Warehouse Management FOR CONSUMER GOOD WAREHOUSE
ACARA
29 – 30 August 2013 | Rp 4.000.000 di Park Hotel / Harris Hotel, Jakarta
10 – 11 September 2013 | Rp 4.000.000 di Park Hotel / Harris Hotel, Jakarta
24 – 25 October 2013 | Rp 4.000.000 di Park Hotel / Harris Hotel, Jakarta
12 – 13 November 2013 | Rp 4.000.000 di Park Hotel / Harris Hotel, Jakarta
23 – 24 December 2013 | Rp 4.000.000 di Park Hotel / Harris Hotel, Jakarta
Latar Belakang Training Warehouse Management FOR CONSUMER GOOD WAREHOUSE
Dalam rangka mewujudkan Perusahaan yang terintegrasi, efisien dan berdaya saing tinggi serta dapat disejajarkan dengan perusahaan sejenis, baik domestik maupun internasional, maka perlumembangun Warehouse Management System yang komprehensive untuk mendukung operasional yang ada. Langkah ini perlu diambil untuk menjamin tercapainya penyederhanaan proses bisnis, produktifitas yang tinggi,dan efisiensi sumber daya yang optimal yang pada akhirnya memberikan kepuasan maksimal kepada pelanggan, berdaya saing dan mendorong pertumbuhan bisnis yang lebih cepat.
Berdasarkan studi banding dengan beberapa perusahaan jasa dan manufaktur setelah dilakukan analisa terhadap mekanisme digudang- gudang, masih ditemukan adanya potensi yang dapat dilakukan penyempurnaan antara lain:
- Penggunaan tenaga kerja yang seharusnya dapat dikurangi,
- Utilisasi waktu yang sangat rendah akibat aktifitas-aktifitas yang tidak bernilai tambah,
- Tingkat akurasi yang tidak konsisten akibat ketergantungan kepada kebiasaan dan
- memori operator, dan
- Terbuangnya “space” akibat penyimpanan barang yang tidak diperlukan.
Guna mencapai tujuan di atas dan menyadari tuntutan akan mekanisme operasional yang prima serta perlunya perangkat sistem teknologi informasi yang tepat, maka diperlukannyan pembangunan software Warehouse Management System untuk perusahaan jasa/ manufaktur untuk mendukung manajemen pergudangan yang terbaik.
Tujuan Training Warehouse Management FOR CONSUMER GOOD WAREHOUSE
- Sesuai dengan kerangka besar untuk menjadikan perusahaan jasa / manufaktur yang dapat terintegrasi di dalam kegiatanya seperti: manajemen pengelolaan stock (stock carrying), transportasi & transfer, serta manajemen konsolidasi & distribusi (consolidation and distribution management); tujuan yang hendak dicapai adalah:
- Tersedianya pedoman umum penanganan fisik beserta informasi pendukungnya untuk barang- barang yang masuk (incoming), disimpan & ditangani (storage & handling), dan akan didistribusikan (despatch) di fasilitas-fasilitas yang dimiliki dan dioperasikan oleh pengelola gudang.
- Peningkatan kecepatan dan keakuratan proses administrasi dan pelaporan penyimpanan dan pergerakan barang di gudang.
- Peningkatan efektifitas dan efisiensi kontrol/pengawasan dan pelaporan mutasi dan posisi persediaan barang di gudang.
- Peningkatan efektifitas interaksi dari seluruh pihak-pihak yang terkait terutama dalam hal monitoring realisasi (outstanding) SPA dan DO, rekonsiliasi data mutasi stock dan posisi stok barang di gudang, dan lain-lainnya.
- Informasi yang disediakan tidak hanya untuk kebutuhan pengawasan dan pengendalian mutasi dan posisi stok, akan tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan distribusi penjualan dan pemasaran barang
- Tersedianya tenaga-tenaga trampil dan terlatih untuk menerapkan pedoman umum di atas untuk masing-masing pelanggan sesuai dengan lingkup jasa yang diminta pada kontrak (Service Level Agreement).
- Tersedianya perangkat & teknologi yang fleksibel untuk manajer & supervisor akan tetapi sederhana/mudah bagi pelaksana lapangan, sehingga pelayanan terhadap permintaan pelanggan di atas dapat dilakukan dengan biaya rendah, efektif, dan keuntungan optimal bagi perusahaan.
SWMYAM, yaitu software WMS yang dibuat untuk keperluan pengelolaan gudang barang2 agunan konsumen (consumer good) (CMS). Kemampuan tambahan selain
kemampuan standar di atas pada WMS ini adalah :
- Perekaman dokumen kontrak pengelolaan agunan (CMA)
- Perekaman harga pasar barang sebagai acuan dalan menetapkan nilai barang
- Konsolidasi jumlah kuantitas dan nilai barang agunan dari seluruh gudang sebagai acuan dalam pengendalian batas minimal total nilai barang agunan yang harus ada di dalam gudang.
