250.000,- per participant ( Non Residential ) form minimum 3 participant from same company.
- Bali: Rp. 10.500.000,- per participant ( Non Residential )
Special Price Rp. 9.500.000,- per participant ( Non Residential ) form minimum 3 participant from same company.
- Lombok: Rp. 11.500.000,- per participant ( Non Residential )
Special Price Rp. 10.500.000,- per participant ( Non Residential ) form minimum 3 participant from same company.
- Balikpapan: Rp. 9.500.000,- per participant ( Non Residential )
Special Price Rp. 8.500.000,- per participant ( Non Residential ) form minimum 3 participant from same company.
- Bandung: Rp. 8.000.000,- per participant ( Non Residential )
Special Price Rp. 7.500.000,- per participant ( Non Residential ) form minimum 3 participant from same company.
- Jakarta: Rp. 7.000.000,- per participant ( Non Residential )
Special Price Rp. 6.500.000,- per participant ( Non Residential ) form minimum 3 participant from same company.
- Batam : Rp. 9.500.000,- per participant ( Non Residential )
Special Price Rp. 8.500.000,- per participant ( Non Residential ) form minimum 3 participant from same company.
International Class:
- Singapore: USD 3,500.00 per participant ( Non Residential )
Special Price: USD 3,250.00 per participant ( Non Residential ) form minimum 3 participant from same company.
- Malaysia: USD 3,200.00 per participant ( Non Residential )
Special Price: USD 3,000.00 per participant ( Non Residential ) form minimum 3 participant from same company.
- Thailand: USD 3,000.00 per participant ( Non Residential )
Special Price: USD 2,800.00 per participant ( Non Residential ) form minimum 3 participant from same company.
- Hongkong: USD 3,600.00 per participant ( Non Residential )
Special Price: USD 3,400.00 per participant ( Non Residential ) form minimum 3 participant from same company.
Facilities:
- Qualified Trainer
- Convinience Training room
- Training kit
- Hard and soft copy material (USB Flashdisk)
- Certificate
- Souvenir
Advanced Negotiation Skills and Supplier Management