Kemampuan Sistem Aplikasi Training Warehouse Management FOR CONSUMER GOOD WAREHOUSE
Sesuai best practice internasional, kemampuan sistem aplikasi meliputi otomasi proses-proses sbb :
1. Penerimaan barang (inbound), terdiri dari :
- Fungsi receiving, adalah proses penerimaan barang di area penerimaan di dalam gudang baik dengan (expected) atau tanpa (blind) ASN.
- Fungsi putaway, adalah proses penempatan barang di dalam gudang sesuai jenis barangnya ke rak atau area yang telah ditentukan.
2. Penyimpan barang (storage), terdiri dari :
- Pengelolaan hirarki packaging barang (UOM)
- Pengelolaan informasi fisik barang (berat, dimensi, dll)
- Pengaturan lokasi bin (racking, stacking and/or zoning area)
- Pengelolaan strategi penyimpanan dan pengeluaran barang (FIFO, LIFO, Expired date)
- Pengelolaan urutan pengambilan barang dari tempat penyimpanan.
- Perpindahan barang dalam gudang (inter warehouse movement)
- Fungsi management stocktaking dan cycle count, adalah proses perhitungan barang dalam gudang untuk keperluan stock opname.
3. Pengeluaran barang (outbound), terdiri dari :
- Fungsi picking, proses pengambilan barang dari tempat penyimpanan ke area
- pengiriman di dalam gudang.
- Fungsi packing, proses penyiapan barang untuk siap dikirim di area pengiriman di
- dalam gudang
- Fungsi dispatching, proses penyiapan dokumen pengiriman barang
- Fungsi shipping, proses pemuatan barang yang akan dikirim ke alat angkut (truck
- atau container).
4. Kegiatan bernilai tambah lainnya (value added activities), terdiri dari :
- Fungsi kitting, adalah proses penyatuan barang sesuai bill of material (BOM).
- Fungsi assembly dan production, adalah proses perakitan barang.
- Fungsi reserve, adalah proses penerimaan barang bekas yang akan digunakan kembali.
- Fungsi replenishment, adalah proses memecah barang dalam satuan besar kepada satuan kecil (unpacking).
- Fungsi cross docking, adalah proses penerimaan dan pemuatan barang di luar gudang (barang tidak disimpan dulu di dalam gudang).
- Fungsi billing, adalah proses penyiapan dokumen tagihan jasa pergudangan kepada pelanggan/principal/pemilik barang.
5. Pelaporan (reporting), terdiri dari :
- Fungsi visibility dan status, proses penyediaan data dan informasi fisik dan
- keberadaan barang serta dokumen2 pendukung yang menyertainya.
- Pelaporan stok barang per item per lokasi.
- Pelaporan penggunaan sumber daya warehouse (tenaga kerja, waktu dan utilisasi).
TRAINING AUDIENCE TARGET Warehouse Management FOR CONSUMER GOOD WAREHOUSE
Director, General Manager. IT Supervisor or IT Manager, Warehoose Manager, Logistics Manager
TRAINING METHOD Warehouse Management FOR CONSUMER GOOD WAREHOUSE
Pelatihan ini menggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep, diberikan contoh aplikasinya, berlatih menggunakan konsep, mendiskusikan proses dan hasil latihan.
- 60% Practices (case study).
- 40% Theory
- Dynamic and interactive training presentation
Training Project Experience Warehouse Management FOR CONSUMER GOOD WAREHOUSE
- Menyusun IT Master Plan
- Asset Integrity Management Program
- Pembangunan sistem aplikasi Perencanaan, Penjualan, Operasi, Logistik dan Keuangan berbasis teknologi web
- Pembangunan HSE and Aspect Impact Database Management System
- Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PPTSP) Pemkot Bandung
- Pengembangan Aplikasi Otomasi Pengawasan Internal dan Administrasi
- Pembangunan Aplikasi Sistem Informasi Harga Satuan
- Roadshow Animasi 2007
- Penyusunan Business Plan
- Pengadaan Instrument System Informasi Rumah Sakit Jiwa & Ketergantungan Obat Soeprapto Bengkulu
- Pembangunan Sistem Informasi Perencanaan
- Evaluasi Realisasi Investasi dan Penyusunan Statistik PMA/PMDN
- Rintisan Program Sinkronisasi Data Evaluasi Sistem Pelayanan Usaha Penangkapan Ikan
- Pengembangan Fasilitas Teknologi Informasi Pengawasan Perikanan (Modul Perekaman/Data Entry, Modul Verifikasi dan Analisa, dan Modul Pelaporan dan Evaluasi)
- Pembuatan Sistem Informasi Pengembangan Tenaga Kerja, Pengembangan Usaha, Kelembagaan Usaha dan Ekonomi Usaha Perikanan Tangkap
- Pengembangan Sistem Pelaporan Data Usaha Penangkapan Ikan di Pelabuhan Perikanan
- Pengembangan Teknologi Informatika Dalam Rangka Pelaporan Data Usaha Kantor Departemen Perikanan dan Kelautan, Jakarta
- Pembangunan Business Inteligent System, Competence Based Human Resource Management System, Performance Measurement System Rumah Sakit Duren Sawit Jakarta
- Pembangunan Sistem Kepegawaian, Perlengkapan, Anggaran dan Surat Menyurat Kantor Departemen Perdagangan, Jakarta
- Pembangunan Sistem Human Resource, Procurement, Finance & Accounting Kantor Koperasi PT Sucofindo, Jakarta
- Pembuatan Sistem Penilaian Kinerja Berbasis Balanced Kantor PT. Sahabat Utama, Jakarta
- Pembangunan Sistem Aplikasi Assesment Kompetensi PT. Jasa Marga, Jakarta
- Pembuatan Sistem Penilaian Kinerja Berbasis Balanced Scorecard PT. Bursa Efek Surabaya, Jakarta
- Pembangunan Sistem Aplikasi Database HSE Regulation British Petrolium (BP) West Java
- Pembangunan Sistem Pengawasan Jasa Kelautan dan Ekosistem Laut Departemen Kalautan dan Perikanan, Jakarta
- Proyek Pembangunan Redundant Sistem VMS dan Sistem Departemen Perikanan dan Kelautan, Jakarta
- Proyek Pemeliharaan Sistem dan Jaringan VMS Departemen Perikanan dan Kelautan, Jakarta
- Pembangunan Sistem Database Harga Satuan Pokok Departemen Perikanan dan Kelautan, Jakarta
- Pembangunan Arsitektur Sistem Informasi Rumah Sakit Duren Sawit Jakarta
- Pembuatan Sistem Pelaporan Usaha Perikanan Tangkap Departemen Perikanan dan Kelautan, Jakarta
- Proyek Pembangunan Sistem Aplikasi Control Center Dalam Rangka Penunjang VMS Departemen Perikanan dan Kelautan, Jakarta
- Pembangunan Sistem Database Inventarisasi Aset, Pemkab Rokan Hulu Riau
- Pembangunan Sistem Informasi Rumah Sakit Haji, Jakarta
- Pembangunan Sistem Pengolahan Data Survey Kepuasan Pelanggan PLN Lokasi : Jakarta, Tangerang dan Bekasi
- Pembangunan Sistem Perizinan Usaha Penangkapan Ikan Departemen Perikanan dan Kelautan, Jakarta
Training Instructure Experience Warehouse Management FOR CONSUMER GOOD WAREHOUSE
1. Training of IT Support on Implementation of Balanced Scorecard.
2. Training of IT Support on Implementation of Performance Measurement System.
3. Training of IT Support on Implementation of Business Intelligent.
4. Training of IT Support on Total Document Management
5. Training of Application System and Database Development with Microsoft Visual Basic, Microsoft
SQL Server 2000/2005 and Crystal Report 8.5/10
6. Training of Web Application Programming with HTML, ASP.Net and PHP
7. Training of Data Warehouse Development with Microsoft SQL Server 2000.
Capability in Computer Software :
1. Plant Design Management System (PDMS)
2. Microsoft Visual Studio .NET. 2008 for VB.NET and ASP.NET Programming
3. Microsoft SQL Server 2000/2005
4. Oracle Database 10g
5. PHP Programming
6. MySQL Database
7. Autodesk 3D Studio Max
8. Macromedia Dreamweaver MX
9. Macromedia Flash
10. Adobe Photoshop
11. Adobe Premier
Workshop Leader Warehouse Management FOR CONSUMER GOOD WAREHOUSE
ISMAIL AMALI HARUN
Master dibidang computer selama kurang lebih 25 tahun dibidangnya, beliau saat ini masih aktif sebagai trainer dan sebagai dosen dibeberpa kampus terkemuka di Jakarta, sudah banyak hasil software yang telah dikembangkan oleh beliau untuk pihak Pemerintah maupun swasta
Jadwal Training Warehouse Management FOR CONSUMER GOOD WAREHOUSE
Park Hotel (Cawang-Jakarta) / Harris Hotel ( Tebet-Jakarta)
- 22-23 Jul 2013
- 29-30 Aug 2013
- 10-11 Sep 2013
- 24-25 Oct 2013
- 12-13 Nov 2013
- 23-24 Dec 2013
Harga Training Warehouse Management FOR CONSUMER GOOD WAREHOUSE
- Rp 4.700.000 – Group Price (3 peserta dari perusahaan yang sama)
- Rp 4.850.000 – Early Bird
- Rp 5.000.000 – Full Fare